The development of interactive learning media for biology based on telegram bots on digestive system materials in class VIII Junior High School to train students' critical thinking skills

Ella Zuliana Safitri, Danang Biyatmoko, Atiek Winarti

Abstract


The industrial revolution era of 4.0 requires every graduate to have thinking skills, but in reality, these skills are still low in schools. Interactive media is an alternative solution that can be used to train students' critical thinking skills. This study develops a telegram bot to train the students' critical thinking skills on the material of the digestive system. The research method uses the modified Borg & Gall model and is limited to five steps, namely: 1) preliminary research; 2) develop the initial product; 3) expert validation and revision; 4) small field trials and revisions; e) large-scale field trials and final products. The research instruments used were validation questionnaires, response questionnaires, media implementation and learning achievement tests which were then analyzed descriptively. The results show that the telegram bot is very valid with very good legibility. The practicality of the telegram bot is shown by the implementation of the media, with a score of 94.3 and student responses of 93.93. The results of increasing the student's critical thinking skills show an N-Gain of 0.65, categorized as moderate. Therefore, the telegram bot on the digestive system effectively trains students' critical thinking skills.

Abstrak

Era revolusi industri 4.0 mengharuskan setiap lulusan memiliki keterampilan berpikir, namun realitanya keterampilan ini masih rendah di sekolah.  Media interaktif menjadi salah satu solusi alternatif yang dapat digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini mengembangkan bot telegram untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pencernaan. Metode penelitian menggunakan model Borg & Gall yang telah dimodifikasi dan dibatasi hingga lima langkah yakni: 1) penelitian pendahuluan; 2) mengembangkan produk awal; 3) validasi ahli dan revisi; 4) uji coba lapangan kecil dan revisi; e) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validasi, angket respon siswa, keterlaksanaan media dan tes hasil belajar yang dianalisa secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bot telegram tergolong sangat valid dengan keterbacaan sangat baik. Kepraktisan ditunjukkan dari keterlaksanaan media dengan skor 94,3 dan respon siswa sebesar 93,93. Hasil peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa menunjukkan N-Gain sebesar 0.65 yang terkategori sedang. Oleh karena itu bot telegram materi sistem pencernaan efektif digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa.


Keywords


Critical thinking skills; Development research; Digestive system; Interactive media; Telegram bots

Full Text:

PDF

References


Abimanto, D., & Mahendro, I. (2021). Penggunaan aplikasi telegram untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh pada mata kuliah bahasa inggris materi speaking pada mahasiswa Universitas Maritim Semarang. In Prosiding Kemaritiman, (pp. 245-256), Universitas Maritim Amni, Semarang. Retrieved from http://repository.unimar-amni.ac.id/3840/

Adisel, A., & Prananosa, A. (2020). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam sistem manajemen pembelajaran pada masa pandemi covid-19. ALIGNMENT: Journal of Administration and Educational Management, 3(1), 1-10. DOI: https://doi.org/10.31539/alignment.v3i1.1291

Agustina, B., Biyatmoko, D., & Putra, A. P. (2020). Validity of multimedia peat swamp forest concept based on problem solving to practice critical thinking skills of chemistry students. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2(2), 91-99. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v2i2.8900

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: Rosdakarya Offset.

Aminudin, H., Soendjoto, M. A., & Winarti, A. (2020). The practicality of macromedia flash-based learning media to improve students critical thinking skills Senior High School students. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2(2), 83-86. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v2i2.8296

Amsar, S., Sylvia, I., & Putera, A. S. (2020). Pengembangan video sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa pada pembelajaran sosiologi kelas XI IPS SMAN 1 Payakumbuh. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 35-43. DOI: https://doi.org/10.24036/sikola.v2i1.55

Anggraini, M. S. A. & Sartono, E. K. E. (2019). Kelayakan pengembangan multimedia interaktif ramah anak untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan karakter cinta tanah air siswa kelas IV SD. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 57-77. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p57--77

Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Azis, T. N., & Shalihah, N. M. (2020). Pengembangan evaluasi pembelajaran berbasis Google Form. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 54-65. DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tawazun.v13i1.3028

Borg, W. R. & Gall, M. D. (1983). Educational research: An introduction. New York: Longman.

Facione, P. (1990). Critical thinking: A statement of expert consensus for purposes of educational assessment and instruction (The Delphi Report). California: California State University Press. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=ED315423

Fatmawati, A. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran konsep pencemaran lingkungan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA, (Unpublished Master’s Thesis, Universitas Lambung Mangkurat), Banjarmasin.

Febrianto, I. P. N., Wahyuni, D. S., & Sugihartini, N. (2021). Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif pada kelas XI mata pelajaran biologi dengan materi “sistem sirkulasi pada manusia dan sistem pencernaan makanan” di SMA Negeri 2 Singaraja. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 10(3), 282-288. DOI: https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i3.36888

Firdaus, F. Z., Suryanti, S., & Azizah, U. (2020). Pengembangan multimedia interaktif berbasis pendekatan sets untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 681-689. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.417

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring selama pandemik covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 165-175. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654

Haka, N. B., Suryaasih, P. A., Anggoro, B. S., & Hamid, A. (2021). Pengembangan multimedia interaktif terintegrasi nilai sains sebagai solusi peningkatan kemampuan berpikir kritis kelas XI mata pembelajaran biologi di tingkat SMA/MA. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 13(1), 1-13. DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v13i1.3202

Hake, R. R. (1999). Analizing change/gain scores. Indiana: Dept. of Physicsn Indiana University.

Hasibuan, S. H. & Surya, E. (2016). Analysis of critical thinking skills class X SMK Patronage State North Sumatra Province academic year 2015. Saung-Guru, 8(2), 175-179. Retrieved from http://jurnal.upi.edu/saung-guru/view/3846/analysis-of-critical-thinking-skills-class-x-smk-patronage-state-north-sumatra-province-academic-year-2015

Hidayat, R., Rahayu, E. M., Arbani, A. N., & Soelistijowati, J. O. (2021). Pemanfaatan quiz bot telegram dalam pembelajaran menyimak bahasa Inggris. Jurnal Penamas Adi Buana, 4(2), 76-86. DOI: https://doi.org/10.36456/penamas.vol4.no2.a2784

Ishthifaiyah, N., Zaini, M., & Badruzsaufari, B. (2022). Implementation popular science book development of herbal planting in an attempt to settle the student's senior high school critical thinking skills. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4(1), 66-74. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v4i1.11112

Johnson, E. B. (2007). Contextual teaching and learning. Bandung: Mizan Media Utama.

Jumriani, J. (2018). Pengembangan video pembelajaran berbasis domain IPA terintegrasi potensi lokal untuk meningkatkan keterampilan proses IPA dan sikap ilmiah peserta didik, (Master’s Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta), Yogyakarta.

Kasim, A., Masrianih, Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Media Prezi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa XI SMAN 4 Palu. Prosiding Seminar Nasional Biologi Inovasi Penelitian dan Pendidikan Biologi, (Vol. 3, pp. 58-64). Universitas Negeri Surabaya. Retrieved from https://semnasbiologi.conference.unesa.ac.id/ocs/index.php/semnasbio/IP2BIII/paper/view/189

Kemendikbud. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 5 Tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta: Kemendikbud RI.

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran sistem operasi jaringan kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1), 15-20. DOI: https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467

Latifah, N. (2019). Pengembangan buku ilmiah populer keanekaragaman spesies famili anacardiaceae dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. (Unpublished Master’s Thesis, Universitas Lambung Mangkurat), Banjarmasin.

Majid, A. (2007). Perencanaan pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mardiah, S., Putra, A. P., & Winarti, A. (2018). The practicality and effectiveness of lesson plan set on the topic of digestive system in training the critical thinking skills of junior high school students. European Journal of Education Studies, 4(7), 20-37. DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.1249996

Maslakhatunni’mah, D., Safitri, L. B., & Agnafia, D. N. (2019). Analisis kemampuan berfikir kritis pada mata pelajaran IPA siswa kelas VII SMP. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (pp. 179-185), Universitas Sebelas Maret Surakarta. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/12852

Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning prinsip-prinsip dan aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muchtar, F. Y., Nasrah, N. & Ilham, M. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis I-Spring presenter untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5520-5529. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1711

OECD. (2019). Survey International Program for International Student Assessment (PISA). OECD. Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf

Oktavia, R. (2020). Pengaruh multimedia interaktif pada pembelajaran biologi jaringan tumbuhan terhadap keaktifan dan pengetahuan siswa SMAN 6 Darul Makmur. Edunesiana: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 73-81. DOI: https://doi.org/10.51276/edu.v1i3.66

Purwati, L. M. (2021). Media pembelajaran digital interaktif berbasis adobe flash pada masa pandemi di sekolah dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 5(2), 152-158. DOI: https://doi.org/10.36379/autentik.v5i2.133

Rahayu, E. D., Widiastuti, A., & Ngazizah, N. (2021, April). Media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash untuk mengembangkan keterampilan berpikir siswa. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar, (Vol. 3, pp. 481-496), Universitas Muhammadiyah Purworejo. Retrieved from http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/semnaspgsd/article/view/1787

Ramadhan, F. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif matematika dengan bot api media sosial telegram di Akademi Farmasi Surabaya. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 2(2), 145-152. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/10/article/view/22508

Sadikin, A., Johari, A., & Suryani, L.. (2020). Pengembangan multimedia interaktif biologi berbasis website dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan, 5(1), 18-28. DOI: https://dx.doi.org/10.33503/ebio.v5i01.644

Sari, I. N. (2020). Identifikasi keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP Negeri di Kabupaten Tabalong pada mata pelajaran IPA. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 3(1), 293-298. DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v3i1.876

Sastrakusumah, E. N., Suherman, U., Darmawan, D., & Jamilah, J. (2018). Pengaruh media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi ispring presenter terhadap kemampuan. Teknologi Pembelajaran, 3(1), 462-485. DOI: https://doi.org/10.31980/tp.v3i1.164

Sugiyono, S. (2013). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sukardi, S., Putra, A. P., & Dharmono, D. (2019). Critical thinking skills of senior high school students on the ecological learning through environmental education–a development research. European Journal of Education Studies, 5(12), 61-72. DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.2600364

Surahman, E., Santaria, R., & Setiawan, E. I. (2020). Tantangan pembelajaran daring di Indonesia. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 89-98. DOI: https://doi.org/10.24256/kelola.v5i2.1397

Telegram. (n.d). Telegram FAQ.

Tim Puslitjaknov. (2008). Metode penelitian pengembangan. Jakarta: Depdiknas.

Ulfah, R., Irhasyuarna, Y., Putri, R. F., & Annur, S. (2020). Identifikasi kemampuan critical thinking murid kelas 9 SMP Negeri pada materi IPA di Kabupaten Kotabaru. Indonesian Journal of Natural Science Education, 3(1), 257-264. DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v3i1.880

Vaughan, T. (2006). Multimedia: Making it work edisi 6. Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v5i1.13588

Article Metrics

Abstract view : 391 times
PDF - 252 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

BIO-INOVED Journal has been Accredited:

 

BIO-INOVED Journal has been Indexed/Abstracted/Listed by:

    

 

Managed by:

MASTER PROGRAM OF BIOLOGY EDUCATION
POSTGRADUATE PROGRAM
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM, Gedung Pascasarjana Lt.2, Kota Banjarmasin,
Kecamatan Banjarmasin Utara, Kode Pos 70123, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia

 

Collaborate with:

 

Journal License:


BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License