Analysis of students learning interest in biology subject matter of viruses in grade X senior high school

Muhammad Taufik Amin, Risma Delima Harahap

Abstract


Virus concept biology subjects whose material is abstract in nature can generally reduce students' interest in learning. Students' interest in learning affects their learning outcomes both academically and non-academically. This study aims to analyze the learning interests of students at SMA Negeri 2 Bilah Hilir in the subject of virus concept biology. The samples in this study were students in class X MIA-1 and X MIA-2 with a total of 65 people. This type of research is qualitative research. The data collection technique uses a questionnaire of students' learning interest, and interviews as supporting data. The results showed that the indicators of students' feelings of pleasure in participating in learning were as large as and the involvement of students in learning received the "most" category, while the indicators of students' attention to the lesson and students' interest in learning received the "almost all" category. Based on the results of questionnaires and interviews it was concluded that the media, methods, and supporting facilities in schools in an integrated manner affect students' learning interest.

Abstrak

Mata pelajaran biologi konsep virus yang materinya bersifat abstrak umumnya dapat menurunkan minat belajar peserta didik. Minat belajar peserta didik mempengaruhi hasil belajarnya baik secara akademik maupun non akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar peserta didik di SMA Negeri 2 Bilah Hilir pada mata pelajaran biologi konsep virus. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA-1 dan X MIA-2 dengan total sebanyak 65 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket minat belajar peserta didik, dan wawancara sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan indikator perasaan senang peserta didik dalam mengikuti pembelajaran sebesar dan keterlibatan peserta didik terhadap pembelajaran memperoleh kategori “sebagian besar”, sedangkan indikator perhatian peserta didik terhadap pelajaran dan ketertarikan peserta didik terhadap pembelajaran memperoleh kategori “hampir seluruhnya”. Berdasarkan hasil angket dan wawancara disimpulkan bahwa media, metode, dan sarana pendukung di sekolah secara terintegrasi mempengaruhi minat belajar peserta didik.


Keywords


Virus concept; Learning interest; Biology learning; Qualitative research

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R. (2019). peningkatan hasil belajar pendidikan agama islam mahasiswa melalui kompetensi profesional dosen dan minat belajar mahasiswa. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 131-148. DOI: https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.51

Agustine, J., Nizkon, N., & Nawawi, S. (2020). Analisis keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA kelas X IPA pada materi virus. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 3(1), 7-11. DOI: https://doi.org/10.17509/aijbe.v3i1.23297

Amaliyah, S. (2023). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi protista pada siswa kelas X IPA MAN 1 Kota Tangerang Selatan tahun pelajaran 2022/2023. Metakognisi, 5(1), 41-51. DOI: https://doi.org/10.57121/meta.v5i1.55

Amelia, A., Suryana, A., & Herlina, H. (2022). Analisis minat belajar siswa dalam belajar online di era covid-19. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 2(2), 101-111. DOI: https://doi.org/10.47467/edui.v2i2.974

Amrullah, A. (2018). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar akademik dan non akademik bagi siswa pada Madrasah Aliyah (MA) Kota Samarinda. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 6(2), 247-267. DOI: https://doi.org/10.21093/sy.v6i2.1384

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis video untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313-5327. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636

Ariyanti, H., & Syarifah, S. (2021). Strategi pembelajaran bahasa arab dalam meningkatkan minat belajar bahasa arab siswa kelas VII MTs Nurul Muttaqin Simpang Tiga. AL-MU'ARRIB: JOURNAL OF ARABIC EDUCATION, 1(1), 45-55. DOI: https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v1i1.2080

Ariyanto, A., Priyayi, D. F., & Dewi, L. (2018). Penggunaan media pembelajaran biologi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Salatiga. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(1), 1-13. DOI: http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v9i1.1377

Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 2(2), 52-60. DOI: https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727

Endra, R. Y., Cucus, A., & Ciomas, M. (2020). Penerapan teknologi Augmented Reality bagi siswa untuk meningkatkan minat belajar Bahasa Mandarin di sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 1(1), 19-30. DOI: https://doi.org/10.23960/jpkmt.v1i1.9

Fernandez, V., Tunnisa, L. F., Aulia, N. R., & Hidayati, N. (2021). Minat belajar siswa terhadap pembelajaran biologi dengan menggunakan media Powerpoint. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 5(1), 17-22. DOI: https://doi.org/10.32502/dikbio.v5i1.2993

Fithri, S., Pada, A. U. T., Artika, W., Nurmaliah, C., & Hasanuddin, H. (2021). Implementasi LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(4), 555-564. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i4.20816

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis minat belajar pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6-11. DOI: https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870

Fuad, A., Karim, H., & Palennari, M. (2020). Pengembangan media pembelajaran E-Magazine sebagai sumber belajar biologi siswa kelas XII. Biology Teaching and Learning, 3(1), 38-45. DOI: https://doi.org/10.35580/btl.v3i1.14298

Harahap, D. S., Simbolon, P., & Siregar, R. A. D. (2023). Efektivitas penggunaan perangkat pembelajaran biologi berbasis literasi lingkungan terhadap minat belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Batang Onang. JURNAL EDUGENESIS, 6(2), 23-28. DOI: https://doi.org/10.37081/edugenesis.v6i2.1978

Harefa, D. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran kooperatif Make A Match pada aplikasi jarak dan perpindahan. Geography: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 01-18. DOI: https://doi.org/10.31764/geography.v8i1.2253

Harefa, M., Lase, N. K., & Zega, N. A. (2022). Deskripsi minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran biologi. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 381-389. DOI: https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.65

Hidayatulloh, S., Praherdhiono, H., & Wedi, A. (2020). Pengaruh game pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar pemahaman ilmu pengetahuan alam. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 199-206. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um038v3i22020p199

Irwandi, I., & Fajeriadi, H. (2019). Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SMA di kawasan pesisir, Kalimantan Selatan. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 66-73. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/binov.v1i2.7859

Irwanto, I., Permata, E., Irwani, I., & Marliah, M. (2021). Implementasi multimedia pembelajaran biologi berbasis Macromedia Flash 8 untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMAN 5 Bajo Sulawesi-Selatan. Biodidaktika: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 16(1), 11-21. DOI: http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v16i1.10738

Julianti, C., Harahap, R. D., & Safitri, I. (2022). The use of multimedia in biology learning: MAS Subulussalam Sumberjo student responses. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4(3), 306-314. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v4i3.13812

Khairina, R. M., Syafrina, A., & Habibah, S. (2017). Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pada kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 61-77. Retrieved from https://jim.usk.ac.id/pgsd/article/view/4396

Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi siswa tentang faktor yang mempengaruhi minat belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40-48. DOI: https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.136

Kurnia, S., Hidayat, S., & Wardhani, S. (2021). Analisis minat dan hasil belajar biologi siswa pada pembelajaran daring di SMA Negeri Purwodadi Kabupaten Musi Rawas. BIODIK, 7(4), 70-76. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.14489

Kurniasih, D. (2018). Peningkatan minat dan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran think pair share. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 7-11. DOI: https://doi.org/10.30738/natural.v5i1.2539

Lestari, E. T. (2020). Cara praktis meningkatkan motivasi siswa sekolah dasar. Deepublish.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian pendidikan matematika (Anna (ed.). Bandung: PT Refika Aditama.

Luzyawati, L., Hamidah, I., & Febrianti, L. (2020). Implementasi metode Gallery Walk terhadap minat dan kemampuan kognitif siswa pada materi virus. Bio Educatio, 5(2), 1-9. DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v5i2.2230

Maryani, L., & Sopiansah, V. A. (2019). Minat belajar siswa dengan variasi penggunaan media pembelajaran (survey pada siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 3 Bandung). PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(1), 63-69. DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.473

Mawati, A. T., Hanafiah, H., & Arifudin, O. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Primary Edu, 1(1), 69-82. Retrieved from https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/primary/article/view/316/

Muliani, R. D. M. R. D., & Arusman, A. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133-139. DOI: https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684

Natsir, M., Hasan, E., Wajdi, M., & Bahruddin, B. (2022). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar biologi konsep virus pada peserta didik kelas X MIA di SMA 1 Maros. Biolearning Journal, 9(1), 21-27. DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalbiolearning.v9i1.2321

Nesi, M., & Akobiarek, M. (2018). Pengaruh minat dan penggunaan metode terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jayapura. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 1(1), 80-94. DOI: https://doi.org/10.31539/bioedusains.v1i1.257

Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash pada kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527-540. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29261

Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Integrasi pemanfaatan media pembelajaran berbasis Adobe Flash dengan lingkungan untuk meningkatkan minat belajar biologi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 40-46. DOI: https://doi.org/10.33366/ilg.v3i1.1823

Rahmadani, W., Harahap, F., & Gultom, T. (2017). Analisis faktor kesulitan belajar biologi siswa materi bioteknologi di SMA Negeri se-Kota Medan. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 279-285. DOI: https://doi.org/10.24114/jpb.v6i2.6546

RimahDani, D. E., Shaleh, S., & Nurlaeli, N. (2023). Variasi metode dan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 372-379. DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1829

Rulita, M., Wardhani, S., & Sumah, A. W. (2021). Analisis kejenuhan dan minat belajar siswa dalam pembelajaran daring pada pelajaran biologi di SMAN 1 Unggulan Muara Enim. BIODIK, 7(4), 95-106. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.14490

Sari, W. N., Murtono, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran guru dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa kelas V SDN Tambahmulyo 1. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2255-2262. DOI: https://doi.org/10.47492/jip.v1i11.472

Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri Karangroto 04 Semarang. Mimbar Ilmu, 23(3), 237-244. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16494

Sukmawati, D. F. (2019). Pengaruh Self Efficacy dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII di MTs Nurul Islam Kediri tahun 2018/2019 (Master’s Thesis, IAIN KEDIRI). Retrieved from http://etheses.iainkediri.ac.id/1468/

Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Talakua, C., & Sahureka, M. (2021). Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) diintegrasikan Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis peserta didik. Biodik, 7(2), 196-204. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.13056

Tammu, R. M. (2017). Keterkaitan metode dan media bervariasi dengan minat siswa dalam pembelajaran biologi tingkat SMP. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(2), 134-142. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p134-142

Tasyari, S., Putri, F. N. A., Aurora, A. A., Nabilah, S., Syahrani, Y., & Suryanda, A. (2021). Identifikasi media pembelajaran pada materi biologi dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik di masa pandemi covid-19. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 1-8. DOI: https://doi.org/10.32938/jbe.v6i1.905

Tobamba, E. K., Siswono, E., & Khaerudin, K. (2019). Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar IPS ditinjau dari minat belajar siswa sekolah dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(2), 372-380. DOI: https://doi.org/10.30738/tc.v3i2.5210

Ubaidillah, A. R., Setiadi, D., Yamin, M., & Artayasa, I. P. (2022). Analisis hambatan pelaksanaan Blended Learning pada pembelajaran biologi di SMAN 1 Lingsar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1633-1638. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.810

Ula, S., Afifa, A. N., & Azizah, S. A. (2021). Pengaruh penggunaan teknologi di masa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar pada mata pelajaran biologi di MAN 2 Jember. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 54-66. DOI: http://doi.org/10.35719/alveoli.v2i1.35

Ummah, K. (2021). Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis Reading, Questioning, and Answering (RQA) materi virus kelas X. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), 8(1), 19-25. DOI: https://doi.org/10.29407/jbp.v8i1.15264

Wulandari, E. (2021). Pengembangan penuntun praktikum berbasis Inquiry pada mata kuliah biologi umum. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 4(2), 410-417. DOI: https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.3088

Yohana, Y., Gresinta, E., & A’ini, Z. Z. F. (2022). Analisis minat belajar biologi siswa SMA Kasih Depok di tengah pandemi covid-19. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 2(2), 115-120. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/edubiologia.v2i2.13527




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v5i2.15549

Article Metrics

Abstract view : 574 times
PDF - 280 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

BIO-INOVED Journal has been Accredited:

 

BIO-INOVED Journal has been Indexed/Abstracted/Listed by:

    

 

Managed by:

MASTER PROGRAM OF BIOLOGY EDUCATION
POSTGRADUATE PROGRAM
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM, Gedung Pascasarjana Lt.2, Kota Banjarmasin,
Kecamatan Banjarmasin Utara, Kode Pos 70123, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia

 

Collaborate with:

 

Journal License:


BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License