Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan Pesisir, Kalimantan Selatan

Irwandi Irwandi, Hery Fajeriadi

Abstract


Lingkungan dapat digunakan sebagai sumber belajar langsung. Proses pembelajaran yang mempertemukan siswa dengan objek yang dipelajari dapat meningkatkan produktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan minat dan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan potensi lingkungan sebagai sumber belajar. Pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan saintifik di lingkungan pesisir. Data minat belajar siswa dianalisis secara deskriptif dari angket observasi respon siswa sebanyak 5 orang dari masing-masing sekolah. Peningkatan hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan hasil hitung N-gain skor evaluasi. Respon siswa di sekolah A memperoleh skor persentase 85,5% (positif) dan sekolah B memperoleh skor persentase 87,5% (positif). N-gain peningkatan hasil belajar kognitif siswa di sekolah A adalah 0,42 (sedang) dan siswa di sekolah B adalah 0,79 (tinggi). Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar mampu meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif siswa SMA.

Keywords


Pembelajaran langsung; Sumber belajar; Lingkungan; Minat; Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Aritonang KT. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur 7(10): 11-12.

Baswedan, A. R. (2014). Gawat darurat pendidikan di Indonesia. In The Emergency of Indonesian Education]. A paper delivered at the meeting between Ministry and Head of Education Offices Indonesia-wide in Jakarta, on December (Vol. 1)

Danaebroto SW. (2015). Teori Belajar Konstruktivisme Piaget dan Vygotsky. Indonesia Digital Journal Mathematics and Education 2(3).

Daryanti, E.P., Rinanto, Y. and Dwiastuti, S., (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Ilmiah Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 3(2), pp.163-168.

Daud, F., (2012). Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 19(2), pp.243-255.

Eggen, P. & D. Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran, Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir, Edisi Keenam. Indeks: Jakarta.

Fajeriadi, H., & Dharmono, D. (2018a). Keanekaragaman siput (ordo Archaeogastropoda) di zona eulitoral Pulau Sembilan, Kabupaten Kotabaru. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (Vol. 3, No. 1).

Fajeriadi, H., Zaini, M., & Dharmono, D. (2018b). Keanekaragaman Siput Ordo Mesogastropoda dan Neogastropoda pada Zona Eulitoral di Kawasan Pesisir Pulau Sembilan, Kabupaten Kotabaru. Buletin Oseanografi Marina, 8(1), 17-24.

Fitriansyah, M. (2018). Identifikasi echinodermata di pesisir Pulau Denawan, Kecamatan Pulau Sembilan. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (Vol. 3, No. 1).

Hadi, R.F. & R.D. Anazifa. (2016). Pendidikan Lingkungan Nonformal sebagai Upaya Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan pada Siswa. Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education). Prodi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Ahmad Dahlan.

Hake, R.R. 1999. Analizing change/ gain scores. Dept. Of Physicsn Indiana University. http://physics.indiana.edu.

Hidayah, Y. (2013). Beberapa tipe pendekatan dalam pembelajaran biologi. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8 (1), 20-29.

Irwandi, I., Winarti, A., & Zaini, M. (2018). Jenis penyu laut di Pulau Denawan Kecamatan Pulau Sembilan Kabupaten Kotabaru. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (Vol. 3, No. 1).

Irwandi, Winarti, A, and Zaini, M. (2019). Kepraktisan buku ilmiah populer tentang penyu untuk siswa SMA kawasan pesisir. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (Vol. 4, No. 3, pp. 548-554).

Irwandi, I, Winarti. A, & Zaini. M. (2019). Validitas Buku Ilmiah Populer Penyu Untuk Siswa SMA Kawasan Pesisir. Jurnal Bioedukatika 7 (1): 47-58

Kania, N, Kartimi, A. M. (2013). Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Sains Lokal Melalui Budaya Paraji terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi Kelas XI di SMAN 1 Jatiwangi. Jurnal Scientiae Edukatia, 2 (2): 1-18.

Khanifah, S., Pukan, K. K., & Sukaesih, S. (2012). Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal of Biology Education, 1(1).

Lai, E. R., & Viering, M. 2012. Assesing 21st century skills: integrating research findings. Pearson.

Langgeng, L., Sajidan, S. and Prayitno, B.A., (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Kolaboratif Berbasis Potensi Lokal Dan Implementasinya Pada Materi Tumbuhan Lumut Dan Paku. Inkuiri, 6(1).

Lestari, I., (2015). Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2).

Machin A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 3(1).

Misniyati, A. (2018). Jenis ikan hasil tangkapan nelayan di kawasan pesisir Pantai Tabanio, Kalimantan Selatan. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (Vol. 3, No. 1).

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mumpuni, K.E. (2013). Potensi pendidikan keunggulan lokal berbasis karakter dalam pembelajaran biologi di indonesia. In Prosiding Seminar Biologi (Vol. 10, No. 2).

Mustika, W. and Rahmi, E., (2019). Pengaruh Variasi Mengajar Guru dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IS SMA Pertiwi 1 Padang Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ecogen, 2(4), pp.798-810.

Nugroho, R.A. 2018. HOTS: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-soal. Grasindo, Jakarta.

Rahman, A. & Fauziana. (2018). Analisis Faktor Eksternal Penyebab Kesulitan Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Scientific Approach. MAJU, 5(2)

Ramansyah, W. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Strategi Pembelajaran untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Madura Bangkalan. Jurnal Widyagogik, 1(1).

Siagian, R.E.F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terrhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Subakti, Y.R. (2010). Paradigma Pembelajaran Sejarah Berbasis Konstruktivisme. Jurnal SPPS, 24(1), pp.31-53.

Suparman & Husen, D.N. 2015. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penerapan model problem based learning. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 3(2).

Suwarni, E. (2015). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lokal Materi Keanekaragaman Laba-Laba Di Kota Metro sebagai Sumber Belajar Alternatif Biologi untuk Siswa SMA Kelas X. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 6(2).

Yudasmara, G. A., & Purnami, D. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interakif Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 48(1-3).




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/binov.v1i2.7859

Article Metrics

Abstract view : 1041 times
PDF - 6517 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BIO-INOVED (Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

BIO-INOVED Journal has been Accredited:

 

BIO-INOVED Journal has been Indexed/Abstracted/Listed by:

 

 

Managed by:

MASTER PROGRAM OF BIOLOGY EDUCATION
POSTGRADUATE PROGRAM
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM, Gedung Pascasarjana Lt.2, Kota Banjarmasin,
Kecamatan Banjarmasin Utara, Kode Pos 70123, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia

 

Collaborate with:

 

Journal License:


BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License