Validitas Buku Etnobotani Tumbuhan Maranthes corymbosa di Kawasan Hutan Bukit Tamiang Kabupaten Tanah Laut

Guntur Al Ghani, Dharmono Dharmono, Sri Amintarti

Abstract


Validasi diartikan sebagai suatu tindakan pembuktian dengan cara yang sesuai bahwa tiap bahan, proses, prosedur, kegiatan, sistem, perlengkapan atau mekanisme yang digunakan dalam produksi dan pengawasan akan senantiasa mencapai hasil yang diinginkan. Buku yang divalidasi adalah buku ilmiah populer tumbuhan Maranthes corymbosa di kawasan hutan bukit Tamiang Kabupaten Tanah Laut. Validator terdiri dari 2 orang ahli dari Universitas Lambung Mangkurat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dari buku ilmiah populer Maranthes corymbosa. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model education design research (EDR) dengan evaluasi uji formatif Tessmer. Adapun hasil yang didapatkan dari uji validasi oleh 2 validator ahli terhadap buku ilmiah populer Maranthes corymbosa adalah sangat valid dengan skor 91,3%.

Keywords


Validitas; Buku Ilmiah Populer; Maranthes corymbosa

Full Text:

PDF

References


Dalman, (2012). Menulis Karya Ilmiah. Bandar Lampung: UM Lampung Press.

Dharmono, D. (2018). Kajian Etnobotani Tumbuhan Jalukap (Centella Asiatica L.) Di Suku Dayak Bukit Desa Haratai 1 Loksado. Bioscientiae, 4(2).

Dharmono, Syahdi, N., & Muchyar. (2017). The development of handout on palm tree population structure at Rampah Manjangan Waterfall. In Proceedings of the 5th SEA-DR (South East Asia Development Research) International Conference 2017 (seadric 2017). Universitas Lambung Mangkurat: Banjarmasin.

Dianto, Icol. (2019). Penulisan Ilmiah Murni dan Populer. Al-Mau’izhah, 5(1).

Fajrin, A., Halang, B., & Mahrudin, M. (2019). Jenis dan kerapatan burung trinil (Tringa sp.) di kawasan Desa Sungai Rasau Kabupaten Tanah Laut sebagai handout materi pengayaan mata kuliah Ekologi Hewan. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL LINGKUNGAN LAHAN BASAH (Vol. 4, No. 3, pp. 516-522).

Fitriansyah. (2018). Validitas buku ilmiah populer tentang Echinodermata di Pulau Sembilan Kotabaru untuk Siswa SMA Kawasan Pesisir. Jurnal BIOEDUKATIKA. 6(1), 31-39.

Hardiansyah, H., Camelia, D., & Mahrudin, M. (2018). Jenis Dan Kerapatan Burung Dara Laut (Famili Sternidae) Di Kawasan Desa Sungai Rasau Kecamatan Bumi Makmur Sebagai Handout Materi Pengayaan Biologi Sma Kelas X. in The Innovation of Chemistry Education in Confronting Disruption Era to Build Excellent and Productive Generation, Aula Rektorat 1 ULM Banjarmasin. (In Press)

LIPI. (2017). Panduan Penelaahan dan Penilian Naskah Buku Ilmiah. LIPI Press: Jakarta

Maharani, Si. (2017). Uji Toksitas Fraksi Metanol dan n-Heksan Ekstrak Daun Bintaro (Cerbera odollam G.) terhadap Mortalitas Ulat Grayal (Spodotera litura F.) dan Pemanfaatanya sebagai Buku Ilmiah Populer. Universitas Jember, Jember

Martin, G. J. (1995). Etnobotani: Sebuah Manual Pemeliharaan Manusia dan Tumbuhan. Edisi Bahasa Melayu Terjemahan Maryati Mohamed, Natural History Publications (Borneo) Sdn. Bhd. Kinabalu. Sabah. Malaysia.

Nurdyansyah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Plomp, T., & Nieveen, N. (2007). An introduction to educational design research. In Proceedings of the seminar conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China) (pp. 23-26).

Puslitjaknov, Tim. (2008). Metode Penelitian Pengembangan. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta

Putri. (2017). etnobotani untuk upacara adat masyarakat Madura di daerah Kaki Gunung Ijen Bondowoso dan pemanfaatannya sebagai buku ilmiah populer. Universitas Jember, Jember

Radam, R., Soendjoto, M. A., & Prihatiningtyas, E. (2017). Pemanfaatan tumbuhan yang berkhasiat obat oleh masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. In Prosiding Seminar Nasional Lahan Basah (Vol. 2016, No. 2, pp. 486-492). Lambung Mangkurat University Press, Banjarmasin

Setiawan, M. (2017). Pengembangan Buku Ilmiah Populer untuk Masyarakat Pencinta Alam Melalui Eksplorasi Tumbuhan Survival di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Suparman, M.A. (2012). Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan: Desain Instruksional Modern. Erlangga, Jakarta.

Suwarni, E. (2015). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lokal Materi Keanekaragaman Laba-Laba Di Kota Metro sebagai Sumber Belajar Alternatif Biologi untuk Siswa SMA Kelas X. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 6(2).

Tessmer, M., Jonassen, D. (1993). Evaluating computer-based training for repurposing to multimedia: A case study. Paper presented at the annual meeting of the Association for Educational Communications and Technology, New Orleans, LA.

Walujo, E. B. (2017). Sumbangan ilmu etnobotani dalam memfasilitasi hubungan manusia dengan tumbuhan dan lingkungannya. Jurnal Biologi Indonesia, 7(2).

Wibowo, S. (1994). Budidaya Bawang Putih, Bawang Merah, Bawang Bombay. Penebar Swadaya, Jakarta. Hlm, 179.

Zahro. (2015). Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Cetakan ke-1. Yrama Widya, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/binov.v1i2.7862

Article Metrics

Abstract view : 1315 times
PDF - 769 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 BIO-INOVED (Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

BIO-INOVED Journal has been Accredited:

 

BIO-INOVED Journal has been Indexed/Abstracted/Listed by:

 

 

Managed by:

MASTER PROGRAM OF BIOLOGY EDUCATION
POSTGRADUATE PROGRAM
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM, Gedung Pascasarjana Lt.2, Kota Banjarmasin,
Kecamatan Banjarmasin Utara, Kode Pos 70123, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia

 

Collaborate with:

 

Journal License:


BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License