Booklet Types of Macroscopic Fungi Riverbanks Nature Tourism Kembang River for Senior High School

Difa Pertiwi Krismadana, Sri Amintarti, Aulia Ajizah

Abstract


Media in biology learning is one of the means so that students understand the concept of biology in a broad sense. This encourages researchers to develop learning media in the form of macroscopic fungi booklets. This study aims to describe the characteristics and identify the types of macroscopic fungi found on the banks of the Kembang River natural tourism river and to describe the results of the validity of the macroscopic fungi booklet on the banks of the Kembang River natural tourism river as a learning medium for high school students. This research uses the descriptive method and 4D development method. The results showed that the characteristics of macroscopic fungi can be seen from the shape of the hood, the surface of the hood, its hymenophores, the shape of the stem, color, presence or absence of annulus and odor, and the type of substrate where the fungus grows. Macroscopic fungi found on the banks of the Sungai Kembang Nature Tourism river are divided by taxon level into 2 divisions, 3 classes, 4 orders, 6 familia, 8 genera, and 17 species. Utilization of research results on types of macroscopic fungi on the banks of the Kembang River natural tourism river is then presented in the form of a booklet (learning media) which gets an average expert validity of 82.10% with very valid criteria and suitable for use as a learning medium.

Abstrak

Media dalam pembelajaran Biologi merupakan salah satu sarana agar peserta didik memahami konsep pada Biologi secara luas. Hal tersebut mendorong peneliti untuk mengembangkan media pembelajaran berupa booklet  materi jamur makroskopis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik dan mengidentikasi jenis jamur makroskopis yang ditemukan di bantaran sungai wisata alam Sungai Kembang serta mendeskripsikan hasil validitas Booklet  jamur makroskopis di bantaran sungai wisata alam Sungai Kembang sebagai media pembelajaran siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan metode pengembangan model 4D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik jamur makroskopis dapat dilihat dari bentuk tudung, permukaan tudung, hymenophorenya, bentuk batang, warna, ada tidaknya annulus dan bau, serta jenis substrat tempat tumbuhnya jamur. Jamur makroskopis yang ditemukan di bantaran sungai Wisata Alam Sungai Kembang yang terbagi berdasarkan tingkatan taksonnya menjadi 2 divisio, 3 kelas, 4 Ordo, 6 Familia, 8 genus, dan 17 species. Pemanfaatan hasil penelitian jenis-jenis jamur makroskopis di bantaran sungai wisata alam Sungai Kembang kemudian disajikan dalam bentuk booklet  (media pembelajaran) yang mendapat hasil rata-rata validitas ahli 82,10% dengan kriteria sangat valid dan layak digunakan sebagai salah satu media belajar.


Keywords


Learning Media; Booklet; Macroscopic Fungi; Kembang River Nature Tourism; Validity

Full Text:

PDF

References


Administrator. (2016, Agustus 26). Wilayah desa. Retrieved from awangbangkalbarat.info: https://awangbangkalbarat.info

Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Amintarti, S. A. (2019). Pengembangan Media Gambar Alga Mikroskopis Sebagai Penunjang Mata Kuliah Botani Tumbuhan Rendah. Jurnal Wahana Bio,11(1), 10-21.

Andreansyah. (2015). Pengembangan Booklet sebagai Media Pembelajaran Geografi pada Materi Dinamika Litosfer dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan di Muka Bumi Kelas X di SMA Negeri 12 Semarang Tahun 2015. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial, Geografi, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.

Dwidjoseputro, D. (1978). Pengantar Mikologi, edisi kedua. Bandung: Penerbit Alumni.

Fadli, R., Sartono, N., & Suryanda, A. (2017). Pengembangan Kamus Berbasis Sistem Operasi Telepon Pintar Pada Materi Biologi SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 8(2), 10-17.

Istifarida, B., Santoso, S., & Yusuf, Y. (2017). Pengembangan E-Book Berbasis Problem Based Learning-Gis Untuk Meningkatkan Kecakapan Berfikir Keruangan Pada Siswa Kelas X SMA N 1 Sragen 2016/2017. Jurnal GeoEco, 3(2), 133- 144.

Lia, R. M., Udaibah, W., & Mulyatun. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berorientasi Etnosains Dengan Mengangkat Budaya Batik Pekalongan. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1418-1423.

Nasution, F., Rahayu Prasetyaningsih, S., & Ikhwan, M. (2018). Identifikasi Jenis Dan Habitat Jamur Makroskopis Di Hutan Larangan Adat Rumbio Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Wahana Forestra: Jurnal Kehutanan, 13(1), 64-76. doi:https://doi.org/10.31849/forestra.v13i1.1556

Panjaitan, R. G. P., Titin, T., & Wahyuni, E. S. (2021). Kelayakan Booklet Inventarisasi Tumbuhan Berkhasiat Obat sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(1), 11-21.

doi: https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.17966

Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2018). Pengembangan booklet hasil inventarisasi tumbuhan obat sebagai media pembelajaran pada materi manfaat keanekaragaman hayati. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(2), 83-88.

doi: https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.12389

Rahma, K. (2018). Karakteristik Jamur Makroskopis Di Perkebunan Kelapa Sawit Kecamatan Meureubo Aceh Barat Sebagai Materi Pendukung Pembelajaran Kingdom Fungi Di SMA Negeri 1 Meureubo. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pendidikan Biologi, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

Rahmadani, A. (2019). Karakteristik Jamur Makroskopis Di Stasiun Penelitian Soraya Kawasan Ekosistem Leuser Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Fungi. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pendidikan Biologi, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan media pembelajaran booklet dan video sebagai penguatan karakter hidup bersih dan sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1238-1243.

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9964

Rizawayani, Sari, S.A., & Safitri, R. (2017). Pengembangan media poster pada materi struktur atom di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1),127–133.

Santoso. (2004). Biologi dan Kecakapan Hidup. Bandung: Ganeca Exact.

Setiawan, A., Listiani, L., & Abrori, F. M. (2019). Kajian Etnobotani Tumbuhan Obat Suku Dayak Lundayeh Di Desa Kaliamok Kecamatan Malinau Utara Kabupaten Malinau Sebagai Booklet Untuk Masyarakat. Borneo Journal of Biology Education, 1(1), 51-67.

Setyaningsih, E. 2019. Pengembangan Media Booklet Berbasis Potensi Lokal Kalimantan Barat Pada Materi Keanekaragaman Hayati Pada Siswa Kelas X Di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Skripsi. FKIP, Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Pontianak, Pontianak.

Situmorang, R. P. (2018). Analisis potensi lokal untuk mengembangkan bahan ajar Biologi di SMA negeri 2 wonosari. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 4(1), 51-57.

doi:https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.51-57

Suryani, N., Hairida, H., & Hadi, L. (2019). Pengaruh Booklet Terhadap Respon Dan Hasil Belajar Siswa Materi Unsur, Senyawa dan Campuran SMP23 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(3), 1-9.

Susilo, M. J. (2018). Analisis Potensi Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Biologi yang Berdayaguna. In Proceeding Biology Education Conference. (Vol. 15, No. 1, pp. 541-546).

Tari, I. K. (2019). Pengembangan Booklet Insekta Sebagai Media Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMA Negeri 12 Semarang. Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi, Pendidikan Biologi, UIN Walisongo, Semarang..

Titin, & Dara, E. N. (2016). Penyusunan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 7(1), 45-56.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Retrieved from eric.ed.gov: https://eric.ed.gov




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v3i1.9899

Article Metrics

Abstract view : 132 times
PDF - 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

BIO-INOVED Journal has been Accredited:

 

BIO-INOVED Journal has been Indexed/Abstracted/Listed by:

 

 

Managed by:

MASTER PROGRAM OF BIOLOGY EDUCATION
POSTGRADUATE PROGRAM
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM, Gedung Pascasarjana Lt.2, Kota Banjarmasin,
Kecamatan Banjarmasin Utara, Kode Pos 70123, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia

 

Collaborate with:

 

Journal License:


BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License