The Validity of Learning Media in the Form of Booklet Types of Pteridophyta (Fern) in the Riverbanks of Wisata Alam Sungai Kembang for Senior High School Grade X

Khairun Nisa, Aulia Ajizah, Sri Amintarti

Abstract


Pteridophyta is a sub-concept on Plant (Plantae) material in the Biology subject for Grade X Senior High School. In this competency, students are expected to apply classification principles to classify plants into divisions based on observations of plant morphology and metagenesis and linking their role in the continuity of life on earth. However, most students still find it difficult to understand the concept. This Pteridophyta is due to the lack of local potential-based references that are directly related to student life, one of which is learning media. Learning media is one of the means to help teachers and students learn concepts in Biology more broadly. This encourages researchers to develop learning media in the form of a booklet on the Plantae material sub-concept of ferns (Pteridophyta). This study aims to describe the validity of the booklet developed on the types of ferns (Pteridophyta) on the riverbanks of the Wisata Alam Sungai Kembang. This research uses RandD method with 4D development model to develop learning media in the form of booklets. The results of the validity test of the developed booklet showed very valid results.

Abstrak

Pteridophyta merupakan subkonsep pada materi Tumbuhan (Plantae) di mata pelajaran Biologi SMA Kelas X. Pada kompetensi tersebut siswa diharapkan dapat menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan pengamatan morfologi dan metagenesis tumbuhan serta mengaitkan peranannya dalam kelangsungan kehidupan di bumi. Namun kebanyakan siswa masih sulit untuk memahami konsep Pteridophyta tersebut karena masih kurangnya referensi berbasis potensi lokal yang berkaitan langsung dengan kehidupan siswa, salah satunya yaitu media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan salah satu sarana untuk membantu guru maupun siswa dalam mempelajari konsep pada Biologi secara lebih luas. Hal tersebut mendorong peneliti untuk mengembangkan media pembelajaran berupa booklet subkonsep tumbuhan paku (Pteridophyta). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas booklet yang dikembangkan tentang jenis tumbuhan paku (Pteridophyta) di bantaran sungai Wisata Alam Sungai Kembang. Penelitian ini menggunakan metode RandD dengan model pengembangan 4D untuk mengembangkan media pembelajaran berupa booklet. Hasil uji validitas terhadap booklet yang dikembangkan menunjukkan hasil sangat valid.


Keywords


Learning media; Booklet; Pteridophyta; Sungai kembang; Validity

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Andreansyah. (2015). Pengembangan Booklet Sebagai Media Pembelajaran Geografi pada Materi Dinamika Litosfer dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan di Muka Bumi Kelas X di SMA Negeri 12 Semarang Tahun 2015. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.

Asyhari, A. and Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al Biruni, 5(1), 1-13.

Athiyah, U. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Semester II Kelas X SMA Berbasis Lectora Inspire. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(1), 41-46.

Fadhilah, N. (2016). Evaluasi Ketepataan Pemilihan Media Pembelajaran yang Digunakan Gurupada Kelas VII dan VIII SMP Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 7(2), 1-8.

Fauziyah, Z. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Booklet pada Mata Pelajaran Biologi untuk Siswa Kelas XI MIA 1 Madrasah Aliyah Alaudin Pao-Pao dan MAN 1 Makassar. Skripsi. UIN Alaudin Makassar.

Fitriasih, R., Ansori, I. and Kasrina. (2019). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Pteridophyta di Kawasan Suban Air Panas untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 100-108.

Hasanuddin, and Muliyadi. (2015). Botani Tumbuhan Rendah. Banda Aceh: Usk Press.

Hilmi, H. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Lantanida Journal, 4(2), 128-135.

Krismadana, D. P., Amintarti, S., and Ajizah, A. (2021). Booklet Types of Macroscopic Fungi Riverbanks Nature Tourism Kembang River for Senior High School. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(1), 59-65.

Meldasari, M., Daningsih, E., and Titin, T. (2018). Kelayakan Leaflet Materi Keanekaragaman Hayati dari Buah Dadamuk, Kariampuk dan Menjalin di Kabupaten Bengkayang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(11), 1-9.

Patmawati, Maisah, and Novalyan, D. (2018). Pengembangan Booklet Biologi Hewan Invertebrata sebagai Media Belajar untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Skripsi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Pralisaputri, K. R., Heribertus, S. and Chatarina, M. (2016). Pengembangan Media Booklet berbasis SETS pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam untuk Kelas X SMA. Jurnal GeoEco, 3(2), 186-192.

Prihadi. (2010). Media Pembelajaran, Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Lanjutan Pertama Kemendiknas.

Rahmatih, A. N., Yuniastuti, Ari., and Susanti, R. (2018). Pengembangan Booklet berdasarkan Kajian Potensi dan Masalah Lokal sebagai Suplemen Bahan Ajar SMK Pertanian. Yogyakarta: PT Rineka Cipta.

Sitepu. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suharsimi, A. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: PT Rineka Cipta.

Susilawati, N., Syamswisna, and Reni, M. (2015). Kelayakan media Buklet Etnobotani di Desa Arus Deras Pada Submateri Manfaat Keanekaragaman Hayati SMA. Jurnal Pendidikan, 1(3), 3-15.

Suwarni, E. (2015). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lokal Materi Keanekaragaman Laba-Laba di Kota Metro Sebagai Sumber Belajar Alternatif Biologi Untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 86-92.

Tamara, A. (2018). Analisis Kesesuaian Materi Ajar dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Thiagarajan, S., Semmel, D., and Semmel, M. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washington DC: National Center for Improvement Educational System.

Utami, T., Rusminto, N. E., and Karomani, K. (2015). Kesesuaian Isi dan Bahasa Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VIII Terbitan Kemdikbud. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(5), 1-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bino.v3i2.9978

Article Metrics

Abstract view : 115 times
PDF - 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

BIO-INOVED Journal has been Accredited:

 

BIO-INOVED Journal has been Indexed/Abstracted/Listed by:

 

 

Managed by:

MASTER PROGRAM OF BIOLOGY EDUCATION
POSTGRADUATE PROGRAM
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM, Gedung Pascasarjana Lt.2, Kota Banjarmasin,
Kecamatan Banjarmasin Utara, Kode Pos 70123, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia

 

Collaborate with:

 

Journal License:


BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License