The Validity of Learning Media on the Form of Booklet Types of Bryophytes in the Riverbanks of Wisata Alam Sungai Kembang for Senior High School Student Grade X

Nanda Maisyura, Aulia Ajizah, Sri Amintarti

Abstract


Media in biology learning is one of the means so that students understand the concept of biology in a broad sense. Most students still find it difficult to understand the concept of biology, especially in the Bryophytes sub-concept because of the lack of local potential-based references that are directly related to student life. This encourages researchers to develop learning media in the form of booklets on the Bryophytes sub-concept Plantae. The purpose of this study was to describe the results of the validity of the Bryophytes booklet on the banks of the wisata alam Sungai Kembang as a high school learning medium for Grade X. This study used descriptive research methods and 4D model development methods. The validation test was carried out by experts consisting of 2 validators with an overall validity value of 84.21% with very valid criteria and suitable for use as a learning medium.

Abstrak

Media dalam pembelajaran Biologi merupakan salah satu sarana agar peserta didik memahami konsep pada Biologi secara luas. Kebanyakan peserta didik masih sulit untuk memahami konsep Biologi terutama pada sub konsep Bryophyta karena kurangnya referensi berbasis potensi lokal yang berkaitan langsung dengan kehidupan siswa. Hal tersebut mendorong peneliti untuk mengembangkan media pembelajaran berupa booklet materi Plantae sub konsep Bryophyta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil validitas booklet Bryophyta di bantaran sungai wisata alam Sungai Kembang sebagai media pembelajaran SMA untuk Kelas X. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan metode pengembangan model 4D. Uji validitas dilakukan oleh para ahli yang terdiri dari 2 validator dengan nilai validitas keseluruhan yaitu 84,21% dengan kriteria sangat valid dan layak digunakan sebagai salah satu media belajar.


Keywords


Learning media; Booklet; Bryophytes; Wisata Alam Sungai Kembang; Valid

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Fitriastutik, D. (2010). Efektivitas Booklet dan Permainan Tebak Gambar Dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Siswa Kelas IV Terhadap Karies Gigi di SD Negeri 01, 02, dan 03 Bandengan Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Irwandi, I., & Fajeriadi, H. (2020). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan Pesisir, Kalimantan Selatan. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 66-73.

Fajeriadi, H., Zaini, M., & Dharmono, D. (2019). Validity of the Gastropods Popular Scientific Book in the Pulau Sembilan Kotabaru Coastal Area for High School Students. Journal of Biology Education, 8(2), 142-149.

Meldasari, M., Daningsih, E., & Titin, T. (2018). Kelayakan Leaflet Materi Keanekaragaman Hayati Dari Buah Dadamuk, Kariampuk dan Menjalin di Kabupaten Bengkayang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(11), 1-9.

Pangestika, M. W., & Suyanto, E. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Kompetensi Dasar Menyelidiki Sifat-Sifat Zat. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 55-65.

Pralisaputri, K. H. S., & Chatarina, M. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis Sets Pada Materi Pokok Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA. Jurnal GeoEco, 3(2), 186-192.

Prihadi. (2010). Media Pembelajaran, Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Lanjutan Pertama Kemendiknas.

Rahmatih, A. N., Yuniastuti, A., & Susanti, R. (2018). Pengembangan Booklet Berdasarkan Kajian Potensi dan Masalah Lokal Sebagai Suplemen Bahan Ajar SMK Pertanian. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3.

Septiwiharti, L. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Booklet Sejarah Indonesia pada Materi Pertempuran Lima Hari di Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Setyaningsih, E. (2019). Pengembangan Media Booklet Berbasis Potensi Lokal Kalimantan Barat Pada Materi Keanekaragaman Hayati Pada Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Sitepu. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suharsimi, A. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pedidikan. Yogyakarta: PT Rineka Cipta.

Susilawati, N., Syamswisna., & Reni, M. (2015). Kelayakan Media Buklet Etnobotani Di Desa Arus Deras Pada Submateri Manfaat Keanekaragaman Hayati SMA. Jurnal Pendidikan, 1(3), 3-15.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children. Washington DC: National Center for Improvement Educational System.

Tjitrosoepomo, G. (1981). Taksonomi Tumbuhan (Taksonomi Khusus). Jakarta: Bhratara Karya Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v3i2.9968

Article Metrics

Abstract view : 483 times
PDF - 314 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

BIO-INOVED Journal has been Accredited:

 

BIO-INOVED Journal has been Indexed/Abstracted/Listed by:

    

 

Managed by:

MASTER PROGRAM OF BIOLOGY EDUCATION
POSTGRADUATE PROGRAM
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM, Gedung Pascasarjana Lt.2, Kota Banjarmasin,
Kecamatan Banjarmasin Utara, Kode Pos 70123, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia

 

Collaborate with:

 

Journal License:


BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License