The Development of Student Worksheets on Inquiry-Based Plant Growth and Development Sub-Concept

Noorhidayati Noorhidayati, Ina Apriliana, Hardiansyah Hardiansyah

Abstract


The concept of plant growth and development is important to learn, through a conceptual, contextual and scientific approach. The results of the analysis of the needs of Biology teachers and grade XII students of SMAN 2 Kintap show that there are still problems in making student worksheet on certain materials. As many as 91% of students are interested in student worksheet which is accompanied by lots of illustrations, concrete pictures, and easy to understand subject matter. Then, as many as 83% who like worksheet which looks colorful and attractive. This development research uses a 4D model which is limited to the Develop stage. This study aims to describe the validity and practicality of the student worksheet subconcept of Inquiry-Based Plant Growth and Development. The research was carried out in grade XII MIA SMAN 2 Kintap and Biology Education Study Program FKIP ULM. The results showed that the student worksheet of the Plant Growth and Development subconcept obtained an average validity score of 97% from 4 aspects of the assessment that were assessed by 3 (three) validators and included very valid criteria (can be used without revision), while practicality obtained a value of 3.8 from the assessment. by 12 (twelve) students, included in the very good criteria, so it is practical to use.

Abstrak

Konsep pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan penting untuk dipelajari, melalui pendekatan konseptual, kontekstual dan ilmiah. Hasil analisis kebutuhan guru Biologi dan peserta didik kelas XII SMAN 2 Kintap menunjukkan bahwa pembuatan LKPD pada materi tertentu masih terkendala. Sebanyak 91% peserta didik tertarik dengan LKPD yang disertai banyak ilustrasi, gambar-gambar yang konkrit, dan mudah memahami materi pelajaran. Lalu, sebanyak 83% yang menyukai LKPD yang tampilannya warna-warni dan menarik. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D yang dibatasi pada tahap Develop. Penelitian ini bertujuan bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan kepraktisan LKPD subkonsep Pertumbuhan dan perkembangan Tumbuhan Berbasis Inkuiri. Penelitian dilaksanakan di kelas XII MIA SMAN 2 Kintap dan Program Studi Pendidikan Biologi FKIP ULM. Hasil penelitian menunjukkan LKPD subkonsep Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan memperoleh skor validitas rata-rata 97% dari 4 aspek penilaian yang dinilai oleh 3 (tiga) validator dan termasuk kriteria sangat valid (dapat digunakan tanpa revisi), sedangkan kepraktisan diperoleh nilai 3,8 dari penilaian oleh 12 (dua belas) peserta didik, termasuk dalam kriteria sangat baik, sehingga praktis untuk digunakan.


Keywords


Student Worksheet; Validity; Practicality; Plant Growth; Inquiry

Full Text:

PDF

References


Amri, S. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya

Agustin, I. N. N., and Supriyanto, A. (2020). Permasalahan Pendidikan Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah pada Masa danPasca Pandemi Covid-19.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Akbar, S., and Sriwiyana, H. (2010). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Cipta Media.

Aulia, N. N. (2020). Validitas LKPD Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Berbasis Giuded Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA. Bioedu Berkala Jurnal Pendidikan Biologi, 9(3) 545-552.

Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Pusat Perbukuan

Dinantia, A., Amran, E. Y., and Rini, R. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Hierarki Konsep pada Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Riau: Riau University.

Fannie, R. D., and Rohati. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE ((Predict, Observe, Explain) pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika, 8(1), 96-109.

Katriani, L., and Danurejan, K. Y. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, 1-6.

Khalifah, M. M., and Darma, G. D. (2015). Development of Worksheet Students Oriented Scientific Approach at Subject of Biology. Man In India, 9, 917-925.

Listiani, E., Syamswisna, and Yokhebed (2016). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Sub Materi Spermatophyta Di SMA. Jurnal Untan, 5(8),1-13.

Lorena Br Ginting, LBG, Kartini Herlina, KH and Undang Rosidin, UR. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Proses Sains SISWA SMP. Paedagoria: Jurnal Kajian Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(1), 75-80

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

Marinta, M.F., and Budijastuti, W. (2019). Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Invertebrata Berbasis Literasi Sains pada Materi Dunia Hewan Kelas. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(2), 116-122.

Misbah, Dewantara, D., Hasan, S. M., and Annur, S. (2019). The Development od Student Worksheet By using Inquiry Learning Model to Train Student’s Scientific Attitude. Unnes Science Education Journal, 7(1),19-26.

Nadhira, D.M., Zaini, M., and Hardiansyah. (2020). Pengembangan LKPD Biologi Peserta Didik SMA Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis pada Archaebacteria dan Eubacteria. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2(1), 26-30.

Sanjaya, A. A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik untuk Mendukung Model Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 5(10), 1-10.

Selpiya, M., Ansori, I., and Ruyani, A. (2019). Pengembangan LKPD Biologi Kelas X SMA Berdasarkan Inventarisasi Jenis Ordo Anura Di Lingkungan Universitas Bengkulu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 3(2) 202-211.

Septiani, K. S., Noorhidayati, N., and Riefani, M. K. (2020). Validitas Media Pembelajaran Quetion Wheel “Karunia” pada Peserta didik Kelas X IPA SMAN 7 Banjarmasin. BIO-INOVED : Jurnal Biologi Pendidikan, 2(1), 7-13.

Thiagarajan, S., Dorothy , S. S., and Melvyn , S. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exeptional Children. Washington DC: National Center for Improvement Educational System.

Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2) 189-204.

Widjajanti. (2008). Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah. Disampaikan dalam Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat dengan Judul “Pelatihan Penyusunan LKS Mata Pelajaran Kimia Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bagi Guru SMK/MAK di Ruang Sidang Kimia FMIPA UNY pada tanggal 22 Agustus 2008. Kimia FMIPA: UNY.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v3i2.10376

Article Metrics

Abstract view : 381 times
PDF - 256 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

BIO-INOVED Journal has been Accredited:

 

BIO-INOVED Journal has been Indexed/Abstracted/Listed by:

 

 

Managed by:

MASTER PROGRAM OF BIOLOGY EDUCATION
POSTGRADUATE PROGRAM
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM, Gedung Pascasarjana Lt.2, Kota Banjarmasin,
Kecamatan Banjarmasin Utara, Kode Pos 70123, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia

 

Collaborate with:

 

Journal License:


BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License