Development of high school biology student worksheets based on critical thinking skills on the coordination system concept

Sinta Damayanti, Muhammad Zaini, Bunda Halang

Abstract


Lack of critical thinking skills of students is one of the problems in education. One of the learning tools that need to be improved in order to improve critical thinking skills is the Student Worksheet (LKPD). This study aims to describe the validity of LKPD on the concept of a Coordination System Based on Critical Thinking Skills. This method uses a type of research, namely EDR (Educational Design Research) with reference to Tessmer's formative evaluation which consists of two stages, namely 1) Self-evaluation; and 2) Expert review. The Critical Thinking Skills used in this study refer to Facione. The subject of validation was two experts, namely lecturers. This type of research is a development research to produce a valid product. The results of this study indicate that the validity of LKPD based on expert tests has a valid category with an overall average of 3.41.

Abstrak

Kurangnya keterampilan berpikir kritis peserta didik  didik merupakan salah satu permasalahan dalam pendidikan. Salah satu perangkat pembelajaran yang perlu diperbaiki agar meningkatkan keterampilan berpikir kritis ialah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas LKPD pada konsep Sistem Koordinasi Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. Metode ini menggunakan jenis penelitian yaitu EDR (Educational Design Research) dengan mengacu pada evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari dua tahapan yaitu 1) evaluasi diri; dan 2) pendapat ahli. Keterampilan Berpikir Kritis yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada  Facione. Subjek validasi adalah dua orang ahli yaitu dosen. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan produk yang valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validitas LKPD berdasarkan uji pakar memiliki kategori valid dengan rata-rata keseluruhan 3,41.


Keywords


Development research; Senior high school; Student worksheets; Critical thinking skills; Coordination system concept

Full Text:

PDF

References


Arbainsyah. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran topik interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. (Tesis Magister, Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin).

Ariq, M. I. & Herlina, F. (2021). Validitas E-LKPD “Ekosistem” berbasis saintifik untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BIOEDU), 10(3), 562-571.

Astuti, S., Danial, M. & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD berbasis PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi kesetimbangan kimia. Chemistry Education Review (CER), 1(2), 90-114.

BSNP, T.P. (2010). Paradigma pendidikan nasional abad XXI. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Daryanto & Karim, S. (2017). Pembelajaran abad ke-21. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto, D & Dwicahyono. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Desmiwati, R., Ratnawulan, R., & Yulkifli, Y. (2017). Validitas LKPD fisika SMA menggunakan model problem based learning berbasis teknologi digital. Jurnal Eksakta Pendidikan, 1(1), 33-38.

Dewi, F. (2015). Proyek buku digital: Upaya peningkatan keterampilan abad ke-21 calon guru sekolah dasar melalui model pembelajaran berbasis proyek. Metodik Didaktik, 9(2), 1-15.

Facione, P. A. (2015). Critical thinking: What it is and why it counts (eds). Hermosa Beach, CA: Measured Reasons LLC.

Faridah. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik biologi SMA berbasis keterampilan berpikir kritis pada konsep sistem kekebalan tubuh. (Skripsi Sarjana, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin).

Fithri, S., Andi, U. T. P., & Wiwit, A. (2021). Implementasi LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(4), 555-564.

Hanif, S. D., Yuslim, F. & Arnentis. (2018). Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi virus kelas X SMA. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-11.

Istiqamah, I. (2019). Validitas perangkat pembelajaran konsep pencemaran lingkungan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi sains siswa SMA di Banjarmasin. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 117-124.

Mawar, A. Y. D., Dian, F. & Yuli, M. S. (2020). Pengembangan LKPD berbasis keterampilan berpikir kritis pada materi jamur. Jurnal Penelitian Biologi, Pendidikan Biologi & Pengajaran, 5(1), 1-10.

Sanjaya, W. E. & Evie, R. (2021). Profil dan kelayakan teoritis LKPD “Sistem Pencernaan” berbasis problem based learning untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BIOEDU), 10(2), 403-411.

Saputra, S. A. & Kuntjoro, S. (2019). Keefektifan lembar kegiatan peserta didik berbasis problem based learning pada materi perubahan lingkungan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Journal of Biology Education, 8(2), 291-302.

Sofiana, E., Maria, V. R. & Bambang, S. W. (2021). Pengembangan LKPD berbasis “Problem Solving” untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi dinamika kependudukan di Indonesia. Jurnal Education and Development, 9(1), 285-293.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmana, A., Tobing, A. M.P.L., S. B. Ario Tejo., Dewi, E., Flaviana, T. Lidya F., Alfadian, p., Salura, P., D. Sukawarsini, B. Susana A., R. Tiara R., D. S. Willfridus. (2018). Pembelajaran Abad Ke-21: Critical thinking, communication, collaboration & creativity. Majalah Parahyangan Volume V Nomor 1. Bandung: Unpar Press.

Tessmer, M. (1993). Planning and conducting formative evaluations. London: Routledge.

Zahroh, D. A. & Yuliani. (2021). Pengembangan E-LKPD berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(3), 605-616.

Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17). Program Studi Pendidikan Biologi, STKIP Persada Khatulistiwa, Sintang, Kalimantan Barat.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v4i1.11816

Article Metrics

Abstract view : 350 times
PDF - 186 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

BIO-INOVED Journal has been Accredited:

 

BIO-INOVED Journal has been Indexed/Abstracted/Listed by:

 

 

Managed by:

MASTER PROGRAM OF BIOLOGY EDUCATION
POSTGRADUATE PROGRAM
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM, Gedung Pascasarjana Lt.2, Kota Banjarmasin,
Kecamatan Banjarmasin Utara, Kode Pos 70123, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia

 

Collaborate with:

 

Journal License:


BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License