Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Tadris Biologi pada Mata Kuliah Biologi Umum

Khairunnisa Khairunnisa, Ita Ita, Istiqamah Istiqamah

Abstract


Jumlah mahasiwa di program studi biologi berjumlah 35 orang yang terdiri dari 91,43% berasal dari lulusan kelas IPA, 8,57% dari lulusan kelas non IPA (keagamaan, adminstrasi, IPS). Keterampilan Proses Sains yang dimiliki mahasiswa tersebut belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains mahasiswa Program Studi Tadris Biologi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Penelitian ini akan menghasilkan data yang akan dianalisis secara deskriptif dan diukur secara kategorikal. Data penelitian berupa nilai tes keterampilan proses sains yang diambil dari nilai hasil belajar mahasiswa pada perkuliahan Biologi Umum. Hasil penelitian menunjukkan KPS yang dimiliki mahasiswa cukup memuaskan yaitu pada aspek mengamati/ observasi sebesar 65,23% kategori “baik”, mengklasifikasi sebesar 69,28% kategori “baik”, menafsirkan data sebesar 64,20% kategori “baik”, meramalkan/memprediksi sebesar 60,43% kategori “cukup”, berhipotesis sebesar 41,50% kategori “cukup”, menganalisis sebesar 67,25% kategori “baik”, merencanakan percobaan/penelitian sebesar 41,50% pada kategori “cukup”, menggunakan alat/bahan sebesar 41,50% kategori “cukup”, menerapkan konsep sebesar 41,50% kategori “cukup”, dan berkomunikasi sebesar 41,50% kategori “cukup”.

Keywords


Keterampilan Proses Sains; Biologi Umum; Tadris Biologi

Full Text:

PDF

References


Agustina, Putri &Alanindra Saputra. (2016). Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Dasar Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Matakuliah Anatomi Tumbuhan (Studi Kasus Mahasiswa Prodi P. Biologi FKIP UMS Tahun Ajaran 2015/2016). Prosiding SNPS Seminar Nasional Pendidikan Sains 2017, Surakarta.

Anggraini, R., Sri W., Albertus D.L., (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Keterampilan Proses di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Biologi, Vol.4 No.4, 350 – 356.

Ariani, M., Abdul H., Leny. (2015). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid dengan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 11 Banjarmasin, QUANTUM, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, Vol.6, No.1, 98 – 107.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Manajemen Penelitian.Jakarta: Rineka Cipta.

Artayasa, I Putu, Herawati Susilo, Umi Lestari, Sri Endah Indriwati. (2017). Profil Keterampilan Proses Sains Dan Hubungannya Dengan Hasil Belajar Sains Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram. Prosiding TEP & PDs

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, S. B. dan A. Zain. (2010).Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadlan, A. (2011). Strategi Pengembangan Science Generic Skills (SGS) Calon Guru Fisika Melalui Model Pembelajaran Group Investigation pada Matakuliah Praktikum. Jurnal Phenomenon. 1(1): 31-44.

Firman, H. (2000). Penilaian Hasil Belajar dalam Pengajaran Kimia. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI

Fischhoff, Baruch. (2013). The Science of Science Communication. Department of Engineering and Public Policy, and Department of Social and Decision Sciences. Carnegie Mellon University, Pittsburgh, PA 15213-3890.

Hamdani. (2017). Deskripsi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Biologi .Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, Vol. 8. No. 1, 43-51.

Hamdiyati, Yanti & Kusnandi. (2017). Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Kerja Ilmiah Pada Matakuliah Mikrobiologi. Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Istiqamah. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Komunikasi Siswa SMA. Tesis, Universitas Lambung Mangkurat

Kazeni, M.M.M. (2005). Development and validation of a test integrated science process skills for the further Education and training learners. Unpublished Master Thesis, University of Pretoria South Africa.

Kurniawan, Afif & Fadloli. (2016). Profil Penguasaan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Terbuka. Proceeding Biology Education Conference(ISSN: 2528-5742), Vol 13(1) 2016: 410-419.

Mahmudah, L. (2016). Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses pada Pembelajaran IPA di Madrasah, Elementary, Vol. 4 No. 1, 167-187.

Nuzulia, Adlim, Cut N. (2017). Relevansi Kurikulum dan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi Mahasiswa Kimia, Biologi, Biologi dan Matematika. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 05, No.01, 20-126.

Paidi, dkk. (2012). Peningkatan Kemampuan Calon Guru MIPA Mengembangkan Kerja Ilmiah (Scientific Process) dalam Pengajaran Mikro, Menuju Terbentuknya Guru Pemula Bidang IPA yang Kompeten. (Online),

Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rustaman, N. (1995). Pengembangan Butir Soal Keterampilan Proses Sains. Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA IKIP Bandung : tidak diterbitkan.

Rustaman, N.Y., dkk. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI

Rustaman, Nuryani. (2005). Pengembangan Butir Soal Keterampilan Proses Sains. FMIPA. UPI

Titin. (2013). Deskripsi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi melalui Pembelajaran Berbasis Praktikum pada Mata Kuliah Taksonomi Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA Vol. 4. No. 1, 47-52.

Zaki, K.V. (2013). Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student TeamsAchievement Divisions Berbasis Eksperimen[Abstrak]. UPEJ UnnesPhysics Education Journal, Vol 2 No 2 (2013).




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/binov.v1i2.7858

Article Metrics

Abstract view : 943 times
PDF - 8299 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BIO-INOVED (Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

BIO-INOVED Journal has been Accredited:

 

BIO-INOVED Journal has been Indexed/Abstracted/Listed by:

 

 

Managed by:

MASTER PROGRAM OF BIOLOGY EDUCATION
POSTGRADUATE PROGRAM
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM, Gedung Pascasarjana Lt.2, Kota Banjarmasin,
Kecamatan Banjarmasin Utara, Kode Pos 70123, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia

 

Collaborate with:

 

Journal License:


BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License