Keefektivan Perangkat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui Penelitian Berbasis Perancangan

Muhammad Zaini, Nurul Hidayati

Abstract


Riset Program for International Student Assessment (PISA) yang memfokuskan pada literasi bacaan, matematika, dan IPA memperlihatkan peringkat Indonesia hanya menduduki 10 terbawah dari 65 negara. Riset Trends international Mathematics and Science Study (TIMSS) menunjukkan siswa Indonesia berada pada rangking amat rendah dalam kemampuan 1) memahami informasi yang komplek, 2) teori,analisis dan pemecahan masalah, 3) pemakaian alat, prosedur dan pemecahan masalah dan 4) melakukan investigasi. Salah satu cara yang mungkin dapat mengatasi masalah kelemahan siswa Indonesia adalah memperbaiki perangkat RPP. Penelitian ini bertujuan menentukan keefektivan perangkat RPP IPA-biologi melalui penelitian berbasis perancangan. Penelitian menggunakan Model Tessmer dengan tahapan self evaluation, expert reviews, one-to-one, small group, dan field test sebagai fokus penelitian. Subjek penelitian siswa kelas VIIA berjumlah 40 orang. Jenis data meliputi 1) hasil belajar kognitif, 2) keterampilan kinerja, 3) perilaku berkarakter, 4)  keterampilan sosial, dan 5) keterampilan berpikir kritis. Hasil belajar kognitif melalui tes dianalisis berdasarkan KKM. Keterampilan kinerja melalui pengamatan menggunakan rubrik rincian tugas kinerja. Perilaku berkarakter dan keterampilan sosial melalui pengamatan menggunakan rubrik perilaku berkarakter. Keterampilan berpikir kritis melalui LKS dengan rubrik kuantitatif. Hasil penelitian perangkat RPP efektif digunakan berdasarkan 1) hasil belajar siswa (produk dan proses) telah melampaui ketuntasan klasikal, 2) keterampilan kinerja siswa sangat baik, 3) perilaku berkarakter siswa (disiplin dan tanggung jawab) sangat baik, 4) keterampilan sosial siswa (bekerja sama dan menyumbang ide) sebagian besar sangat baik, dan 5) keterampilan berpikir kritis siswa sudah baik.

Keywords


Perangkat RPP; Keefektivan; Penelitian Berbasis Perancangan

Full Text:

PDF

References


Ali, M. 2009. Pendidikan untuk pembangunan Nasional. Jakarta: Penerbit PT. Imperial Bhakti Utama.

Aktamis, H. & Ergin, O. (2008). The Effect of Science Process Skill Education on Students’ Scientific Creativity, Science Attitudes and Academics Achievement. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 9(1), Article 4, pp. 1-21.

Al Rabadi, I.G.S.; Heyam O.S.; Al Momani & Khetam, I. S. ;Al Rabadi. (2013). The Effect of Using Process Approach on Science Achievement and Scientific Attitudes among Jordanian Basic Stage Students. Journal of Education and Practice www.iiste.org ISSN 2222-1735 (Paper) ISSN 2222-288X (Online), 4(20), 2013, 136-150.

Arsih, F. (2010). Pengembangan LKS IPA Biologi Kelas VIII SMP Berorientasi Pada Pendekatan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Ta’dib, 1(3).

Asyhari, A. T., Sunarno, W. T., & Sarwanto, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Pendidikan Karakter. Inkuiri, 3(01).

Barab, S. & Squire, K. (2004). Design-Based Research: Putting a Stake in the Ground. The Journal of the Learning Sciences,13(1), 1–14.

Blessinger, P. & John M.C. 2015. Inquiry-Based Learning for Multidisciplinary Programs: A Conceptual and Practical Resource for Educators. United Kingdom: Emerald Group Publishing Limited.

Beaumont, J. (2010). A Sequence of Critical Thinking Tasks. TESOL Journal, 1(4), 1-22.

Clark, S. K. (2013). Research by Design: Design- Based Research and the Higher Degree Research Student. Journal of Learning Design 2013, 6(2).

Duran, M. & İlbilge, D. (2016). The Effect of the Inquiry-Based Learning Approach on Student’s Critical-Thinking Skills. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 2016, 12(12), 2887-2908.

Heriningsih, P. D., & Agustini, R. (2014). Pengembangan Perangkat RPP Berkarakter Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Kimia. Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabya 20 September 2014.

Henykartikasari, T., Indriwati. E. S., & Prabaningtyas, S. (2015). Pengembangan Perangkat RPP Berbasis Inkuiri pada Mata Pelajaran Biologi Materi Jamur untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Kelas X SMA Brawijaya Smart School Malang. Jurnal Ilmu Hayati Universitas Negeri Malang (online), 1(1), 1-11 (http://jurnalonline.um.ac.id/article /do/detail-article/1/34/2125. diakses 10 Maret 2016.

Hermawati, N. W. M. (2012). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap penguasaan konsep biologi dan sikap ilmiah siswa SMA ditinjau dari minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan IPA, 2(2).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Koksal, E.A. & Giray B. (2014). The Effect of Guided-Inquiry Instruction on 6th Grade Turkish Students’ Achievement, Science Process Skills, and Attitudes Toward Science. International Journal of Science Education. 36(1), 66-78.

Lohner, S; Van Joolingen, R. Wouter; Savelsbergh, R. Elwin; Wolters, & Bernadette. 2005. Students Reasoning During Modeling in an Inquiry Learning Environment. Computers in Human Behavior 21.

McBride, W. J.; Bhatti, I. M.; Hannan, A. M. & Martin, F. (2012). Using an inquiry approach to teach science to secondary school science teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences 46 (2012) pp. 2327–2333.

Nuh, M. 2013. Materi Pelatihan Guru (Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

National Research Council. 2011. Committee on the Assessment of 21st Century Skills. Assessing 21st Century Skills: Summary of a Workshop. Washington (DC): National Academies Press (US).

OECD Programme for International Student Assessment. 2015. PISA 2015 Released Field Trial Item Kognitif. Doc: CY6_TST_PISA 2015 FT Released Cognitive Items.

Plomp, T. & Nieveen, N. (2007). An Introduction to Educational Design Research. Proceedings of the seminar conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China), November 23-26, 2007, pp. 9-36.

Plomp, T. & Nieveen, N. 2013. Educational Design Research. In T. Plomp, & N. Nieveen (Eds.), Part A: An introduction. Enschede, the Netherlands: SLO.

Rawson, C., & Hughes-Hassell, S. (2015). Research by design: The promise of design-based research for school library research. School Libraries Worldwide, 21(2), 11-25.

doi:http://dx.doi.org/10.14265.21.2.002.

Richey, R. C., & Klein, J. D., 2014. Design and development research: Methods, strategies, and issues. Routledge.

Ritland, B. B. (2003). The Role of Design in Research: The Integrative Learning Design Framework. Educational Researcher, 32 (1), 21–24.

Rotherham, A. J., & Willingham, D. (2009). 21st Century Skills: the challenges ahead. Educational Leadership. 67(1), 16 - 21.

Rinarta, I N.; Yuanita L. & Widodo, W. (2014). Pengembangan Perangkat RPP Model Inkuiri untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika (online), 2(2), 70-88, (http://fkip:ummetro.ac.id/journal/index.php/fisika/article/view/125/107) diakses, 9 Maret 2016.

Rohmawati, A. N. (2013). Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu dengan Model Pembelajaran Inquri pada Tema Mata di SMPN 1 Maduran Lamongan. Jurnal Online Universitas Negeri Surabaya, http://ejournal.unesa.ac.id (diakses 13 Februari 2015)

Rosmalina, I. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inquiri pada Konsep Ekosistem Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa MTs Darul Istiqamah Putri Barabai. Tesis Magister Pendidikan Biologi Unlam Banjarmasin, tidak diterbitkan.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, W. 2006. Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setiawati, R. (2013). Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Mengoptimalkan Sikap Ilmiah Peserta Didik pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis di SMA N 8 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 24-27.

Shoimin, A. 2014. Model Pembelajarn Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Ar-Ruz Media,

Sugandi, A. 2008. Teori Pembelajaran. Semarang: Unnes Press.

Sukmadinata, N. S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.

Sukamsyah, S. (2011). Upaya Peningkatan Hasil Belajar dengan Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Tipe A pada Konsep Kalor Siswa Kelas VII SMP N 5 Seluma. EXACTA, 9(1), 38-44.

Sutama, I N.; Aryana, P. B. & Swasta, J. B. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kinerja Ilmiah pada Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Amlapura. Jurnal Penelitian Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (online). 4(1) (http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_ipa/article/viewFile/1091/839, diakses 19 Maret 2016)

Syatra, N.Y. 2013. Desain Relasi Efektif Guru dan Murid. Jogjakarta: Penerbit Buku Biru.

Tessmer, M. 1993. Planning and conducting formative evaluations: Improving the quality of education and training. London: Kogan.

Tessmer, M. 1998. Planning and Conducting Formative Evaluations. London: Kogan Page.

Uno, H. B & Mohammad, N. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Penerbit PT. Bumi Aksara.

Trian, A. E.; Haryani, S. & Mantini, S. R.S. (2013). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berkarakter pada Tema Pengelolaan Lingkungan untuk Kelas VII SMP. Unnes Science Education Jurnal (online), 2(2), 269-273.

(htpp://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej) diakses: 14 Maret 2016

Zaini, M. (2016). Guided Inquiry Based Learning on the Concept of Ecosystem toward Learning Outcomes and Critical Thinking Skills of High School Students. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME) e-ISSN: 2320–7388, p-ISSN: 2320–737X 6th.ed. 6(VIII), 50-55 www.iosrjournals.org.

Zaini, M. & Supiati. (2017). Developing Learning Device on Environment Pollution Topic in Senior High School. Article number 31887-TSS. The Social Sciences, Medwell Journal Scientific Research Publishing Company. 12(12), 2269-2276.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/binov.v1i2.7860

Article Metrics

Abstract view : 1667 times
PDF - 4850 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BIO-INOVED (Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

BIO-INOVED Journal has been Indexed/Abstracted/Listed by:

 

Managed by:

MASTER PROGRAM OF BIOLOGY EDUCATION
POSTGRADUATE PROGRAM
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM, Gedung Pascasarjana Lt.2, Kota Banjarmasin,
Kecamatan Banjarmasin Utara, Kode Pos 70123, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia

Email: pendidikan.biologi.s2@ulm.ac.id

 

Journal License:


BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License