The development of guided-inquiry based student worksheets integrated with Islamic values on environmental pollution material
Abstract
Guided inquiry-based student worksheets (LKPD) that are integrated with Islamic values are still rarely developed. This research was conducted with the aim of developing LKPD, as well as testing validity, practicality and effectiveness in classroom learning. The method used is Research and Development (R&D) 4D model. Data was collected using validation sheets by media experts, materials, Islamic values material, biology teacher response questionnaires and class X MIA MAS Madinatussalam Deli Serdang students. The results of the study obtained a score of 96.15% in the "very valid" category for the media feasibility test, a score of 100% in the "very valid" category for the material feasibility test, a score of 82.86% in the "valid" category for the material feasibility test on Islamic values. The practicality test scored 96.6% (teacher response), and 89.37% (student response) in the practical category. The effectiveness test got an average N-Gain score of 0.599 with a "moderate" classification and was declared effective in increasing student learning outcomes and environmental care attitudes with a percentage of 92.12%. This LKPD can facilitate learning outcomes and instills the practice of caring for the environment which is integrated with Islamic values which will form a form of faith and gratitude to Allah, the creator of the universe, as well as being the basis for the development of other LKPD that integrates Islamic values.
Abstrak
Lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam masih jarang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan LKPD, serta menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dalam pembelajaran dikelas. Metode yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) model 4D. Data dikumpulkan menggunakan lembar validasi oleh ahli media, materi, materi nilai-nilai Islam, angket respon guru biologi dan peserta didik kelas X MIA MAS Madinatussalam Deli Serdang. Hasil penelitian didapatkan skor 96,15% dengan kategori “sangat valid” untuk uji kelayakan media, skor 100% dengan kategori “sangat valid” untuk uji kelayakan materi, skor 82,86% dengan kategori “valid” untuk uji kelayakan materi nilai Islam. Uji kepraktisan mendapat skor 96,6% (respon guru), dan 89,37 % (respon peserta didik) dengan kategori praktis. Uji keefektifan mendapat skor rata-rata N-Gain sebesar 0,599 dengan klasifikasi “sedang” dinyatakan efektif meningkatkan hasil belajar dan sikap peduli lingkungan siswa dengan persentase sebesar 92,12%. LKPD ini dapat memfasilitasi hasil belajar dan menanamkan pengamalan sikap peduli lingkungan yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam akan membentuk wujud rasa iman dan bersyukur kepada Allah pencipta alam semesta, serta menjadi dasar pengembangan LKPD terintegrasi nilai Islam lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, E., Muhfahroyin, M., & Sujarwanta, A. (2022). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) inkuiri terbimbing berbasis e-learning pada materi plantae. Biolova, 3(2), 80-83. DOI: https://doi.org/10.24127/biolova.v3i2.1737
Ananda, C. F., & Tanjung, I. F. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Guided Inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 10(1), 125-140. DOI: https://doi.org/10.33394/bioscientist.v10i1.5107
Anggoro, B. S., Haka, N. B., & Hawani, H. (2019). Pengembangan majalah biologi berbasis Alquran hadith pada mata pelajaran biologi untuk peserta didik kelas X di tingkat SMA/MA. Biodik, 5(2), 164–172. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.643
Basith, Y. (2021). Nilai-nilai tauhid dalam mata pelajaran biologi (telaah pada mata pelajaran biologi). Qiro'ah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(1), 52-75. DOI: https://doi.org/10.33511/qiroah.v11n1.52-75
Chandra, A. N., Haryati, S., & Haris, V. (2020). Desain LKPD fisika berorientasi Al-Qur’an dengan strategi inkuiri terbimbing terhadap pencapaian kompetensi peserta didik SMA/MA. Sainstek: Jurnal Sains dan Teknologi, 12(1), 5-14. DOI: http://dx.doi.org/10.31958/js.v12i1.2198
Cindy, C., Haetami, A., & Ratna, R. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) materi asam dan basa berbasis problem based learning. Jurnal Pendidikan Kimia, 6(3), 162-171. DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jpkim%20uho.v6i3.21473
Damhuri, D., Idrus, I., & Jumiarni, D. (2020). Penerapan model pembelajaran inkuiri terstruktur untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX A MTsN 1 Lebong. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 47-54. DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.4.1.47-54
Fegi, F., & Ali, M. (2021). Pengaruh pendekatan inkuiri berbasis eksperimen dengan menggunakan media sederhana untuk meningkatkan hasil belajar fisika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 38(1), 24-29. DOI: https://doi.org/10.15294/jpp.v38i1.29963
Hamdan, M., & Nugrawiyati, J. (2020). Problematika perkembangan sains dan dampaknya terhadap pendidikan Islam. In Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, (Vol. 2, pp. 313-319). Retrieved from http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiiis/article/view/418
Harahap, I. H., Anas, N., & Hutasuhut, M. A. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis keterampilan berpikir kritis pada materi sistem ekskresi. SEJ (School Education Journal), 11(3), 256–262. DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v11i3.28369
Harianti, S. M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berorientasi nilai-nilai Islam pada materi sistem ekskresi. (Undergraduate Thesis, UIN Mataram). Retrieved from http://etheses.uinmataram.ac.id/2161/
Herman, H. (2015). Pengembangan LKPD tekanan hidrostatik berbasis keterampilan proses sains. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 11(2), 120-131. DOI: https://dx.doi.org/10.35580/jspf.v11i2.1478
Hidayat, S. (2021). Integrasi nilai Islam dalam pendidikan: Pembelajaran integratif di SMA Islam Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 141-156. DOI: https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i1.4665
Hudah, N. (2019). Penanaman nilai-nilai Islam dalam membentuk akhlak mulia melalui kegiatan mendongeng di tk terpadu nurul amal buyuk bringkang menganti gresik. Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 12(2), 113-129. DOI: https://doi.org/10.37812/fikroh.v12i2.49
Ikhwani, P.N., & Kuntjoro, S. (2021). Pengembangan lembar kegiatan peserta didik elektronik (E-LKPD) berbasis guided inquiry pada materi perubahan lingkungan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa Kelas X SMA. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(1), 21-30. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p597-604
Kristyowati, R. (2018). Lembar kerja peserta didik (LKPD) IPA sekolah dasar berorientasi lingkungan. In Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar, (pp. 282-287), Universitas Negeri Jakarta. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10150
Kumalasari, M., Rahayu, E. S., & Saptono, S. (2021). The development of Al-Qur'an and hadith integrated guided inquiry students’ worksheet to improve students’ learning outcomes and religious character. Journal of Innovative Science Education, 10(3), 278-285. DOI: https://doi.org/10.15294/jise.v10i1.44426
Lase, N. K., & Lase, R. K. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan kelas VII SMP. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 450-461. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1693
Leli, N., & Sipayung, M. (2019). Perancangan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry learning) pada materi sistem ekskresi. Jurnal Pelita Pendidikan, 7(1), 1-8. DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v7i1.10522
Llewellyn, D. (2013). Teaching high school science through inquiry and argumentation. USA: Corwin Press, INC.
Misbahul, J. (2020). Inkuiri dalam pengajaran dan pembelajaran sains. tarbiyah wa ta’lim. Jurnal penelitian pendidikan & pembelajaran, 7(2), 95–107. DOI: https://doi.org/doi.org/10.21093/twt.v7i2.2243
Mualimin, M. (2020). Pengembangan nilai Islami peserta didik melalui integrasi Alquran dan hadis dalam pembelajaran biologi. Jurnal Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum. 20(2), 129-146. DOI: http://dx.doi.org/10.21831/hum.v20i2.29299
Nurika, N., Chandra, E., & Mulyani, A. (2021). Development of the religious values model to improve learning outcomes of the digestive system subject. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 10(1), 29-39. DOI: http://dx.doi.org/10.24235/sc.educatia.v10i1.7661
Ramadhani, A. S., Asra, R., & Anggereini, E. (2021). Pengembangan LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi pokok bahasan invertebrata untuk siswa kelas X SMA: (Development of Guided Inquiry-Based LKPD on Invertebrate Main Materials for Class X High School Students). BIODIK, 7(4), 167-176. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.13572
Sari, Y. P., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Hadi, W. P. (2022). Pengaruh LKS inkuiri terbimbing berorientasi nilai-nilai keislaman untuk melatih karakter siswa. Natural Science Education Research (NSER), 5(1), 31-39. DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v5i1.4481
Silpina, S., & Pritandhari, M. (2020). Pengembangan majalah ekonomi (makomi) terintegrasi nilai Islam sebagai media pembelajaran SMA Negeri 4 Metro. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 8(1), 37-49. DOI: http://dx.doi.org/10.24127/pro.v8i1.2862
Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Suryaningsih, Y. (2018). Penerapan pembelajaran biologi berbasis al-qur'an sebagai metode untuk pembentukan karakter siswa. Bio Educatio, 3(1), 22-33. DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v3i1.855
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. A Sourcebook Indiana: Indiana University.
Wahono, R. H. J., Supeno, S., & Sutomo, M. (2022). Pengembangan E-LKPD dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(5), 8331-8340. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.374
Wati, S., Al Idrus, A., & Syukur, A. (2021). Analysis of student scientific literacy: study on learning using ethnoscience integrated science teaching materials based on guided inquiry. Jurnal Pijar Mipa, 16(5), 624-630. DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v16i5.2292
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v5i2.16132
Article Metrics
Abstract view : 621 timesPDF - 393 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Managed by: |
Journal License: |