Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Komunikasi Siswa Homeschooling melalui Implementasi CIRC pada Materi Sistem Ekskresi

Nurul Hidayati Utami

Abstract


Sekolah dengan sistem homeschooling membantu siswa meraih akademik dan interaksi sosial. Implementasi pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berpikir analisis dan komunikasi setiap siswa, Salah satu cara yang tepat untuk menerapkan CIRC. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan analisis dan komunikasi siswa kelas XI Homeschooling. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek adalah siswa homeschooling. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator kemampuan untuk menganalisis dan berkomunikasi dikembangkan. Hasil penelitian adalah 1) Model CIRC dapat meningkatkan keterampilan analitis siswa di kelas XI IPA. Rata-rata siklus 1 adalah 71 dan siklus 2 adalah 76,83, tetapi hanya satu siswa yang dikategorikan lulus sesuai dengan standar yang ditetapkan. 2) keterampilan komunikasi dikategorikan baik.

Keywords


Analisis; Komunikasi; Homeschooling; CIRC; Sistem Eksresi

Full Text:

PDF

References


Anderson, Lorin & David Krathwol. (2011). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (versi terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar Sanjaya.

Arends, Richard. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Buku Dua. (Penerjemah: Helly Prayitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Brookhart, Susan. (2010). How To Asses Higher Order Thinking Skill Your Classroom. USA: ASCD Pubs.

Hayati N, S. Zubaidah & S. Mahanal (2015). Penerapan Model Pembelajaran Biologi berbasis Reading Concept Map Cooperative Integrated Reading a nd Composition (Remap CIRC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Malang: Symbion (Symposium on Biology Education) Universitas Ahmad Dahlan.

Kemmis, S. & Mc. Taggart R. 1992. The action research planner (Australia: Deakin University Press) pp 273.

Parmawati, A. (2015). The Effectiveness Of Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) To Teach Writing Viewed From Students’ Creativity. 3,9.

Rahmayani, Sinambela, M & Rosida (2017). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia Kelas Xi Mia SMA Negeri 16 Medan. Jurnal Pelita Pendidikan 5(2), 11: 055-065.

Ray, D. Brian, 2015. Research Facts On Homeschooling. Online [Https://Files.Eric. Ed.Gov/Fulltext/Ed556234.Pdf]. Diakses Tanggal 20 November 2018.

Razi, A. (2016). Homeschooling: An Alternative Education In Indonesia. International Journal Of Nusantara Islam, 4(2), 75–84.

Https://Doi.Org/10.15575/Ijni.V4i2.973

Riefani M.K & N. H. Utami. (2017). The Assesment Of High Order Thinking Skills Of Undegrraduated Biology Department. Proceedings of the 5th SEA-DR (South East Asia Development Research) International Conference (SEADRIC)

Ristanto, R. H., Zubaidah, S., Amin, M., & Rohman, F. (2018). The potential of cooperative integrated reading and composition in biology learning at higher education. International Journal of Educational Research Review, 3(1), 50-56.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorintasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Slavin, Robert R. 2008. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media

Subali, Bambang. (2013). Kemampuan Berpikir Divergen dan Berpikir Kreatif Dalam Keterampilan Proses Sains (Contoh Kasus Dalam Mata Pelajaran Biologi). Yogyakarta: UNY Press

Utami. N. H (2019). Implementasi Pembelajaran Biologi Melalui TPS Pada Siswa Homeschooling Untuk Mengembangkan Kemampuan Berkomunikasi dan Aktivitas Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Fisika Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, pp. 303-308.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/binov.v1i2.7861

Article Metrics

Abstract view : 782 times
PDF - 649 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BIO-INOVED (Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

BIO-INOVED Journal has been Accredited:

 

BIO-INOVED Journal has been Indexed/Abstracted/Listed by:

 

 

Managed by:

MASTER PROGRAM OF BIOLOGY EDUCATION
POSTGRADUATE PROGRAM
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM, Gedung Pascasarjana Lt.2, Kota Banjarmasin,
Kecamatan Banjarmasin Utara, Kode Pos 70123, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia

 

Collaborate with:

 

Journal License:


BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License