Penerapan e-LKPD berbasis Quizizz pada materi ekosistem dan perubahan lingkungan melalui model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik
Abstract
Classroom action research was conducted in 2 cycles. This research aims to (1) improve learning outcomes through the application of quizizze based e-LKPD in class X students of SMAN 13 Banjarmasin and (2) improve critical thinking skills through the application of quizizzebased e-LKPD in class X students of SMAN 13 Banjarmasin. The sample of this study was 33 students in class X-4 SMAN 13 Banjarmasin. Data analysis techniques through four stages, namely planning, implementation, observation, and reflection stages. The results of this study showed an increase in product cognitive learning outcomes of students in cycle I 0.47 and in cycle II 0.98, process cognitive learning outcomes through quizizzebased e-LKPD work and poster work in cycle I obtained an average of 75.63 and 13.50, in cycle II obtained an average of 87.50 and 18.25, the results of students' critical thinking skills in cycle I obtained an average of 50.24 and in cycle II obtained an average of 80.91. The results showed an increase in cycle II. Therefore, it can be concluded that the application of quizizz-based e-LKPD is effective in improving learning outcomes and critical thinking abilities of class X students on ecosystem material and environmental change through a problem-based learning model.
Penelitian tindakan kelas dilaksanakan 2 siklus. Penenlitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan hasil belajar melalui penerapan e-LKPD berbasis quizizz pada peserta didik kelas X SMAN 13 Banjarmasin dan (2) meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui penerapan e-LKPD berbasis quizizz pada peserta didik kelas X SMAN 13 Banjarmasin. Sampel penelitian ini sebanyak 33 orang peserta didik di kelas X-4 SMAN 13 Banjarmasin. Teknik analisis data melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif produk peserta didik pada siklus I 0,47 dan pada siklus II 0,98, hasil belajar kognitif proses melalui pengerjaan e-LKPD berbasis quizizz dan pengerjaan poster pada siklus I memperoleh rata-rata 75,63 dan 13,50, pada siklus II memperoleh rata-rata 87,50 dan 18,25, hasil kemampuan berpikir kritis peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 50,24 dan pada siklus II memperoleh rata-rata 80,91. Hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya peningkatan pada siklus II. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan e-LKPD berbasis quizizz efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X pada materi ekosistem dan perubahan lingkungan melalui model pembelajaran berbasis masalah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran Quizizz untuk pembelajaran jenjang pendidikan dasar dan menengah di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.
Amalia, D., Zaini, M., & Halang, B. (2022). Kualitas Lkpd Elektronik Pada Konsep Plantae Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Jenjang Sma. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(1), 12-20.
Annida, S. F., Putra, A. P., & Zaini, M. (2022). Pengaruh Penggunaan E-LKPD Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Konsep Pembelahan Sel. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(2), 155-167.
Ariyani, B., Kristin, F., Guru, P., Dasar, S., Kristen, U., & Wacana, S. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD Learning untuk. 5, 353-361.
Dewi, C. K. (2018). Pengembangan alat evaluasi menggunakan Aplikasi Kahoot pada pembelajaran Matematika Kelas X. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.
Fahmi, F., Fajeriadi, H., & Irhasyuarna, Y. (2021). Feasibility of the Prototype of Teaching Materials on the Topic of Classification of Living Things based on the Advantage of Local Wetland. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(2), 113-118.
Fajeriadi, H. (2018). Pengembangan buku ilmiah populer tentang diversitas gastropoda untuk siswa SMA di kawasan pesisir. (Master’s thesis, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin)
Fajeriadi, H., Zaini, M., & Dharmono, D. (2019). Validity of the Gastropods popular scientific book in the Pulau Sembilan Kotabaru coastal area for high school students. Journal of Biology Education, 8(2), 142-149.
Fajeriadi, H., Zaini, M., Dharmono, D., Nugroho, B. A., Fahmi, F., & Fitriani, A. (2024). The popular scientific book-based coastal gastropod’s diversity as local potential: Practicality and effectiveness on student’s critical thinking ability. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 10(2), 580-590.
Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.
Irhasyuarna, Y., Kusasi, M., Fahmi, F., Fajeriadi, H., Aulia, W. R., Nikmah, S., & Rahili, Z. (2022). Integrated science teaching materials with local wisdom insights to improve students' critical thinking ability. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4(3), 328-334.
Irwandi, I., & Fajeriadi, H. (2019). Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SMA di kawasan pesisir, Kalimantan Selatan. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 66-73.
Khatimah, H., Arifin, Y. F., & Putra, A. P. (2023). Effectiveness of popular scientific books on Fabaceae plant in KHDTK ULM to improve critical thinking skill. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 5(3), 374-380.
Kholifah, W. T. (2020). Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 115–120. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.614.
Magdalena, M., Putra, A. P., & Winarti, A. (2021). The practicality of E-LKPD materials on environmental pollution to practice critical thinking. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(3), 210-215.
Mardhatillah, A., Zaini, M., & Putra, A. P. (2020). Development of Worksheets for Biology High School Student-Based On Critical Thinking Skills on the Concept of Biodiversity. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2(1), 31-35.
Mursita, A., Noorhidayati, N., & Putra, A. P. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Problem Based Learning Konsep Ekologi Di SMA. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(4), 5-12.
Mustoip, S., Kurnia, D., & Iswara, P. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Audio Visual Kenampakan Alam (Asal Kelam) Untuk Meningkatkan. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 561–570. http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/ article/view/2985.
Nabila, N., Tapilouw, M. C., & Sucahyo, S. (2023). Biology learning innovation in the water pollution sub material based on sustainable development goals (SDGs) using the problem-based learning. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 5(3), 297-306.
Nadeak, B. (2020). Manajemen Humas Pada Lembaga Pendidikan. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Ozila, A. L., & Aisiah. (2021). Pengembangan e-lkpd untuk melatih historical emphaty peserta didik di sma. Kronologi, 3(2), 19–29. http://kronologi.ppj.unp.ac.id/index.php/jk/ar ticle/download/146/125/.
Pratama, A. T. (2018). Peningkatan hasil belajar kognitif menggunakan strategi pembelajaran problem based learning (PBL) pada pembelajaran biologi di Kabupaten Deli 69 Serdang. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 1(2), 71-76.
Purnama, A., & Suparman, S. (2020). E-LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 131,
Putra, A. P., Zaini, M., & Sari, M. M. (2023). Validation of the virus teaching module based on project based learning on creative thinking ability. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 5(3), 388-394.
Safitri., Putra, A. P., & Ajizah, A. (2022). Hasil belajar dan keterampilan generic sains pada penggunaan culture literacy digital wetland LKPD konsep vertebrata peserta didik kelas X SMA. Journal of Banua Science Education, 2(2), 73-84.
Tanjung, R. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296.
Triswidiyanto, J. W., Tapilouw, M. C., & Sucahyo, S. (2024). Biology learning innovation: KIT" EGCA" based on sustainable development goals by problem-based learning model in global warming sub-matter. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 6(2), 236-243.
Wati, E. W., Kaspul, K., & Arsyad, M. (2020). Leaflet-Based Learning Media Development in Structural Materials and Function of Class XI Animal Tissues. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2(1), 64-69.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Journal of Bio-Creaducation
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Bio-Creaducation has been Indexed/Abstracted/Listed by
This work is licensed under CC BY 4.0