Development of DORA Media (Interactive Video) on the Coordination System Materials of Grade XI Senior High School

Riska Sofiani Nurhidayah, Eva Nurul Malahayati, Devita Sulistiana

Abstract


This study aims to determine the feasibility and response of teachers and students to learning media DORA (Interactive Video) on the material of the coordination system applied to grade XI Senior High School. The approach used is qualitative with the type of development research (RnD) 4-D model which is limited to the dissemination stage. Retrieval of research data using a feasibility questionnaire and a response questionnaire. The data analysis technique used is descriptive statistics. The results showed that (1) learning media DORA (Interactive Video) is very feasible based on the assessment of media experts by 86%, material experts by 91%, language experts by 84%, and a readability questionnaire from the teacher by 85%, and students amounting to 83.89%; (2) the teacher's response is said to be very good with a percentage of 85%, and the response of students is said to be good with a percentage of 78.96%. Learning media DORA (Interactive Video) is packaged in the form of an android application so that it can be implemented in the classroom and online learning.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan serta respon guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran DORA (Video Interaktif) pada materi sistem koordinasi yang diterapkan pada kelas XI SMA/MA. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian pengembangan (RnD) model 4-D yang dibatasi tidak sampai pada tahap desiminasi. Pengambilan data penelitian menggunakan angket kelayakan dan angket respon. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran DORA (Video Interaktif) sangat layak berdasarkan penilaian dari para ahli media sebesar 86%, ahli materi sebesar 91%, ahli Bahasa sebesar 84%, serta angket keterbacaan dari guru sebesar 85%, dan peserta didik sebesar 83,89%; (2) respon guru dikatakan sangat baik dengan presentase sebesar 85% dan respon peserta didik dikatakan baik dengan presentase sebesar 78,96%. Media pembelajaran DORA (Video Interaktif) dikemas dalam bentuk aplikasi android sehingga dapat diimplementasikan dalam pembelajaran dikelas maupun daring.

Keywords


Development; Media; DORA (Interactive Video)

Full Text:

PDF

References


Agustien, R & Nurul M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso dengan Model ADDIE Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19-23.

Arafah, Z. U. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Berbasis Problem Solving Guna Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gerak Parabola. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Aslamiyah, L., Masturi M., & Sunyoto E.K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika Berbasis Integrasi-Interkoneksi Nilai-nilai Alquran. Jurnal Pendidikan Fisika UPEJ Unnes, 6(3), 45-52.

BSNP. (2014). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran: Jakarta.

Daryanto, J. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Tembang Macapat Dalam Pembelajaran Bahasa Daerah Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 8-15.

Dewi, L. I., & Rimpiati, N. L. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Dengan Seting Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini. JEPUN: Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura, 1(1), 19-23.

Indriana. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva Perss.

Jannah, N. 2013. Konsep Kebidanan. Yogyakarta: Ar’rus Media.

Janti, S. (2014). Analisis validitas dan reliabilitas dengan skala likert terhadap pengembangan si/ti dalam penentuan pengambilan keputusan penerapan strategic planning pada industri garmen. PROSIDING SNAST, 155-160.

Junuawati R. E. (2014). Pengembangan Majalah Biologi Mangrovo Baros Berbasis Potensi Lokal pada Materi Pokok Ekosistem untuk Siswa Kelas X SMA/MA. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga.

Krismasari E.R. (2015). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Aljabar untuk SMP/MTS. Skripsi. Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Maisyura, N., Ajizah, A., & Amintarti, S. (2021). Validasi Media Pembelajaran Berupa Booklet Jenis Lumut di Tepian Sungai Wisata Alam Sungai Kembang untuk SMA Siswa Kelas X. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(2), 66-71.

Maskur, R., Nofrizal., & Muhamad, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177-186.

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN, 1(2), 95-105.

Muhson A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 3(2), 1-10.

Munadi Y. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.

Ridwan A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanaky. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaban Dipantara.

Sudaryono. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha ilmu.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43-48.

Suryani, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis IT. Jurnal Sejarah dan Budaya, 10(2), 186-196.

Suseno, P.U., Yamin I., & Ismail S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 59-74.

Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).

Untayana, J. R., & Idris H. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Limit Berbasis Pendekatan Saintifik Berorientasi Prestasi Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematik, 3(1), 45-54.

Wardani, R. K., & Harlinda S. (2018). Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 371-381.

Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2019). Media pembelajaran interaktif berbasis animasi pada materi statistika untuk siswa kelas 7 SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101-112.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v3i3.10606

Article Metrics

Abstract view : 29 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

BIO-INOVED Journal has been Accredited:

 

BIO-INOVED Journal has been Indexed/Abstracted/Listed by:

 

 

Managed by:

MASTER PROGRAM OF BIOLOGY EDUCATION
POSTGRADUATE PROGRAM
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM, Gedung Pascasarjana Lt.2, Kota Banjarmasin,
Kecamatan Banjarmasin Utara, Kode Pos 70123, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia

 

Collaborate with:

 

Journal License:


BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License