Development of an encyclopedia of flora and fauna motifs in Singkawang hand-written batik as a biology learning resource
Abstract
Singkawang City has biodiversity that inspires motifs in Singkawang batik. In order to introduce batik tulis in the city of Singkawang, an encyclopedia media was developed on biodiversity material. This study aims to develop an encyclopedia of flora and fauna motifs of Singkawang hand-written batik by measuring the level of validity and student response to the encyclopedia. This research uses the R&D method with the 4D development model, which consists of defining, designing, developing, and disseminating. Data collection using interviews, observations, questionnaires, and documentation, analyzed with descriptive techniques. The results showed the average validation score in the very valid category, in the media aspect (98.81%), material aspect (98.25%) and language aspect (84.72%). The media was considered practical with very strong criteria based on student responses with an average of 88.78% in the small-scale trial and 96.57% in the large-scale trial. It is concluded that the encyclopedia media of flora and fauna motifs of Singkawang hand-written batik is very valid and very strong from students. The existence of this encyclopedia media is expected to increase public knowledge, especially the younger generation in Singkawang City about the flora and fauna motifs of Singkawang hand-written batik, so that they are able to maintain and preserve hand-written batik in Singkawang city.
Abstrak. Kota Singkawang memiliki keanekaragaman hayati yang menginspirasi motif pada batik tulis Singkawang. Demi memperkenalkan batik tulis yang ada di kota Singkawang maka di kembangkan media ensiklopedia pada materi keanekaramanan hayati. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ensiklopedia corak motif flora dan fauna batik tulis Singkawang dengan mengukur tingkat kevalidan dan respon siswa terhadap ensiklopedia. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan 4D, yang terdiri dari pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi, dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai validasi pada kategori sangat valid, pada aspek media (98,81%), aspek materi (98,25%) dan aspek bahasa (84,72%). Media tersebut dinilai praktis dengan kriteria sangat kuat berdasarkan respon siswa dengan rata-rata 88,78% pada uji coba skala kecil dan 96,57% pada uji coba skala besar. Disimpulkan bahwa media ensiklopedia corak motif flora dan fauna batik tulis Singkawang sangat valid dan sangat kuat dari siswa. Adanya media ensiklopedia ini diharapkan menambah pengetahuan masyarakat khususnya generasi muda di Kota Singkawang mengenai corak motif flora dan fauna batik tulis Singkawang, sehingga mampu menjaga dan melestarikan batik tulis yang ada di kota Singkawang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, S., Setiadi, A. E., & Sunandar, A. (2024). Development of an encyclopedia based on local vegetables North Kayong Regency as biology learning media. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 10(1), 38–46. DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v10i1.31557
Aldya, R. F., We, A. V. T., & Mitasari, Z. (2022). Pengembangan modul kontekstual pembelajaran IPA pada materi struktur dan fungsi tumbuhan untuk siswa sekolah menengah pertama. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 186–191. DOI: https://doi.org/10.31849/bl.v9i2.10990
Astuti, S., Ainiyah, N., & Vinurika, A. (2023, July). Penerapan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan menyimak dalam mengidentifikasi unsur cerita. In Prosiding Seminar Akademik Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 1, No. 1, pp. 177-183). Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/psapbin/article/view/1123
Baist, A., Fadillah, A., & Nopitasari, D. (2019). Students self-regulated learning in numerical methods course using computational mathematics teaching materials. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 2(1), 1–4. DOI: https://doi.org/10.29103/mjml.v2i1.2122
Bare, Y., & Sari, D. R. T. (2021). Pengembangan lembar kerja mahasiswa (LKM) berbasis inkuiri pada materi interaksi molekuler. Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 11(1), 19–26. DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v11i1.12077
Cahyawulan, W., & Rachmawati, D. (2018). Pengembangan ensiklopedia pekerjaan bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam (MIPA) untuk peserta didik kelas X di SMA Suluh Jakarta. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(2), 140–146. DOI: https://doi.org/10.21009/insight.072.03
Fajeriadi, H., Zaini, M., Dharmono, D., Nugroho, B. A., Fahmi, F., & Fitriani, A. (2024). The popular scientific book-based coastal gastropod’s diversity as local potential: Practicality and effectiveness on student’s critical thinking ability. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 10(2), 580-590. DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v10i2.32255
Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). Membangun kualitas pendidikan di Indonesia dalam mewujudkan program sustainable development goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 6145-6154. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3183
Gosal, S. S., Lestari, A., & Nugrahaningsih, N. (2023). rancang bangun aplikasi ensiklopedia digital tanaman obat tradisional. Journal of Information Technology and Computer Science, 3(2), 107-115. DOI: https://doi.org/10.47111/jointecoms.v3i2.10820
Hartika, W., Panjaitan, R. G. P., & Tenriawaru, A. B. (2024). Human pregnancy and birth: The enrichment of a booklet with medicinal plants for postpartum wellness. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 10(1), 265–272. DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v10i1.30027
Hidayat, F., & Mulyawati, I. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan smart apps creator untuk mata pelajaran matematika pada materi pecahan kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 111–120. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/28297
Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan media gambar sebagai upaya dalam peningkatan konsentrasi belajar anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676-685. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683
Lukitasari, M., Hakiki, G. A., Pujiati, P., & Tafsir, I. (2021). Pengembangan media belajar rnsiklopedia berbasis keanekaragaman hayati lokal (Bryophita). JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(1), 11-18. DOI: https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8798
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171-187. DOI: http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2019). Pengembangan booklet hasil inventarisasi tumbuhan obat sebagai media pembelajaran pada materi manfaat keanekaragaman hayati. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(2), 83–88. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.12389
Pranriska, I., & Manalu, K. (2024). Development of encyclopedia on reproductive system material for class XI at Hang Tuah Belawan High School. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 12(3), 576-588. DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v12i3.12226
Prayitno, T. A. (2017). Pengembangan petunjuk praktikum mikrobiologi Program Studi Pendidikan Biologi. Biota, 3(1), 31-37. DOI: https://doi.org/10.19109/biota.v3i1.1041
Putra, Z. H., Witri, G., & Yulita, T. (2019). Development of powerpoint-based learning media in integrated thematic instruction of elementary school. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), 697–702. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/336576652_Development_of_Powerpoint-based_learning_media_in_integrated_thematic_instruction_of_elementary_school
Rasagama, I. G. (2020). Pengembangan model pembelajaran getaran berbasis video youtube untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa Politeknik. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 8(2), 91-101. DOI: https://doi.org/10.26714/jps.8.2.2020.91-101
Renita, A., Setyowati, E., Fauziah, A., & Purwanto, N. (2020). Pengembangan ensiklopedia tumbuhan paku sebagai sumber belajar keanekaragaman hayati. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), 7(1), 1-6. DOI: https://doi.org/10.29407/jbp.v7i1.14797
Rima, M., Selegi, S., & Syaflin, S. (2022). Pengembangan ensiklopedia digital tema indahnya keragaman di negeriku kelas IV sekolah dasar. Pendidikan dan Konseling, 4(4), 1570–1575. Retrieved from https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2901925
Rizki, S. K., Oka, A. A., & Asih, T. (2020). Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis problem based learning terintegrasi nilai-nilai karakter pada materi sistem pencernaan manusia kelas XI SMA Negeri 5 Metro. Bioedukasi : Jurnal Pendidikan Biolofi Universitas Muhammadiyah Metro, 11(1), 33–42. DOI: http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v11i1.2819
Sanimah, S., Haniyyah, U., & Rambe, I. W. (2024). Kajian Kelebihan dan kelemahan penggunaan laboratorium virtual sebagai media pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Jeumpa, 11(1), 129-137. DOI: https://doi.org/10.33059/jj.v11i1.9815
Santoso, V. (2016). Akulturasi estetika sebagai modal untuk menghadapi pertukaran kesenian dalam Masyarakat Ekonomi Asean (Sebuah kajian holistik terhadap perkembangan kesenian modern di Indonesia). INVENSI (Jurnal Penciptaan dan Pengkajian Seni), 1(1), 70-79. DOI: https://doi.org/10.24821/invensi.v1i1.1604
Sari, A. R., Sujana, S., & Isrok'atun, I. (2023). Development of animated videos to enhance student's mastery of concepts in the solar system. Jurnal Cakrawala Pendas, 9(4), 664–675. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v9i4.6437
Selaturrohmi, & Haikal, M. (2024). Validitas modul sistem pencernaan manusia berbasis problem based learning di MA Sirojut Tholibin Taman Sari Pamekasan. Journal of Authentic Research, 3(1), 1–9. DOI: https://doi.org/10.36312/jar.v3i1.1477
Sugandi, M. K., & Rasyid, A. (2019). Pengembangan multimedia adobe flash pembelajaran biologi melalui project based learning untuk meningkatkan kreativitas siswa pada konsep ekosistem. Biodik, 5(3), 181–196. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v5i3.7869
Wicaksono, D. P., Kusmayadi, T. A., & Usodo, B. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbahasa Inggris berdasarkan teori kecerdasan majemuk (multiple intelligences) pada materi balok dan kubus untuk kelas VIII SMP. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(5), 534–549. Retrieved from https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/36938
Zaharah, F., Husna, M., Sa’bani, N., Aminah, S., & Wismanto, W. (2024). How to develop dalam fungsi dan manfaat media pembelajaran di sekolah dasar. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 3(2), 41-51. DOI: https://doi.org/10.58192/insdun.v3i2.2065
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v6i3.19549
Article Metrics
Abstract view : 195 timesPDF - 63 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Managed by: |
Journal License: |