The Development of Electronic Student Worksheets on the Concept of Animalia to Improve High School Level Critical Thinking Skills
Abstract
The development of the 21st century is marked by the development of technology and information, one example is the use of electronic Student Worksheets, which usually use paper worksheets, now we can find on the internet. Electronic Student Worksheets has become one of the essential learning technologies, especially during the current COVID-19 pandemic. This study aims to describe the validity, practicality, and effectiveness of electronic LKPD expectations on the concept of Animalia. Students are expected to be able to improve critical thinking skills through the implementation of electronic LKPD in the learning process. The research method used Tessmer's Formative Evaluation design, through stages 1) self-evaluation; 2) expert review; 3) one-to-one evaluation; and 4) small group evaluation. Data obtained from the research instrument in the form of an assessment sheet of validity and practicality of expectations. The results of research on the development of electronic LKPD are include in the valid category with a score of 3.78, the practicality of expectations is included in the very good category with a percentage score of 95.54%, and the effectiveness of expectations is included in the very good category on critical thinking skills of interpretation, evaluation, explanation, and self-regulation, while aspects of analysis and inference have increased to very good.
Abstrak
Perkembangan abad ke-21 ditandai dengan berkembangnya teknologi dan informasi, salah satu contohnya adalah penggunaan LKPD elektronik, yang biasanya LKPD menggunakan kertas sekarang dapat kita jumpai di internet. LKPD elektronik menjadi salah satu teknologi pembelajaran yang esensial, terlebih saat kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan validitas, kepraktisan harapan, dan keefektifan LKPD elektronik konsep Animalia. Peserta didik diharapkan mampu untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis melalui implementasi LKPD elektronik dalam proses pembelajaran. Metode penelitian memakai desain Tessmer, terdiri atas: 1) self-evaluation; 2) expert review; 3) one-to-one evaluation; 4) small group evaluation. Data diperoleh dari instrumen penelitian berupa lembar penilaian validitas dan kepraktisan harapan LKPD elektronik. Hasil penelitian pengembangan LKPD elektronik termasuk dalam kategori valid dengan skor 3,78, kepraktisan harapan termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor persentase 95,54%, serta keefektifan harapan termasuk dalam kategori sangat baik pada keterampilan berpikir kritis interpretasi, evaluasi, eksplanasi, dan pengaturan diri, sedangkan aspek analisis dan inferensi mengalami peningkatan menjadi sangat baik.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arbainsyah. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Topik Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya dalam Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Tesis. Banjarmasin: Program Studi Magister Pendidikan Biologi. Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat.
Diani, D. R., Nurhayati, & Suhendi, D. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menulis Cerpen Berbasis Aplikasi Android. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(2), 1-13.
Faridah. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Biologi SMA Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Konsep Sistem Kekebalan Tubuh. Skripsi. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.
Hayudiyani, M., Arif, M., & Risnasari, M. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X TKJ Ditinjau Dari Kemampuan Awal dan Jenis Kelamin Siswa di SMKN Kamal. Jurnal Ilmiah Edutic, 4(1), 20-27.
Hermanto, H., Marsudi, M., Subali, E., & Hendrajati, E. (2018). Efektifitas TIK untuk Peningkatan Proses Belajar Mengajar di PAUD, TK dan Madrasah Diniyah “Mamba’ul Hisan Dusun Sekargadung, Desa Balerejo II, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. IPTEK Journal of Proceedings Series, (5), 77-84.
Husnidar, Ikhsan, M., & Rizal, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 71-82.
Maesaroh, T., & Hernawati. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Animalia Menggunajan Identification Cue Card dalam Kaitannya dengan Kemampuan Retensi dan Keterampilan Komunikasi Siswa SMA (Studi Pendahuluan). Jurnal Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek, 986-989. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Mailida, E. (2015). Pengembangan Modul Bergambar yang Dilengkapi Peta Konsep pada Materi Kingdom Animalia untuk SMA Kelas X. Skripsi. Padang: STKIP PGRI Sumatera Barat.
Royana, Y., Adha, I., & Refianti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Ikon Kota Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 2(2), 118-125.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Gramedia.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 263-278. Universitas Kanjuruhan Malang.
Yuberti. (2014). Penelitian Dan Pengembangan” Yang Belum Diminati Dan Perspektifnya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 3(1), 1-15.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v3i3.11168
Article Metrics
Abstract view : 288 timesPDF - 205 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Managed by: |
Journal License: |