Development of HOTS-based LKPD on student learning outcomes in cell biology material at SMAN 2 Percut Sei Tuan

Rara Soraya, Efrida Pima Sari Tambunan

Abstract


The Student Worksheet (LKPD) is a learning tool that teachers can use to increase the activities of students in the teaching and learning process. SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan is one of the schools that has not used HOTS-based LKPD to improve student learning outcomes. This research produces a HOTS-based LKPD on cell material which aims to determine the feasibility of LKPD products, determine the practicality of LKPD products, and determine student learning outcomes. This study uses a 4D development model by Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, and Melvyn I, Semmel with the stages of definition, design, development, and disseminate. The results of material expert validation obtained 93% results, and media expert validation got results of 80% with appropriate criteria so that LKPD was feasible to use. The results of practicality by teachers obtained results of 65.625%, and students got results of 76.16% with practical criteria, so LKPD were practically used as teaching materials. Student learning outcomes got results of 0.72 with very effective criteria, so LKPD is very effectively used to improve student learning outcomes. With the HOTS-based LKPD, teachers can help improve high-level thinking skills so that student learning outcomes are effective.

Abstrak

Lembar Kerja Siswa (LKPD) merupakan salah satu sarana pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar. SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan merupakan salah satu sekolah yang belum menggunakan LKPD berbasis HOTS untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menghasilkan LKPD berbasis HOTS pada materi sel yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk LKPD, mengetahui kepraktisan produk LKPD, dan mengetahui hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I, Semmel dengan tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Hasil validasi ahli materi memperoleh hasil sebesar 93%, validasi ahli media memperoleh hasil sebesar 80% dengan kriteria sesuai sehingga LKPD layak digunakan. Hasil kepraktisan guru memperoleh hasil 65,625% dan siswa memperoleh hasil 76,16% dengan kriteria praktis sehingga LKPD praktis digunakan sebagai bahan ajar. Hasil belajar siswa diperoleh hasil sebesar 0,72 dengan kriteria sangat efektif sehingga LKPD sangat efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan adanya LKPD berbasis HOTS, guru dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi sehingga hasil belajar siswa efektif.


Keywords


Research and development; Student worksheets; Higher order thinking skill

Full Text:

PDF

References


Aditama, H. S., Zainuddin, M., & Bintartik, L. (2019). Pengembangan LKPD berbasis HOTS pada pembelajaran matematika materi volume bangun ruang kelas V SDN Sentul. Wahana Sekolah Dasar, 27(2), 66–72.

Afsari, A.S. (2017). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berpikir tingkat tinggi pada pokok bahasan sel kelas XI IPA SMA Negeri 16 Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Basri, U. K., Idris, I. S., Azis, A. A., Mu’nisa, A., Rahmawaty, Jumadi, O., & Hala, Y. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta Didik (LKPD) berbasis potensi lokal pada materi fungi untuk siswa kelas X SMK. In Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, (pp. 670–675).

Fitria, A., Wijaya, M., & Danial, M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis high order thinking skill (HOTS). Chemistry Education Review (CER), 3(2), 163-171. https://doi.org/10.26858/cer.v3i2.13767

Khotimah, R.P., & Sari, M.C. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis higher order thinking skills (Hots) menggunakan konteks lingkungan. Jurnal AKSIOMA, 9(3), 761-775. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2909

Kusumaningrum, M. E., Roshayanti, F., & Minarti, I. B. (2019). Pola karakteristik ilustrasi model dalam lembar kerja siswa (LKS) biologi MGMP kelas 11 SMA Negeri di Kota Semarang. Symposium of Biology Education (Symbion), 2, 352–360. https://doi.org/10.26555/symbion.3558

Nadifatinisa, N., & Sari, P. M. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis higher order thingking skill (HOTS) pada pembelajaran IPA materi ekosistem kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 344-351. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37574

Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis higher order thinking skill (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 168–176. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4342

Nurhikmayati, I., & Jatisunda, M. G. (2019). Pengembangan Bahan ajar matematika berbasis scientific yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 49–60. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.385

Pristiyono, E., Herpratiwi, H., Jalmo, T., & Hartono, R. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis discovery learning untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik SMA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5265–5275. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1792

Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis higher order thinking skill (HOTS). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 894-908. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3172

Putriyana, A. W., Auliandari, L., & Kholillah, K. (2020). Kelayakan lembar kerja peserta didik berbasis model pembelajaran search, solve, create and share pada praktikum materi fungi. Biodik, 6(2), 106–117. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9255

Rofifah, D. (2020). Pengembangan lembar kerja pserta didik (LKPD) berbasis saintifik pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 3(2), 232–243.

Rusdi, M. (2018). Penelitian desain dan pengembangan kependidikan. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Sari, F. N. (2019). Development of student worksheets based on higher order thinking skills (HOTS) for class X of SMA Negeri 1 Masamba. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (Vol. VI, pp. 274–280).

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. CV.

Ubaidillah, M. (2016). Pengembangan LKPD fisika berbasis problem solving untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Jurnal EduFisika, 1(2), 9-20. https://doi.org/10.22437/edufisika.v1i2.3425

Wulandari, T. N., & Susanti, S. (2019). Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis higher order thinking skills (HOTS) pada mata pelajaran Akuntansi Perbankan Syariah kelas XI semester I di SMK. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 7(3), 347–252. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/30588/27867




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v4i3.13990

Article Metrics

Abstract view : 333 times
PDF - 276 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

BIO-INOVED Journal has been Accredited:

 

BIO-INOVED Journal has been Indexed/Abstracted/Listed by:

    

 

Managed by:

MASTER PROGRAM OF BIOLOGY EDUCATION
POSTGRADUATE PROGRAM
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM, Gedung Pascasarjana Lt.2, Kota Banjarmasin,
Kecamatan Banjarmasin Utara, Kode Pos 70123, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia

 

Collaborate with:

 

Journal License:


BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License