The effect of the group to group exchange method on high school students' learning outcomes on environmental change materials
Abstract
The low ability of student learning outcomes is because teachers never manipulate the ability of learning outcomes, and many teachers still use conventional learning approaches. The purpose of this study was to determine whether the Group To Group Exchange method has no effect on student learning outcomes on environmental change in one of the Islamic high schools in Medan. This research is a quasi-experimental study with a Nonequivalent pretest-posttest control group design. Data analysis of student learning outcomes used the ttest formula, with the help of SPSS version 25 data processing. Data analysis of student learning outcomes by calculating the average learning outcomes showed that the experimental class using the Group to Group Exchange method was higher than the control class. The prerequisite test proved that the data were normally distributed and homogeneous. The results of the calculation of the ttest test show that tcount is higher than ttable, so there is an influence so that it shows tcount > ttable then Ha2 is accepted. The results of this study indicate that there are influences and differences before and after the application of the Group to Group Exchange method on student learning outcomes on environmental change material in one of the Islamic high schools in Medan so that the findings obtained can be applied by teachers in carrying out learning, especially biology subjects.
Abstrak
Rendahnya kemampuan hasil belajar siswa disebabkan guru tidak pernah memperdayakan kemampuan hasil belajar dan masih banyak guru yang menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya tidak pengaruh metode Group To Group Exchange terhadap hasil belajar peserta didik pada materi perubahan lingkungan di salah satu SMA Islam di Medan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan Nonequivalent pretest posttest control Group design. Analisis data hasil belajar peserta didik menggunakan rumus uji ttest, dengan bantuan pengolahan data SPSS versi 25. Analisis data hasil belajar peserta didik dengan hasil perhitungan rerata hasil belajar menunjukan kelas eksperimen yang menggunakan metode Group to Group Exchange lebih tinggi dari kelas kontrol. Uji prasyarat terbukti data berdistribusi normal dan homogen. Hasil perhitungan uji ttest diperoleh bahwa thitung lebih tinggi dari ttabel, maka ada pengaruh sehingga menunjukan thitung > ttabel maka Ha2 diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dan perbedaan sebelum dan sesudah penerapan metode Group to Group Exchange terhadap hasil belajar peserta didik pada materi perubahan lingkungan di salah satu SMA Islam di Medan. Sehingga temuan yang diperoleh, dapat diterapkan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran khususnya mata pelajaran biologi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, V. T., Sutama, S., & Samino, S. (2014). Dampak komunikasi siswa terhadap hasil belajar matematika sekolah dasar. Varia Pendidikan, 26(1), 69-76. Retrieved from http://hdl.handle.net/11617/4752
Arif, A., & Hasyim, A. (2021). Penerapan metode pembelajaran group to group exchange dengan media mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 125-133. DOI: https://doi.org/10.35719/alveoli.v2i2.53
Astuti, S. (2017). Supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi guru di SD Laboratorium UKSW. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 49-59. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p49-59
Bagiyono, B. (2017). Analisis tingkat kesukaran dan daya pembeda butir soal ujian pelatihan radiografi tingkat 1. Widyanuklida, 16(1), 1-12. Retrieved from https://jurnal.batan.go.id/index.php/widyanuklida/article/view/4068
Buchori, A., & Cintang, N. (2018). The influence of powtoon-assisted group to group exchange and powtoon-assisted talking chips learning models in primary schools. International journal of Evaluation and Research in Education, 7(3), 221-228. DOI: http://doi.org/10.11591/ijere.v7i3.14378
Fajriana, N. (2022). Penerapan model pembelajaran group to group exchange (GGE) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi di SMP Islam Al-Mujaddid Kota Sabang (Undergraduate Thesis, UIN Ar-Raniry). Retrieved from https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23083/
Fathurrohman, P., & Sutikno, M. S. (2014). Strategi belajar mengajar: Strategi mewujudkan pembelajaran bermakna melalui pemahaman konsep umum dan Islami. Bandung: Redaksi Refika Aditama.
Hasanah, U. N. M., Susiswo, S., & Qohar, A. (2021). Penerapan group to group exchange (GGE) blended learning berbantuan whatsApp untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik SMAN 1 Jetis Ponorogo. Jurnal Tadris Matematika, 4(2), 251-262. DOI: https://doi.org/10.21274/jtm.2021.4.2.251-262
Irwansyah M, R., & Eresmawati, K. (2019). Group to group exchange (GGE): Strategi pembelajaran untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 375-382. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i2.21481
Kamil, P. & Hasanah, S. (2019). Penggunaan metode group to group exchange dalam meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial bagi peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 39 Sejiran Kecamatan Tebas Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Primearly, 11(2), 106-129. Retrieved from https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/prymerly/article/view/76
Kudri, F., Rahmi, R., & Haryono, Y. (2018, April). Understanding mathematic concept in relation and function method through active learning type group to group distributed LKS. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 335, No. 1, p. 012125). IOP Publishing. DOI: https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012125
Lestari, M. A., & Darmawati, D. M. (2022). Pengaruh penerapan metode group to group exchange (GGE) terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 8040-8046. DOI: https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3608
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9-16. Retrieved from https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515
Natalia, S. Ege, B., & Julung, H. (2017). Pengaruh metode group to group exchange berbantuan media gambar terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi ekosistem. JPBIO. 3(2), 6-14. DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v2i2.219
Nuraiha, N. (2020). Pelaksanaan metode pengajaran variatif Pada pembelajaran Al Quran MAN 1 Tanjung Jabung Timur Kabupaten Tanjab Timur. Jurnal Literasiologi, 4(1), 40-50. DOI: https://doi.org/10.47783/literasiologi.v4i1.132
Puspita, U., Ismail, I., & Yuliatin, Y. (2018). Pengaruh metode group to group exchange (GGE) terhadap hasil belajar PPKn. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(1), 1-13. DOI: https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v5i1.69
Putra, A. R. E., Sa’odah, S., & Rosnaningsih, A. (2021). Metode group to group exchange (GGE) terhadap hasil belajar IPS. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 2(2), 41-52. DOI: DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v2i1.3888
Rahmawati, A. Mawardi, M. & Astuti, S. (2018). Penggunaan model group to group exchange (GGE) untuk meningkatkan kemampuan comunicating. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 120-132. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.14572
Rohmah, E. A. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) berbantuan media game online terhadap pemahaman konsep dan penalaran matematis siswa. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(2), 126-143. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v8i2.5135
Silberman, M. L. (2018). Active learning: 101 cara belajar aktif. Jakarta: Nuansa Cendekia.
Silitonga, P. M., (2014). Statistik teori dan aplikasi dalam penelitian. Medan: Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan.
Sitepu, M. S., & Sarwono, R. (2018). Efektifitas model pembelajaran group to group exchange terhadap karakter peduli sosial dalam pembelajaran IPS pada siswa SD Muhammadiyah Domban 3. JS (JURNAL SEKOLAH), 2(4), 336-342. DOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i4.10683
Supriadi, G. 2011. Pengantar & teknik evaluasi pembelajaran. Malang: Intimedia.
Syafi’i, A. Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidik 2(2), 115-123. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114
Trianto, T. (2010). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v5i2.16191
Article Metrics
Abstract view : 415 timesPDF - 238 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Managed by: |
Journal License: |