Perbandingan penerapan metode simulasi dan problem-based instructional untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi ekosistem

Aulia Irmayanti, Rudiah Damayanti, Sri Ayu Wahyuni, Aminuddin Prahatama Putra, Hery Fajeriadi, Lia Jumiati Lisda, Muhammad Zaini, Dewi Ayu Aldilla Nia

Abstract


Ecosystem material in science lessons is often poorly understood by students. This is because the learning method does not involve interaction between students and the material taught directly. This research aims to determine the level of students' understanding and activity in understanding the concept of ecosystem material using Problem-based instructional and Simulation methods. This research uses a nonequivalent control group design to compare the application of the Simulation method and the Problem-based instructional (PBI) method in Ecosystem learning for class X students at SMA Negeri Banjarmasin. The research population was all class X students of Banjarmasin State High School. The samples used were one class X MIPA which applied the simulation method as the experimental class, and another one class X MIPA which applied the Problem-based instructional method as the control class. Based on the results, the average posttest score for the experimental class with the Problem-based instructional method was 83.91, while the simulation method class was 77.78. This shows that both methods are equally good, but the Problem-based instructional method is superior to the simulation method. This research data shows significant value. The number of students who gave positive responses to the Problem-based instructional and simulation methods was 94.44% of students interested in participating in learning activities. This makes students enthusiastic when taking part in learning, students feel that learning seems more fun and not monotonous. The application of the Problem-based instructional and simulation method makes students understand the material being studied so that learning outcomes become more optimal.

Materi Ekosistem pada pelajara IPA seringkali kurang dipahami oleh siswa. Hal tersebut dikarenakan metode pembelajaran yang kurang melibatkan interaksi antara siswa dengan materi yang diajarkan secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman dan aktivitas siswa dalam memahami konsep materi ekosistem dengan menggunakan metode Problem-based instructional dan Simulasi. Penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group design untuk membandingkan penerapan metode Simulasi dan metode Problem-based instructional (PBI) dalam pembelajaran Ekosistem pada siswa kelas X SMA Negeri Banjarmasin. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri Banjarmasin. Sampel yang digunakan adalah satu kelas X MIPA yang diterapkan metode simulasi sebagai kelas eksperimen, dan satu lagi kelas X MIPA yang diterapkan metode Problem-based instructional sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil rata-rata nilai posttest kelas eksperimen metode Problem-based instructional 83,91 sedangkan kelas metode simulasi 77,78. Hal ini menunjukkan bahwa kedua metode tersebut sama-sama bagus, namun metode Problem-based instructional lebih unggul dari metode simulasi. Data penelitian ini menunjukkan nilai signifikan. Jumlah siswa yang memberi tanggapan positif terhadap metode Problem-based instructional dan simulasi, sebesar 94,44% siswa tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini menjadikan siswa bersemangat saat mengikuti pembelajaran, siswa merasa pembelajaran terkesan lebih menyenangkan dan tidak monoton. Penerapan metode Problem-based instructional dan simulasi membuat siswa paham terhadap materi yang dipelajari sehingga hasil belajar menjadi lebih optimal.


Keywords


aktivitas siswa; hasil belajar; problem-based instructional; simulasi; ekosistem

Full Text:

PDF

References


Amalia, I. R., & Dewi, N. R. (2024). Analisis Model Pembelajaran Problem-based instructional Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 281–289. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma.

Amri, A. (2015). Perbandingan Motivasi dan Hasil belajar Biologi Siswa SMA yang di Ajar Menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Model Problem Basic Introduction. Jurnal Biotek, 3(2), 18-34.

Arisman, A. & Anna Permanasari. (2015). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Simulasi dan Demonstrasi Multimedia Interaktif (MMI) dalam Pembelajaran IPA Terpadu untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Research Artikel, 7(2), 179-184.

Bello, S., Mustapha B. I., & Ibrahim B. B. (2016). Effect of Simulation Technique and Lecture Method on Students’ Academic Performance in Mafoni Day Secondary School Maiduguri, Borno State, Nigeria. Journal of Education and Practice, 7(23), 113-117.

Fajeriadi, H., & Fitriani, A. (2024). Identifikasi tren penelitian dan peluang inovasi pembelajaran melalui analisis bibliometrik strategi pembelajaran biologi di sekolah menengah. Journal of Bio-Creaducation, 1(1), 8-14.

Fitriya. (2006). Upaya Mengoptimalkan Pemahaman Siswa Kelas XA SMAN 1 Rantau Tentang Sub Konsep Kegiatan Menusia yang Mempengaruhi Keanekaragaman Hayati Melalui Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Skripsi. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. (tidak dipublikasikan).

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh project based learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–21.

Rahmadani, R. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnig (Pbl). Lantanida. Journal, 7(1), 75. https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440

Saida, N. U., Iswari, R. S., & Pukan, K. K. (2018). Penerapan Metode Praktikum dan Simulasi pada Materi Ekosistem di SMA Negeri 2 Bae Kudus. Journal of Biology Education, 7(2), 216-220.

Sari, D. R., Hasanah, D., Rambe, A. K., & Mukra, M. R. (2024). Studi Literatur: Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem-based instructional Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Perncemaran Lingkungan Kelas X SMA Methodist Lubuk Pakam:(Literature Study: Analysis of the Application of the Problem-based instructional Model in Improving Critical Thinking Abilities on Environmental Pollution Material for Class X Lubuk Pakam Methodist High School). BIODIK, 10(2), 111-120.

Susilowati, D. (2014). Studi Komparasi Hasil Belajar Akutansi dengan Penerapan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Metode Ceramah Bervariasi pada Kompetensi Dasar Jurnal Khusus Siswa Kelas XII IPS SMA Muhammadiyah 01 Pati. Economic Education Analysis Journal, 2(3), 9-15.

Wulandari, T., Kadir, A., Fua, J. La, & Zainuddin, Z. (2020). Pengaruh Model Problem-based instructional Berbasis Multimedia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA. Kulidawa, 1(1), 29. https://doi.org/10.31332/kd.v1i1.1806


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Bio-Creaducation

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Bio-Creaducation has been Indexed/Abstracted/Listed by

This work is licensed under CC BY 4.0