Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep biologi
Abstract
The purpose of this study was to determine the Learning Outcomes of Biodiversity material using the Team Games Tournament (TGT) learning model. This study used the True Experimental Design method with the Posttest-Only-Control-Design form and the Classroom Action Research method. The data collection technique used in this study was to give posttest questions after completing the learning process in the experimental class and control class on Biodiversity material. While Classroom Action Research uses data collection techniques in the form of observation, measurement and documentation. This research uses descriptive statistical analysis techniques. The results concluded that the learning outcomes of Biodiversity material using the Team Games Tournament learning model on students obtained an average class score of 84.90. The control class with conventional learning (discussion method) on Biodiversity material obtained a class average score = 82.35. While in the Classroom Action Research method, the average posttest value of student learning outcomes in cycle I was 70.35 and cycle II was 82.50. Cooperative Learning type Teams Games Tournament (TGT) Biodiversity material in both research methods shows that learning outcomes and student activity have increased or influenced.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai Hasil Belajar materi Keanekaragaman Hayati menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan metode True Experimental Design dengan bentuk desain Posttest-Only-Control-Design dan metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan memberikan soal posttest setelah selesai proses pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam materi Keanekaragaman Hayati. Sedangkan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, pengukuran dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Hasil belajar materi Keanekaragaman Hayati menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament pada peserta didik memperoleh nilai rata-rata kelas 84,90. Kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional (metode diskusi) pada materi Keanekaragaman Hayati memperoleh nilai rata-rata kelas = 82,35. Sedangkan pada metode Penelitian Tindakan Kelas, nilai rata-rata posttest hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 70,35 dan siklus II sebesar 82,50. Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) materi Keanekaragaman Hayati pada kedua metode penelitian tersebut menunjukan bahwa hasil belajar dan aktivitas siswa mengalami peningkatan atau berpengaruh.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnyana, M. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Biologi. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(2), 322-334.
Amni, Z., & Ningrat, H. K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Destinasi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(2), 2840-2848.
Arib, M. F., Rahayu, M. S., Sidorj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Experimental Research Dalam Penelitian Pendidikan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5497-5511.
Asba, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar di SD Negeri 3 Dadakitan Kabupaten Tolitoli. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 5(1), 11-24.
Awdry, R., & Ives, B. (2021). Students cheat more often from those known to them: Situation matters more than the individual. Assessment & Evaluation in Higher Education, 46(8), 1254-1268.
Hermayanti, P., Sumantri, M., & Sudarma, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 151-159.
Irwandi, I., & Fajeriadi, H. (2019). Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SMA di kawasan pesisir, Kalimantan Selatan. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 66-73.
Kusumadiputra, M. N., Agustini, K., & Pradnyana, G. A. (2017). Study Komparatif Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Learning Tournament Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: Janapati, 6(1), 1-12.
Mahardi, I. P. Y. S., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Kearifan Lokal Trikaya Parisudha Terhadap Pendidikan Karakter Gotong Royong Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 98-107.
Nefianthi, R., Adawiyah, R., & Maulana, F. (2023). Implementation of differentiated learning in supporting Merdeka Belajar to improve senior high school student’s learning outcomes. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 5(3), 412-418.
Prasetyaningrum, D., Martini, K. S., & Susilowati, E. (2013). Studi Komparasi Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Disertai Media Kartu Soal dan Roda Impian Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon Kelas X Sma Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(3), 122-129.
Purwandari, A., & Wahyuningtyas, D. T. (2017). Eksperimen Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Keranjang Biji-bijian Terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian Dan Pembagian Siswa Kelas II SDN Saptorenggo 02. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 163-170.
Rahmi, F. O., Suryawati, E., & Mahadi, I. (2023). The potential of e-books to improve college students’ self-directed learning in biology. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 5(3), 348-357.
Safniyeti, S., Abas, A., & Ruyani, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) di Kelas X SMAN 4 Kota Bengkulu. Biota: Biologi dan Pendidikan Biologi, 10(1), 20-34.
Setyaningrum, S. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Keanekaragaman Hayati pada Siswa Kelas X IPA I MAN I Kuburaya Tahun 2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3512-3522.
Sudiarta, I. G. P., & Widana, I. W. (2019). Increasing Mathematical Proficiency And Students Character: Lesson From The Implementation Of Blended Learning In Junior High School in Bali. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1317, No. 1, p. 012118). IOP Publishing.
Sudimahayasa, N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Partisipasi, dan Sikap Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 48(1-3).
Susanna, S. (2018). Penerapan Teams Games Tournament (TGT) Melalui Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas XI MAN 4 Aceh Besar. Lantanida Journal, 5(2), 93-105.
Syaifudin, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Aplikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Arab). Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1-17.
Wahyuningsih, P. I., Khoiri, N., & Subekti, E. E. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Berbantu Media Papan Putar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Pembelajaran Tematik. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 155-161.
Zulfira, V., Anggereini, E., & Sadikin, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 1 Batang Hari. BIODIK, 5(3), 273-285.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Journal of Bio-Creaducation
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal of Bio-Creaducation has been Indexed/Abstracted/Listed by
This work is licensed under CC BY 4.0