Work Sheet Development of High School Students Biology Based on Critical Thinking Skills on the Motion Systems Concept

Widiya Rahimah, Muhammad Zaini, Bunda Halang

Abstract


One of the demands in 21st-century education is critical thinking skills that are considered still lacking. The 2013 curriculum learning process includes three domains, namely affective (attitude), cognitive (knowledge), and psychomotor (skills). One of the learning tools that need to be improved to achieve the 2013 curriculum goals is LKPD. This study aims to develop a student worksheet that is valid, practical, and effective. The research method used is the Tessmer design includes expert review, one-to-one, and small group evaluation. The validation subjects were three experts, the individual test subjects were three students of class XI SMAN 6 Banjarmasin, and the smalls group test subjects were six students of class XI SMAN 6 Banjarmasin. The results showed that LKPD obtained an average score of 3.25 (valid), the practicality of the content has an average score of 3.82 (good), the practicality of expectations obtained an average score of 90.48% (very good), and the effectiveness of the expectations has a very good category and good category. The score of interpersonal skills 86.17% (very good), and scores of intrapersonal skills 84.33% (very good).

Abstrak

Salah satu tuntutan dalam pendidikan abad ke-21 ialah  keterampilan berpikir kritis yang dianggap masih kurang. Proses pembelajaran kurikulum 2013 mencakup tiga ranah, yaitu afektif (sikap), kognitif (pengetahuan) dan psikomotorik (keterampilan). Salah satu perangkat pembelajaran yang perlu diperbaiki agar tercapai tujuan kurikulum 2013 ialah LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu desain Tessmer meliputi expert review, one-to-one, dan small group evaluation. Subjek validasi adalah 3 orang ahli, subjek uji perorangan adalah 3 orang peserta didik kelas XI SMAN 6 Banjarmasin, dan subjek uji kelompok kecil adalah 6 orang peserta didik kelas XI SMAN 6 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan LKPD memperoleh skor rata-rata 3,25 (valid), kepraktisan isi memperoleh skor rata-rata 3,82 (baik), kepraktisan harapan memperoleh skor rata-rata 90,48% (sangat baik), dan keefektifan harapan memperoleh kategori sangat baik dan kategori baik. Skor keterampilan interpersonal 86,17% (sangat baik), dan skor keterampilan intrapersonal 84,33% (sangat baik).


Keywords


Development research; Student worksheets; Motion systems

Full Text:

PDF

References


Akbar, S., & Sriwiyana, H. (2010). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Cipta Media.

Andriyatin R., Rosidin, U., & Suana, W. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Model Problem Based Learning Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 39-50. (Online) tersedia di http://jurnal.fkip.unila.ac.id. Diakses pada tanggal 16 Agustus 2019

Anggraini, W., Anwar, Y., & Madang, K. (2016). Pengembangan LKPD (LKPD) Berbasis Learning Cycle 7E Materi Sistem Sirkulasi pada Manusia untuk Kelas XI SMA. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya, 3(1), 49-57.

Kusnandar, A. (2008). TIK Untuk Pembelajaran. Jakarta: Modul Pusetkom. Depdiknas.

Manisa, T., Aryati, E., & Marlina, R. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Submateri Sistem Pernapasan Manusia Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 6(11).

Mayasari , Tantri., Asep Kadarohman, Dadi Rusdiana, & Ida Kaniawati. (2016). “Apakah Model Pembelajaran problem Based Learning dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad ke-21?”. JPFK. 2 (1), 48-55.

Misniyati, A., Zaini, M., & Kaspul. 2016. Keterampilan Proses dan Keterampilan Kinerja Siswa Dalam Pembelajaran Konsep Archaebacteria dan Eubacteria Kelas X Madrasah Aliyah. Prosiding Seminar Nasional Lahan Basah ULM, Banjarmasin. Hlm: 695-702.

Murdiyani, I. (2012). Pembelajaran Biologi Menggunakan Metode E-Learning Berbasis Multiple Intelligences Pada Materi Sistem Gerak Manusia. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology. 1(1).

Nabila, Aufa. (2019). Pengembangan LKPD Biologi SMA Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Konsep Jamur. Skripsi sarjana. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Tidak dipublikasikan

National Research Council. (2011). Assesing 21st Century Skills : Sumarry of a Workshop. J.A. Koenig, Rapportour. Committee on the Assessment of. 21st Century Skills. Board on Testing and Assesment, Division of Behavioral and Social Scince and Education. Washington, DC: The National Academic Press.

NEA (National Education Association). (2012). Preparing 21st Century Students for a Global Society: An Educator’s Giude to the “Four Cs”. Alexandria, VA: National Education Association.

Novitayani, Anni. (2019). Pengembangan LKPD Biologi SMA Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Konsep Sistem Ekskresi. Skripsi sarjana. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Tidak dipublikasikan

Oktarinah, O. & Wiyono, K. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Pembelajaran Proyek Materi Alat-Alat Optik Untuk Kelas X SMA. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 80-85.

Permatasari, B., Nyeneng, I. D. P., & Wahyudi, I. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis POE Untuk Pembelajaran Fisika Materi Momentum dan Impuls SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 6(1), 4-57.

Permendikbud Republik Indonesia Nomor 69. (2013). Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Diakses melalui http://bsnpindonesia.org/2013/06/20/permendikbud-tentang-kurikulum-tahun-2013/ pada tanggal 16 Mei 2019.

Rahmina, Noor. (2019). Pengembangan LKPD Biologi SMA Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Konsep Sistem Reproduksi. Skripsi sarjana. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Tidak dipublikasikan

Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan: Konsep, Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Tessmer, M. (1993). Planning And Conducting Formative Evaluations. London: Routledge.

Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Konstektual (Countextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka.

Utami, M. S., Widowati, A., & Nurohman, S. (2017). Pengembangan Virtual Laboratory Ipa Berpendekatan Guided Inquiry Materi Gerak Pada Tumbuhan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik Kelas Viii Smp Development Of Science Virtual Laboratory Within Guided Inquiry Approach In Theme Plant Movement To Improving Student Analytical Thingking Skill For Junior High School On Grade 8. Pend. Ilmu Pengetahuan Alam-S1, 6(5), 290-295.

Wulandari, Wiwin (2019). Pengembangan LKPD Biologi SMA Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Konsep Sistem Gerak. Skripsi sarjana. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Tidak dipublikasikan.

Zahroh, S. M. & Sudira, P. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Keterampilan Generik Komunikasi Negosiasi Siswa SMK Dengan Metode 4-D. Jurnal Pendidikan Vokasi. 4(3), 379-390.

Zaini, M. (2018). Penelitian Desain Pendidikan Aplikasi Teori ke dalam Praktik. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v2i2.8474

Article Metrics

Abstract view : 122 times
PDF - 148 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

BIO-INOVED Journal has been Accredited:

 

BIO-INOVED Journal has been Indexed/Abstracted/Listed by:

 

 

Managed by:

MASTER PROGRAM OF BIOLOGY EDUCATION
POSTGRADUATE PROGRAM
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM, Gedung Pascasarjana Lt.2, Kota Banjarmasin,
Kecamatan Banjarmasin Utara, Kode Pos 70123, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia

 

Collaborate with:

 

Journal License:


BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License