The effect of teams games tournament assisted by Quizizz paper mode on motivation and biology learning outcomes

Ingka Liantri, Shefa Dwijayanti Ramadani, Weni Anggraini

Abstract


Motivation as a critical factor in supporting academic achievement is well-established. However, efforts to enhance student motivation and improve learning outcomes remain a significant challenge. This research aims to analyze the effect of using the Teams Games Tournament (TGT) learning model assisted by Quizizz Paper Mode (Q-Cards) on motivation and cognitive learning outcomes of class XI students at SMA IT Ihsanul Fikri Mungkid on the immune system material. The research design was quantitative quasi-experimental with a non-equivalent control group pretest-posttest design. The research results showed a significant influence of the Teams Games Tournament (TGT) learning model assisted by Quizizz Paper Mode (Q-Cards) on learning motivation with a significance value of 0.000 and student learning outcomes with a significance value of 0.000. The results of this research can be used as input for teachers and prospective teachers in considering the appropriate models and media to increase student motivation and learning outcomes to improve the quality of education and as a reference base for further research related to student motivation and cognitive learning outcomes.

Abstrak. Peran motivasi sebagai faktor penting dalam mendukung prestasi akademik sudah diketahui dengan baik. Namun, upaya untuk meningkatkan motivasi siswa dan meningkatkan hasil belajar masih menjadi tantangan yang signifikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Quizizz Paper Mode (Q-Cards) terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA IT Ihsanul Fikri Mungkid pada materi sistem imunitas. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen kuantitatif dengan non-equivalent control group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Quizizz Paper Mode (Q-Cards) terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi 0,000 dan hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi guru dan calon guru dalam mempertimbangkan model dan media yang tepat untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa guna meningkatkan mutu pendidikan dan sebagai bahan acuan untuk penelitian selanjutnya terkait motivasi dan hasil belajar kognitif siswa.


Keywords


Immune system material; Learning motivation; Learning outcomes; Quizizz paper mode; Teams games tournament

Full Text:

PDF

References


Adhawiyah, I. R. (2023). Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) disertai media Quizwhizzer terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem imun kelas XI SMA Negeri 1 Bandongan. (Undergraduate thesis, Universitas Tidar, Magelang). Retrieved from https://repositori.untidar.ac.id/index.php?p=show_detail&id=13334&keywords=

Adiwisastra, M. F. (2015). Aplikasi pengelolaan inventaris barang berbasis web pada Pondok Pesantren Darul Muta'allimin Kota Tasikmalaya: Infotek: Jurnal Infromatika dan Teknologi, 5(2), 230-239. DOI: https://doi.org/10.29408/jit.v5i2.5734

Alfiyana, R., Sukaesih, S., & Setiati, N. (2018). Pengaruh model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dengan metode talking stick terhadap motivasi dan hasil belajar siswa materi sistem pencernaan makanan. Journal of Biology Education, 7(2), 226-236. DOI: https://doi.org/10.15294/jbe.v7i2.24287

Amini, N. R., & Daulay, M. Y. (2022, March). Motivation and religious understanding of students in hijab at Muhammadiyah University, North Sumatra. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 3, No. 1, pp. 1235-1242). Retrieved from https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/insis/article/view/9787

Andani, N., & Lusiana M. P. (2015). Analisis sosial teman sebaya terhadap siswa pembelajaran sains. (Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta). Retrieved from https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61210/

Anderson, L. W & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anggraeni, V. (2018). Pengaruh permainan ular tangga dalam model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap motivasi dan hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Masamba. Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 19(1), 96-106. DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v19i1.6654

Anggriyani, I., & Hrp, N. A. (2021). Peningkatan daya ingat siswa terhadap pembelajaran matematika dengan penggunaan teknik mnemonic pada kelas XI MAS Al-Barakah. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(3), 657-666. DOI: https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.p%25p

Arizka, N., & Khairuna, K. (2022). The effect of the team games tournament learning model assisted by question card media on student learning outcomes. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4(3), 260-266. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v4i3.13874

Aryani, W. D. (2018). Implementasi TGT berbantuan media kartu kuartet untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS peserta didik kelas VII A SMP N 1 Kandeman. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 3(2),115-133. DOI: https://doi.org/10.15294/harmony.v3i2.28159

Astuti, I. A., Suyanto, S., & Sukoco, S. (2017). Penerapan metode user centered design pada game based learning terhadap motivasi belajar siswa. Informasi Interaktif, 2(1), 10-20. Retrieved from https://e-journal.janabadra.ac.id/index.php/informasiinteraktif/article/view/434

Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 103-111. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v3i2.21242

Busyairi, A., & Sinaga, P. (2015). Strategi pembelajaran creative problem solving (CPS) berbasis eksperimen untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan keterampilan berpikir kreatif. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(2), 133-143. DOI: https://doi.org/10.18269/jpmipa.v20i2.36234

Centauri, B. (2019, November). Efektivitas Kahoot! sebagai media pembelajaran kuis interaktif di SDN-7 Bukit Tunggal. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA dan Teknologi II (Vol. 1, No. 1, pp. 124-133). Retrieved from https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1360

Dakhi, A. S. (2020). The learn from home and alienation. International Journal of Science, Technology & Management, 1(2), 133-137. DOI: https://doi.org/10.46729/ijstm.v1i2.33

Erina, R., & Kuswanto, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Instan Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Fisika Di SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 202-211. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7507

Faijah, N., Nuryadi, N., & Marhaeni, N. H. (2022). Efektiivitas penggunaan game edukasi Quizwhizzer untuk meningkatkan pemahaman konsep teorema phytagoras. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 117-123. DOI: https://doi.org/10.33087/phi.v6i1.194

Fajeriadi, H., Zaini, M., Dharmono, D., Nugroho, B. A., Fahmi, F., & Fitriani, A. (2024). The popular scientific book-based coastal gastropod’s diversity as local potential: Practicality and effectiveness on student’s critical thinking ability. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 10(2), 580-590. DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v10i2.32255

Febriani, C. (2017) Pengaruh media video terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V sekolah dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11-21. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461

Febrianti, F. (2019, May). Efektivitas penggunaan media grafis dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 667-677). Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5737

Feng, H. Y., Fan, J. J., & Yang, H. Z. (2013). The relationship of learning motivation and achievement in EFL: Gender as an intermediated variable. Educational Research International, 2(2), 50-58. DOI: http://dx.doi.org/10.21093/ijeltal.v5i2.745

Gunarta, I. G. (2018). Pengaruh model pembelajaran TGT berbantuan media Question Card terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 1(2), 112-120. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338

Hero, H., & Nalu, N. D. (2022). Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SDI ST. Yosef Maumere. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12928-12936. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4510

Indayati, I. (2014). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Jakarta: Prenada Media Group.

Irwandi, I., & Fajeriadi, H. (2019). Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SMA di kawasan pesisir, Kalimantan Selatan. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 66-73. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/binov.v1i2.7859

Isnaeni, N., & Hildayah, D. (2020). Media pembelajaran dalam pembentuka interaksi belajar siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148-156. DOI: https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.69

Izzuddin, A., Yulianto, A., & Pambudi, M. R. (2022). Penerapan model pembelajaran team game tournament (TGT) untuk meningkatkan kompetensi literasi kelas VI SDN 15 Wermith Kabuapten Sorong Selatan Provinsi Papua Barat. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 6(1), 98-103. DOI: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i1.464

Keller, J. M. (2008). First principles of motivation to learn and e-earning. Distance Education, 29(2), 337-338. DOI: https://doi.org/10.1080/01587910802154970

Koriaty, S., & Agustani, M. D. (2016). Pengembangan model pembelajaran game edukasi untuk meningkatkan minat siswa kelas X TKJ SMK Negeri 7 Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(2), 277-288. DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v14i2.360

Kurniawan, M. C. D., & Huda, M. M. (2020). Pengaruh penggunaan Quizizz sebagai latihan soal terhadap hasil belajar siswa kelas V SD. Jurnal Pena Karakter, 1(3), 37-41. DOI: https://doi.org/10.51651/jkp.v1i3.6

Leonard, L. (2013). Peran kemampuan berpikir lateral dan positif terhadap prestasi belajar evaluasi pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1), 54-63. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v5i1.1259

Lestari, S. E. C. A., Hariyani, S., & Rahayu, N. (2018). Pembelajaran kooperatif tipe TGT (teams games tournament) untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(3), 116-126. DOI: https://doi.org/10.21067/pmej.v1i3.2785

Lin, M.H., & Chen, H. (2017). A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3553–3564. DOI: https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a

Miftahussaadah, M., & Subiyantoro, S. (2021). Paradigma pembelajaran dan motivasi belajar siswa. Islamika, 3(1), 97–107. DOI: https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1008

Mirawati, M. (2023). Pengaruh model student teams achievement divisions terintegrasi crossword puzzle terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. Educatoria: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(2), 88-105. DOI: https://doi.org/10.36312/educatoria.v3i2.171

Mulyani, S., Nurhasanah, N., & Fajriani, F. (2020). Penerapan model problem based learning pada materi alat-alat optik untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan menyelesaikan masalah kontekstual. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 105-113. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15666

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan media pembelajaran pop up book berbasis kearifan lokal pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(5), 3928-3939. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475

Nasrah, N., Jasruddin, J., & Tawil, M. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis pendekatan contexstual teaching and learning (CTL) untuk memotivasi dan meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Balocci Pangkep. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2), 235-248. DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v5i2.709

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan kepercayaan diri siswa SMP melalui pendekatan open ended. Prisma, 6(2), 119-131. DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122

Nurhayati, H., Robandi, B., & Mulyasari, E. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan motivasi belajar. (Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta). Retrieved from https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11123

Octariani, D., & Panjaitan, A. C. (2020). Penerapan model pembelajaran team games tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar matematika siswa. ASIMETRIS: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2), 43-49. DOI: https://doi.org/10.51179/asimetris.v1i2.142

Pello, A. C. S. (2018). Keefektifan pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) berbantuan media kahoot untuk topik persamaan kuadrat pada siswa kelas X SMA IPH 2 Surabaya. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 89-100. DOI: https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v8i2:.1733

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui model project based learning (PJBL berbantuan metode edutainment pada materi pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2) 177-182. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357

Prayitno, P. (2014). Dasar teori dan praksis pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Pribadi, A. P., Yuliati, Y., & Cahyo, H. N. (2018). Analisis miskonsepsi pada konsep sistem kekebalan tubuh dalam buku ajar biologi SMA di Yogyakarta. Jurnal Edukasi Biologi, 7(2), 160-167. DOI: https://doi.org/10.21831/edubio.v7i2.13711

Putri, A. (2019). Implementasi kombinasi model team assisten individualization, numbered heads together, team games tournament untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa Pkn pada siswa kelas V SDN Pengambangan 9 Banjarmasin. (Undergraduate thesis, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin). Retrieved from https://repo-mhs.ulm.ac.id/handle/123456789/31758

Putriyanti, C. C., & Fensi, F. (2017). Penerapan metode diskusi kelompok untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IX SMP Santa Maria Monica, Bekasi Timur. Psibernetika, 10(2), 114-122. DOI: https://doi.org/10.30813/psibernetika.v10i2.1047

Rahayu, S. (2017). Meningkatkan prestasi belajar sosiologi dengan metode Jigsaw dan team game tournament. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 2(1), 54-62. Retrieved from https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/25

Rahmat, A. (2014). Pengantar pendidikan teori, konsep dan aplikasi. Gorontalo: Ideas Publishing.

Raida, S. A. (2018). Identifikasi materi biologi SMA sulit menurut pandangan siswa dan guru SMA se-Kota Salatiga. Journal of Biology Education, 1(2), 209–222. DOI: https://doi.org/10.21043/jobe.v1i2.4118

Rosanti, D. (2018). Penerapan metode pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 9(2), 1-10. DOI: https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26773

Rosnah, R. (2015). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan pada siswa kelas 1 SD Muhammadiyah 2 Parepare. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 144-177. DOI: https://doi.org/10.35905/alishlah.v13i2.499

Roykhan, M., Sucipto, S., & Ardianti, S. D. (2022). Kolaborasi guru dan orang tua dalam proses pembelajaran selama pandemi covid di sekolah dasar. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(1), 48-53. DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v2i1.7202

Rozi, F., Widat, F., & Efandari, E. (2021). Implementasi model pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar anak usia dini. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 127-142. DOI: https://doi.org/10.52431/murobbi.v5i1.380

Rudolphi-Solero, T., Jimenez-Zayas, A., Lorenzo-Alvarez, R., Domínguez-Pinos, D., Ruiz-Gomez, M. J., & Sendra-Portero, F. (2021). A team-based competition for undergraduate medical students to learn radiology within the virtual world Second Life. Insights into Imaging, 12, 1-12. DOI: https://doi.org/10.1186/s13244-021-01032-3

Safniyeti, S., Abas, A., & Ruyani, A. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) di kelas X SMAN 4 Kota Bengkulu. Biota: Biologi dan Pendidikan Biologi, 10(1), 20-34. DOI: https://doi.org/10.20414/jb.v10i1.18

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi (JIITUJ), 4(2), 163-173. DOI: https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Sanjaya, W. (2014). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Santoso, S. (2016). Faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi belajar dan solusi penanganan pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. (Undergraduate thesis, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta). Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/44706/

Saputra, R. A., Hariyadi, A., & Sarjono, S. (2021). Pengaruh konsep diri dan reward terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewirausahaan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1046-1053. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1268

Sarah, D. M., Vika, A. I. V., Hasibuan, N., Sipahutar, M. S., & Simamora, F. E. M. (2022). Pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar. Edu Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 15-20. DOI: https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i01.1596

Sari, D. P., Rizki, W. Y. P., & Syazali, M. (2018). Pengaruh metode kuis interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mata kuliah trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 63–72. DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.12.2.5322.63-72

Septiyan, G. (2017). Pengaruh model teams games tournament terhadap keterampilan pengambilan keputusan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Mimbar sekolah dasar, 4(1), 106-116. DOI: https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i1.5547

Slavin, R. E. (2020). How evidence-based reform will transform research and practice in education. Educational Psychologist, 55(1), 21-31. DOI: https://doi.org/10.1080/00461520.2019.1611432

Sugiata, I. W. (2019). Penerapan model pembelajaran team game tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 78-87. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16618

Suharni, S., & Purwanti, P. (2018). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), 131–145. DOI: https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89

Suryadi, A., & Muladi, E. (2021). Tinjauan board game edukatif & non edukatif. Narada : Jurnal Desain dan Seni, 8(1), 125. DOI: https://doi.org/10.22441/narada.2021.v8.i1.010

Sutirman, S. (2013). Media dan model-model pembelajaran inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syahfitri, J., Firman, H., Redjeki, S., & Sriyati, S. (2018). Validitas dan reliabilitas tes disposisi berpikir kritis dalam biologi perguruan tinggi. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional (Vol. 1, No. 1, pp. 82–86). Retrieved from https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/4109

Uliyah, A., & Isnawati, Z. (2019). Metode permainan edukatif dalam pembelajaran Bahasa Arab. Shaut Al Arabiyyah, 7(1), 31-43. DOI: https://doi.org/10.24252/saa.v1i1.9375

Utami, D. (2018). Pengaruh model pembelajaran teams games tournament terhadap minat belajar geografi siswa SMA. Jurnal Swarnabhumi: Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi, 3(2), 81-88. DOI: https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v3i2.2597

Utami, H. R., Widodo, A., & Rochintaniawati, D. (2020). Profil pola interaksi antara guru dan siswa smp dalam pembelajaran biologi pada konsep ekosistem. Journal of Biology Education, 4(1), 111-123. DOI: https://doi.org/10.15294/jbe.v4i1.5242

Utomo, B. (2015). Penerapan metode tutor sebaya pada materi sistem kekebalan tubuh. (Undergraduate thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya). Retrieved from http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-16028.html

Wijayanti, A. (2016). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep fisika dasar mahasiswa Pendidikan IPA. Jurnal Pijar Mipa, 11(1), 15-21. DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v11i1.3

Winaryati, E., & Hidayat, M. T. (2020). Conceptual framework of evaluation model on 4 C'S-based learning supervision. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(8), 173-193. DOI: https://doi.org/10.26803/ijlter.19.8.10

Yuliawati, A. A. N. (2021). Penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan motivasi belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 356-364. DOI: https://doi.org/10.51878/science.v2i2.1270

Zamzami, M. R. (2018). Penerapan reward and punishment dalam teori belajar behaviorisme. Talimuna: Jurnal pendidikan islam, 4(1), 1-20. DOI: https://doi.org/10.32478/ta.v4i1.111




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v6i3.19325

Article Metrics

Abstract view : 308 times
PDF - 133 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

BIO-INOVED Journal has been Accredited:

 

BIO-INOVED Journal has been Indexed/Abstracted/Listed by:

    

 

Managed by:

MASTER PROGRAM OF BIOLOGY EDUCATION
POSTGRADUATE PROGRAM
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM, Gedung Pascasarjana Lt.2, Kota Banjarmasin,
Kecamatan Banjarmasin Utara, Kode Pos 70123, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia

 

Collaborate with:

 

Journal License:


BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License