Student Worksheets Microbial Concepts Based On Urban Wetlands to Improve Critical Thinking Skills at High School Levels
Abstract
Abstrak
Implementasi Kurikulum 2013 umumnya telah menggunakan model-model yang direkomendasikan, namun peran LKPD yang digunakan dalam proses pembelajaran masih belum memfasilitasi keterampilan berpikir kritis (KBK) peserta didik. Penelitian bertujuan mengevaluasi validitas, kepraktisan,dan keefektifan LKPD hasil pengembangan pada konsep-konsep dunia mikroba berbasis lahan basah perkotaan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Pengembangan LKPD dilakukan 2 fase; fase penelitian pendahuluan dan fase prototipe dengan menggunakan desain Tessmer. Validasi isi menggunakan instrumen lembar penilaian validasi. Data kepraktisan isi menggunakan instrumen lembar penilaian terhadap struktur LKPD. Data kepraktisan (harapan dan actual) dikumpulkan menggunakan instrumen lembar kepraktisan yang diperoleh dari respon peserta didik terhadap isi LKPD. Data keefektifan (harapan dan aktual) diperoleh berdasarkan hasil KBK, keterampilan inter-personal (kerjasama) dan keterampilan intra-personal (bertanggung jawab). Teknik analisis data dengan menghitung persentase validasi mengacu pada Akbar (2017), uji kepraktisan dan uji keefektifan dengan kriteria mengacu pada Purwanto (2012). Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD valid, namun LKPD yang dikembangkan praktis digunakan dengan kepraktisan isi dan kepraktisan harapan yang berkategori baik. LKPD dinyatakan efektif digunakan berdasarkan hasil KBK, keterampilan inter-personal (kerjasama), dan keterampilan intra-personal (teliti) maupun nilai keefektifan harapan juga berkategori baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya Offset. Bandung.
Andriyatin R., Rosidin, U., & Suana, W. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Model Problem Based Learning Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3): 39-50. (Online) tersedia di http://jurnal.fkip.unila.ac.id. Diakses pada tanggal 16 Agustus 2019.
Damayanti, D. S., Ngazizah, N., & Setyadi K, E. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 58-62.
Daryanto., & Syaiful Karim. (2017). Pembelajaran Abad ke-21. Yogyakarta: Gava Media
Dewi, N. P. S. R., Wibawa, I. M. C., & Devi, N. L. P. L. (2017). Kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses dalam pembelajaran siklus belajar 7e berbasis kearifan lokal. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 125-133.
Facione, P.A (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts (eds). Hermosa Beach, CA: Measured Reasons LLC. ISBN 13: 978-1-891557-07-1.
Facione, Peter A .2011. Critical Thinking: What It Is and Why it Counts. California. Academic Press. Insight Assessment. [online]. Tersedia: https://www. nyack.edu/files/CT_What_Why_2013.pdf. Diakses pada Tanggal 30 Juli 2019.
Hendrik, H., & Elmansyah, T. (2018). Meningkatkan Keterampilan Interpersonal Melalui Konseling Teman Sebaya Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Segedong. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 3(1), 22-26.
Iqbal, M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Pendekatan Kontekstual Ditinjau dari Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis. (Online) tersedia di digilib.unila.ac.id. Diakses pada 1 Agustus 2019.
Kemendikbud, R. I. 2013. Kurikulum 2013, Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA). Jakarta.
Kusnandar, A. (2008). TIK Untuk Pembelajaran. Modul. Pusetkom. Jakarta: Depdiknas.
Majid, Abdul & Rochman, Abdul. (2015). Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mayasari, H., Syamsurizal, & Maison. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Karakter melalui Pendekatan Saintifik pada Materi Fluida Statik untuk Sekolah Menengah Atas. Jurnal Edu-Sains, 4(2): 30-36. (Online) tersedia di https://online-journal.unja.ac.id. Diakses pada tanggal 17 Agustus 2019.
Natalina, M., & Yusuf, Y. (2013). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII7 SMP Negeri 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2012/2013. BIOGENESIS (Jurnal Pendidikan Sains dan Biologi), 9(2), 28-38.
National Research Council. (2011). Assessing 21st Century Skills: Summary of a Workshop. J.A. Koenig, Rapporteur. Committee on the Assessment of. 21st Century Skills. Board on Testing and Assessment, Division of Behavioral and Social Science and Education. Washington, DC: The National Academic Press.
Plomp, T. & Nieveen, N. M. (2007). An Introduction to educational design research: Proceedings of the seminar conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China), November 23-26, 2007. Stichting Leerplan Ontwikkeling (SLO).
Safitri, D & Zaini, M. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Konsep Protista Untuk Melatihkan Keterampilan Proses dan Keterampilan Kinerja Kelas X Madrasah Aliyah. Prosiding Seminar Nasional "Mengubah Karya Akademik Menjadi Karya Bernilai Ekonomi Tinggi". (pp. 120-133).
Suryawati, E., Almansyahnis, Hamzah, A. & Hayati, E. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Biologi SMA Berbasis Pendekatan Ilmiah Untuk Menngkatkan Keterampilan Berpikir Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 91-99.
Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. London: Routledge.
Trilling, B. & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco: Jossey-Bass A Wiley Imprint
Zaini, M., & Asnida, D. J. (2016). The development of science-biology learning instrument oriented to mangrove forest for junior high school students. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 12, No. 1, pp. 134-141).
Zaini, M. (2018). Penelitian Desain Pendidikan Aplikasi Teori Ke dalam Praktik. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka
Zulyusri, Z., Sumarmin, R. & Miswati, M. (2017). Pengembangan Soal Biologi Berbasis Literasi Sains Untuk Siswa SMA Kelas X Semester 1. Bioeducation, 1(1), 88-94.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v2i1.8154
Article Metrics
Abstract view : 1477 timesPDF - 1452 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Managed by: |
Journal License: |