Development of an encyclopedia of flora and fauna motifs in Singkawang hand-written batik as a biology learning resource

Perabela Ramanda, Mahwar Qurbaniah, Anandita Eka Setiadi

Abstract


Singkawang City has biodiversity that inspires motifs in Singkawang batik. In order to introduce batik tulis in the city of Singkawang, an encyclopedia media was developed on biodiversity material. This study aims to develop an encyclopedia of flora and fauna motifs of Singkawang hand-written batik by measuring the level of validity and student response to the encyclopedia. This research uses the R&D method with the 4D development model, which consists of defining, designing, developing, and disseminating. Data collection using interviews, observations, questionnaires, and documentation, analyzed with descriptive techniques. The results showed the average validation score in the very valid category, in the media aspect (98.81%), material aspect (98.25%) and language aspect (84.72%). The media was considered practical with very strong criteria based on student responses with an average of 88.78% in the small-scale trial and 96.57% in the large-scale trial. It is concluded that the encyclopedia media of flora and fauna motifs of Singkawang hand-written batik is very valid and very strong from students. The existence of this encyclopedia media is expected to increase public knowledge, especially the younger generation in Singkawang City about the flora and fauna motifs of Singkawang hand-written batik, so that they are able to maintain and preserve hand-written batik in Singkawang city.

Abstrak. Kota Singkawang memiliki keanekaragaman hayati yang menginspirasi motif pada batik tulis Singkawang. Demi memperkenalkan batik tulis yang ada di kota Singkawang maka di kembangkan media ensiklopedia pada materi keanekaramanan hayati. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ensiklopedia corak motif flora dan fauna batik tulis Singkawang dengan mengukur tingkat kevalidan dan respon siswa terhadap ensiklopedia. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan 4D, yang terdiri dari pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi, dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai validasi pada kategori sangat valid, pada aspek media (98,81%), aspek materi (98,25%) dan aspek bahasa (84,72%). Media tersebut dinilai praktis dengan kriteria sangat kuat berdasarkan respon siswa dengan rata-rata 88,78% pada uji coba skala kecil dan 96,57% pada uji coba skala besar. Disimpulkan bahwa media ensiklopedia corak motif flora dan fauna batik tulis Singkawang sangat valid dan sangat kuat dari siswa. Adanya media ensiklopedia ini diharapkan menambah pengetahuan masyarakat khususnya generasi muda di Kota Singkawang mengenai corak motif flora dan fauna batik tulis Singkawang, sehingga mampu menjaga dan melestarikan batik tulis yang ada di kota Singkawang.


Keywords


Encyclopedia; Flora; Fauna; Hand-written batik; Learning resources

Full Text:

PDF

References


Aini, S., Setiadi, A. E., & Sunandar, A. (2024). Development of an encyclopedia based on local vegetables North Kayong Regency as biology learning media. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 10(1), 38–46. DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v10i1.31557

Aldya, R. F., We, A. V. T., & Mitasari, Z. (2022). Pengembangan modul kontekstual pembelajaran IPA pada materi struktur dan fungsi tumbuhan untuk siswa sekolah menengah pertama. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 186–191. DOI: https://doi.org/10.31849/bl.v9i2.10990

Astuti, S., Ainiyah, N., & Vinurika, A. (2023, July). Penerapan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan menyimak dalam mengidentifikasi unsur cerita. In Prosiding Seminar Akademik Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 1, No. 1, pp. 177-183). Retrieved from https://conference.ut.ac.id/index.php/psapbin/article/view/1123

Baist, A., Fadillah, A., & Nopitasari, D. (2019). Students self-regulated learning in numerical methods course using computational mathematics teaching materials. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 2(1), 1–4. DOI: https://doi.org/10.29103/mjml.v2i1.2122

Bare, Y., & Sari, D. R. T. (2021). Pengembangan lembar kerja mahasiswa (LKM) berbasis inkuiri pada materi interaksi molekuler. Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 11(1), 19–26. DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v11i1.12077

Cahyawulan, W., & Rachmawati, D. (2018). Pengembangan ensiklopedia pekerjaan bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam (MIPA) untuk peserta didik kelas X di SMA Suluh Jakarta. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(2), 140–146. DOI: https://doi.org/10.21009/insight.072.03

Fajeriadi, H., Zaini, M., Dharmono, D., Nugroho, B. A., Fahmi, F., & Fitriani, A. (2024). The popular scientific book-based coastal gastropod’s diversity as local potential: Practicality and effectiveness on student’s critical thinking ability. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 10(2), 580-590. DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v10i2.32255

Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). Membangun kualitas pendidikan di Indonesia dalam mewujudkan program sustainable development goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 6145-6154. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3183

Gosal, S. S., Lestari, A., & Nugrahaningsih, N. (2023). rancang bangun aplikasi ensiklopedia digital tanaman obat tradisional. Journal of Information Technology and Computer Science, 3(2), 107-115. DOI: https://doi.org/10.47111/jointecoms.v3i2.10820

Hartika, W., Panjaitan, R. G. P., & Tenriawaru, A. B. (2024). Human pregnancy and birth: The enrichment of a booklet with medicinal plants for postpartum wellness. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 10(1), 265–272. DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v10i1.30027

Hidayat, F., & Mulyawati, I. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan smart apps creator untuk mata pelajaran matematika pada materi pecahan kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 111–120. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/28297

Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan media gambar sebagai upaya dalam peningkatan konsentrasi belajar anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676-685. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683

Lukitasari, M., Hakiki, G. A., Pujiati, P., & Tafsir, I. (2021). Pengembangan media belajar rnsiklopedia berbasis keanekaragaman hayati lokal (Bryophita). JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(1), 11-18. DOI: https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8798

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171-187. DOI: http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2019). Pengembangan booklet hasil inventarisasi tumbuhan obat sebagai media pembelajaran pada materi manfaat keanekaragaman hayati. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(2), 83–88. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.12389

Pranriska, I., & Manalu, K. (2024). Development of encyclopedia on reproductive system material for class XI at Hang Tuah Belawan High School. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 12(3), 576-588. DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v12i3.12226

Prayitno, T. A. (2017). Pengembangan petunjuk praktikum mikrobiologi Program Studi Pendidikan Biologi. Biota, 3(1), 31-37. DOI: https://doi.org/10.19109/biota.v3i1.1041

Putra, Z. H., Witri, G., & Yulita, T. (2019). Development of powerpoint-based learning media in integrated thematic instruction of elementary school. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), 697–702. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/336576652_Development_of_Powerpoint-based_learning_media_in_integrated_thematic_instruction_of_elementary_school

Rasagama, I. G. (2020). Pengembangan model pembelajaran getaran berbasis video youtube untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa Politeknik. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 8(2), 91-101. DOI: https://doi.org/10.26714/jps.8.2.2020.91-101

Renita, A., Setyowati, E., Fauziah, A., & Purwanto, N. (2020). Pengembangan ensiklopedia tumbuhan paku sebagai sumber belajar keanekaragaman hayati. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), 7(1), 1-6. DOI: https://doi.org/10.29407/jbp.v7i1.14797

Rima, M., Selegi, S., & Syaflin, S. (2022). Pengembangan ensiklopedia digital tema indahnya keragaman di negeriku kelas IV sekolah dasar. Pendidikan dan Konseling, 4(4), 1570–1575. Retrieved from https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2901925

Rizki, S. K., Oka, A. A., & Asih, T. (2020). Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis problem based learning terintegrasi nilai-nilai karakter pada materi sistem pencernaan manusia kelas XI SMA Negeri 5 Metro. Bioedukasi : Jurnal Pendidikan Biolofi Universitas Muhammadiyah Metro, 11(1), 33–42. DOI: http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v11i1.2819

Sanimah, S., Haniyyah, U., & Rambe, I. W. (2024). Kajian Kelebihan dan kelemahan penggunaan laboratorium virtual sebagai media pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Jeumpa, 11(1), 129-137. DOI: https://doi.org/10.33059/jj.v11i1.9815

Santoso, V. (2016). Akulturasi estetika sebagai modal untuk menghadapi pertukaran kesenian dalam Masyarakat Ekonomi Asean (Sebuah kajian holistik terhadap perkembangan kesenian modern di Indonesia). INVENSI (Jurnal Penciptaan dan Pengkajian Seni), 1(1), 70-79. DOI: https://doi.org/10.24821/invensi.v1i1.1604

Sari, A. R., Sujana, S., & Isrok'atun, I. (2023). Development of animated videos to enhance student's mastery of concepts in the solar system. Jurnal Cakrawala Pendas, 9(4), 664–675. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v9i4.6437

Selaturrohmi, & Haikal, M. (2024). Validitas modul sistem pencernaan manusia berbasis problem based learning di MA Sirojut Tholibin Taman Sari Pamekasan. Journal of Authentic Research, 3(1), 1–9. DOI: https://doi.org/10.36312/jar.v3i1.1477

Sugandi, M. K., & Rasyid, A. (2019). Pengembangan multimedia adobe flash pembelajaran biologi melalui project based learning untuk meningkatkan kreativitas siswa pada konsep ekosistem. Biodik, 5(3), 181–196. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v5i3.7869

Wicaksono, D. P., Kusmayadi, T. A., & Usodo, B. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbahasa Inggris berdasarkan teori kecerdasan majemuk (multiple intelligences) pada materi balok dan kubus untuk kelas VIII SMP. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(5), 534–549. Retrieved from https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/36938

Zaharah, F., Husna, M., Sa’bani, N., Aminah, S., & Wismanto, W. (2024). How to develop dalam fungsi dan manfaat media pembelajaran di sekolah dasar. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 3(2), 41-51. DOI: https://doi.org/10.58192/insdun.v3i2.2065

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v6i3.19549

Article Metrics

Abstract view : 195 times
PDF - 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

BIO-INOVED Journal has been Accredited:

 

BIO-INOVED Journal has been Indexed/Abstracted/Listed by:

    

 

Managed by:

MASTER PROGRAM OF BIOLOGY EDUCATION
POSTGRADUATE PROGRAM
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM, Gedung Pascasarjana Lt.2, Kota Banjarmasin,
Kecamatan Banjarmasin Utara, Kode Pos 70123, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia

 

Collaborate with:

 

Journal License:


BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License