Penggunaan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem respirasi manusia
Abstract
Biology learning has complex concepts so that many students have difficulty remembering these concepts. This study aims to determine the use of learning strategies using concept maps as an effort to improve student learning outcomes so that there is mastery of the concept of the human respiratory system material. The concept map that has been designed focuses on meaningful learning so that students can more easily understand and remember the material taught. The research conducted was in the form of classroom action research by looking at the comparison of the two studies conducted for two cycles. Each cycle consists of stages of planning, implementation, observation and reflection. Data collection techniques were carried out with tests, observations and rubrics. The results of this study were in the form of an analysis of students' cognitive learning. Experiment 1 showed that in cycle I there was an increase in understanding of 87.13% and in cycle II there was an increase in understanding of the concept of 90.36%. While the results of experiment 2 showed that in cycle I there was an increase of 85.30% and in cycle II there was an increase of 92.5%. In addition to increasing learning outcomes, it turns out that concept maps also have an effect on increasing student activity. This can be seen during the learning process, students are more active in seeking information and more enthusiastic in expressing their opinions. Based on the results of the study, it can be concluded that learning using concept maps can improve learning outcomes and student activities on the human respiratory system material.
Pembelajaran biologi memiliki konsep yang kompleks sehingga banyak peserta didik yang mengalami kesulitan untuk mengingat konsep tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi pembelajaran menggunakan peta konsep sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik sehingga terjadi penguasaan konsep materi sistem respirasi manusia. Peta konsep yang telah dirancang berfokus pada pembelajaran yang bermakna agar peserta didik lebih mudah memahami dan mengingat materi yang diajarkan. Penelitian yang dilakukan berupa penelitian tindakan kelas dengan melihat perbandingan kedua penelitian yang dilakukan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan rubrik. Hasil penelitian ini berupa analisis belajar kognitif peserta didik. Pada percobaan 1 menunjukkan siklus I terjadi peningkatan pemahaman sebesar 87,13% dan pada siklus II terjadi peningkatan pemahaman konsep sebesar 90,36%. Sedangkan hasil percobaan 2 menunjukkan pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 85,30% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 92,5%. Selain terjadi peningkatan hasil belajar, ternyata peta konsep juga berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas peserta didik. Hal ini terlihat pada saat proses pembelajaran peserta didik lebih aktif mencari informasi dan lebih antusias dalam mengemukakan pendapatnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik pada materi sistem respirasi manusia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Artayasa, I. P., Muhlis., Hadiprayitno, G. & Merta, I. W. (2021). Efek Metode Peta Konsep Dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 9(1), 96-104.
Astuti, P., & Setyowati, E. (2023). Penggunaan Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi di SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 9(2), 45-55.
Darnella, R., Syarifah. & Afriansyah, D. (2020). Penerapan Metode Concept Mapping (Peta Konsep) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Gerak di MAN 1 Palembang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 9(1), 73-86.
Eka, I. (2020). Implementasi Metode Mind mapping pada Pembelajaran Tematik di kelas IV Sekolah Dasar Qaryah Tayyibah Purwokerto Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).
Harahap, D. G. S. (2019). Penggunaan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Jaringan Tumbuhan. Jurnal ESTUPRO, 4(1), 93- 97.
Hasanah, U., Muhlis. & Bahri, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem Kelas X di SMA Negeri 1 Sape. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 57-64.
Hidayah, S. N. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad berbantuan peta konsep terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa sma negeri 2 siak hulu pada materi genetika. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 216-228.
Jailani. & Almukarramah. (2020). Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Biologi Melalui Pembelajaran Bermakna Dengan Menggunakan Peta Konsep. Jurnal Biology Education, 8(2), 122- 130.
Kusuma, R. A. & Susanti, L. (2021). Implementasi Peta Konsep dalam Pembelajaran Daring Biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan, 13(3), 231-240.
Labibah. & Raisah, M. (2017). Pengaruh penggunaan peta konsep terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari kemampuan berfikir kritis. Jurnal ilmiah pendidikan Ipa, 4(2), 19-25.
Ma’ruf, A. H., Syafi’i, M. & Kusuma, A. P. (2019). Pengaruh model pembelajaran mind mapping berbasis HOTS terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 503-514.
Muhimmatin, I. (2014). Penerapan Tugas Peta Konsep Dalam Project- Based Learning (PJBL) untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi UMM di Mata Kuliah Sumber Belajar dan Media Pembelajaran. Saintifika, 16(2), 30-38.
Nurlina, w., Suprapto, P. K. & Ali, M. (2021). Pengaruh Media Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Sub Konsep Sistem Indera. Jurnal Pendidikan dan Biologi, 13(1), 42-47.
Rahmawati, I. & Andini, P. (2020). Pengaruh Media Peta Konsep terhadap Pemahaman Siswa pada Materi Genetika. Jurnal Sains dan Pendidikan Biologi, 7(4), 89-96.
Sani, Y., Sari, N. F. & Harahap, R. D. (2021). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi biologi di kelas XI SMA Muhammadiyah-10 Rantauprapat. Jurnal Mahasiswa Pendidikan, 2(2), 13-20.
Setyawan, R. & Putri, A. D. (2022). Implementasi Media Peta Konsep Digital dalam Pembelajaran Daring Biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan Biologi, 14(1), 25-36.
Syahputra, M. & Nurhayati, S. (2019). Pembelajaran Berbasis Peta Konsep: Implikasinya terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 19-29.
Wahab, J., Bahtiar, B. & Mas’ud, A. (2024). Pembelajaran Biologi Model Group Investigation Berbantuan Peta Konsep Terhadap Metakognisi Siswa. JURNAL BIOEDUKASI, 7(1), 396-403.
Yanti, M. F., Gusmaweti. & Sari, R. T. (2021). Pengaruh Penggunaan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA. Journal of Biology Learning, 3(2), 75-80.
Yunita, L., Sofyan, A. & Agung, S. (2014) pemanfaatan peta konsep untuk mengingkatkan pemahaman siswa tentang konsep senyawa Hidrokarbon. Jurnal Edusains, 1(1), 1-18.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Journal of Bio-Creaducation
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Bio-Creaducation has been Indexed/Abstracted/Listed by
This work is licensed under CC BY 4.0