Kepraktisan Handout Struktur Populasi Tumbuhan Rawa dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi

Dharmono Dharmono, Mahrudin Mahrudin, Maulana Khalid Riefani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kepraktisan Handout struktur populasi tumbuhan rawa dalam meningkatkan ketrampilan berfikir kritis mahasiswa Pendidikan Biologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah EDR melalui uji formatif Tessmer dengan subjek penelitian 30 mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Data kepraktisan meliputi kepraktisan isi, respon mahasiswa. Data penelitian dianalisa secara diskriptif  berdasarkan katagori. Hasil penelitian terhadap respon mahasiswa dan hasil observasi keterlaksanaan Handout menunjukkan bahwa Handout yang dikembangkan sangat praktis digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah Ekologi Tumbuhan pada konsep populasi.

Keywords


Kepraktisan; Handout; Keterampilan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dewi, L., Asep, H.H., dan Permasih. (2010). Pengembangan Bahan Ajar. Artikel File.upi.edu/Direktori/FIP/

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dharmono, Ahmad Sofyan, Wahyu¸ Herita Warni. (2013). The Profile of Indigenous Knowledge Dayaks Bakumpai Barito Kuala District in the Management of the Diversity of Plants in the area of the flow of Streams and Swamps. International Journal of Wetland Environmental and Management, Unlam Press.

Dharmono, Herita W., Mahrudin. (2014). Pengembangan modul Ekologi Lahan Basah yang dapat diajarkan di SMA sebagai mata pelajaran muatan lokal dalam upaya pembentukan kader konservasi lahan rawa. Lemlit Unlam.

Dharmono, Setiono, H., Muchyar. (2015). Struktur Populasi Alstonia scholaris (L) R.Br di Kawasan Air Terjun Bajuin Tanah Laut. Jurnal Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajarannya, 112, 746-751.

Dharmono, Riefani M.K, Mahrudin. (2016). The Structure of The Population of Region of Kalang Village. Article of The 1st International Conference on Innovation And Commercialization of Forest Product”. Lambung Mangkurat University, Faculty of Forestry.

Dharmono, dan Mahrudin,. (2017). Pengembangan Handout Struktur Populasi Tumbuhan Kawasan Tepi Sungai Maluka Kabupaten Tanah Laut Pada Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan. Prosiding Seminar Nasional, Pascasarjana Pendidikan Sains Universitas Negeri Surabaya.

Dharmono, Noor. S, Muchyar. (2017). The Development of Handout On Palm Tree Population Structure At Rampah Manjangan Waterfall. Proceeding Of The 5th SEA-DR International Conference 2017.

Dharmono, Mahrudin. (2018). Pengembangan Handout Populasi Tumbuhan Hutan Pantai Tabanio Sebagai Materi Pengayaan Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan. Prosiding Seminar Nasional Lahan Basah LPPM Universitas Lambung Mangkrat 2018.

Dharmono, Rifani, M.K, (2019). Kepraktisan dan Keefektifan Handout Populasi Tumbuhan Hutan Pantai Tabanio Sebagai Materi Pengayaan Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan. Jurnal Wahana-bio (Jurnal Biologi dan Pembelajarannya), 11(1).

Ibrahim, M., dan Subali, B. (2017). Pengembangan Bahan Ajar dan Pengembangan Instrument Pengukuran Pembelajaran Biologi. Banjarmasin: ULM Press.

Kartini, dan Liliasari (2012). Pengembangan Alat Ukur Berfikir Kritis. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1 (2).

Mohamed, M.Z., Abu Bakar, N. (2015). Production E-Glossary as Mobile Learning (M-Learning) Among The Students of Polytechnic. International Journal of Vocational Education and Training Research. Vol. 1, No. 3, 2015.

Nieveen, N. (1999). Design Upproaches and Tool in Educational and Training: Prototyping to Reach Product Quality.

Nomleni (2017). Pengembangan sumber belajar berbentuk e-Book Ekologi untuk meningkatkan berfikir kritis mahasiswa biologi. Library.um.ac.id › free-contents › index.php › publication › roh.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Penerbit DIVA Press.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Satrio. (2008). Pengertian Efektifitas. http://id.shyoong.com/ businnes-management/human-resources/pengertian efektifitas//. (Diakses 20 April 2015)

Martaida, T. Nurdin B., dan Eva, M. Ginting. (2017). The Effect of Discovery Learning Model on Student’s Critical Thinking and Cognitive Ability in Junior High School. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME) e-ISSN: 2320–7388,p-ISSN: 2320–737X Volume 7, Issue 6 Ver. I (Nov. – Dec. 2017).

Tessmer, M. (1998). Planning and Conduction Formative Evaluations, Improving the Quality of Education and Training. London: Kogan Page.

Tessmer, M. (2014). Paradigma Penelitian Desain dan Pengembangan. httpmartinis1960.blog. (Diakses 3 Maret 2018).

Yarmalinda D, Aldina Eka Andriani, Sufi Dwimasani. (2017). Penerapan Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Ekosistem dalam Menghadapi MEA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains PPs Unesa Tahun 2017.

Zaini, M. (2016). Urgensi Penelitian Pengembangan dalam Menggali Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA “Mengembangkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pembelajaran IPA” Oktober 2016, ISBN: 978-602-60213-0-4.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/binov.v1i2.7864

Article Metrics

Abstract view : 3608 times
PDF - 2335 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BIO-INOVED (Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

BIO-INOVED Journal has been Accredited:

 

BIO-INOVED Journal has been Indexed/Abstracted/Listed by:

 

 

Managed by:

MASTER PROGRAM OF BIOLOGY EDUCATION
POSTGRADUATE PROGRAM
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM, Gedung Pascasarjana Lt.2, Kota Banjarmasin,
Kecamatan Banjarmasin Utara, Kode Pos 70123, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia

 

Collaborate with:

 

Journal License:


BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License