Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Jamur terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik MAN

Mega Purwati, Muhammad Zaini, Sri Amintarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan perangkat pembelajaran hasil pengembangan konsep jamur terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik MAN. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, dan diujicobakan pada peserta didik kelas X MIA 4 MAN 2 Model Banjarmasin. Rancangan uji coba perangkat pembelajaran melalui tahap validasi ahli, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji lapangan. Data kevalidan perangkat pembelajaran diperoleh dari pendapat pakar dianalisis berdasarkan skor validasi pakar, dan uji perorangan peserta didik menggunakan lembar penilaian bahan ajar dan LKPD dianalisis secara deskriptif. Data kepraktisan diperoleh dari keterlaksanaan RPP dan respon peserta didik. Data keefektivan diperoleh dari 1) hasil belajar kognitif peserta didik sudah mencapai KKM dengan kategori baik, 2) penilaian keterampilan proses tergolong kategori sangat baik, 3) penilaian kinerja psikomotor tergolong kategori sangat baik, 4) penilaian sikap spiritual (rasa syukur) tergolong kategori sangat baik, 5) penilaian perilaku berkarakter (disiplin, dan tanggung jawab) tergolong kategori baik, 6) penilaian keterampilan sosial tergolong kategori baik, 7) keterampilan berpikir kritis peserta didik tergolong kategori baik, 8) aktivitas peserta didik tergolong kategori sangat baik.

Keywords


Perangkat Pembelajaran; Jamur; Inkuiri Terbimbing

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Akker, Jan Van Den. (1999). Principles and methods of development research. In J. Van den Akker, R. M. Branch, K. Gustafson, N. Nieveen, & T. Plomp (Eds.), Design approaches and tools in education and training. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Jaya, I.M.; Sadia, I. W. & Arnyana, I.B.P. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Bermuatan Pendidikan Karakter dengan Setting Guided Inquiry untuk Meningkatkan Karakter dan Hasil Belajar Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Volume 4. pp. 1-12.

Kemendikbud. (2013). Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013. Jakarta.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Lissa; Prasetyo, A. P. B. & Indriyanti, D. R. (2012). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Materi Sistem Respirasi dan Eskresi. Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan. Volume 41, Nomor 1. pp. 21-32.

Murniati, L. D.; Candiasa, I. M. & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 46. Nomor 2, pp.114-124.

Plomp, Tj. & Nieveen, N. (2007). An Introduction to Educational Design Research. Proceedings of The Seminar Conducted At The East China Normal University, Shanghai (PR China). SLO Netherlands Institute for Curriculum Development.

Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. London: Kogan Page.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

_____. (2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yaumi, M. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/binov.v1i2.7856

Article Metrics

Abstract view : 498 times
PDF - 138 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BIO-INOVED (Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

BIO-INOVED Journal has been Indexed/Abstracted/Listed by:

 

Managed by:

MASTER PROGRAM OF BIOLOGY EDUCATION
POSTGRADUATE PROGRAM
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM, Gedung Pascasarjana Lt.2, Kota Banjarmasin,
Kecamatan Banjarmasin Utara, Kode Pos 70123, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia

 

Collaborate with:

 

Journal License:


BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License