Penerapan pendekatan inkuiri untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi pencemaran lingkungan

Ahmad Muhaimin, Nur Azizah, Rifatul Mahmudah, Rini Salma Nabila, Muhammad Zaini, Aminuddin Prahatama Putra, Hery Fajeriadi, Rahmi Widiati, Indah Rosmalina

Abstract


Science learning materials are generally difficult to understand, so a teacher strategy is needed to deliver the material more interestingly. One strategy that can be done is the application of the inquiry approach. The inquiry approach focuses on the activities of students in seeking and finding information, so that learning is more meaningful. This study aims to determine the effect of applying learning with an inquiry approach in an effort to improve students' understanding of environmental pollution material.  The application of inquiry learning is made as interesting as possible to make it easier for students to understand the learning material. The research conducted was classroom action research with two cycles through a comparison of two studies. Data collection techniques were carried out by observation, interviews, field notes and documentation. The results of this study are in the form of qualitative data analysis by describing and analyzing data from observations of learning outcomes and student activities. Experiment 1 shows that getting student learning outcomes in cycle I amounted to 58% and cycle II increased by 96%. While the results of experiment 2 showed that the learning outcomes of students in cycle I were 40% then increased in cycle II to 86%. In addition, there was also an increase in learner activity, namely in journal I by 85% while journal II by 86%.  This can be seen in the learning process, a conducive classroom situation, a positive classroom atmosphere with students who dare to ask questions and discuss, creating a pleasant learning climate, growing a sense of responsibility, good cooperation and student learning participation is quite good. Based on the results of this study, it can be concluded that the application of learning with an inquiry approach can increase students' understanding and activity on environmental pollution material.

Materi pembelajaran IPA umumnya sulit untuk dipahami, sehingga diperlukan strategi guru dalam menyampaikan materi tersebut dengan lebih menarik. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah penerapan pendekatan inkuiri. Pendekatan inkuiri berfokus pada aktivitas   peserta didik dalam mencari dan menemukan informasi, sehingga pembelajaran lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran dengan pendekatan inkuiri dalam upaya meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi pencemaran lingkungan.  Penerapan pembelajaran inkuiri dibuat semenarik mungkin untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus melalui perbandingan dua penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, pencatatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berupa analisis data kualitatif dengan mendeskripsikan dan menelaah data hasil observasi hasil belajar dan aktivitas peserta didik. Percobaan 1 menunjukkan bahwa mendapatkan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 58% dan siklus II mengalami peningkatan sebanyak 96%. Sedangkan hasil percobaan 2 menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 40% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 86%. Selain itu, juga terjadi peningkatan aktivitas peserta didik yakni pada jurnal I sebesar 85% sedangkan jurnal II sebesar 86%.  Hal ini dapat dilihat pada proses pembelajaran, situasi kelas yang kondusif, suasana kelas yang positif dengan peserta didik yang berani bertanya dan berdiskusi, menciptakan iklim belajar yang menyenangkan, tumbuhnya rasa tanggung jawab, terjalin kerjasama yang baik dan partisipasi belajar peserta didik cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan pemahaman dan aktivitas peserta didik pada materi pencemaran lingkungan.


Keywords


hasil belajar; aktivitas peserta didik; pendekatan inkuiri

Full Text:

PDF

References


Agustina, M. T., & Setyawan, A. (2022). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Di Sekolah Melalui Pendekatan Inkuiri Siswa Kelas 1 SDN Tunjung 4. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Educational Journal, 3(1), 89-95.

Arini, D. A., Gianistika, C. & Rahmat. (2019). Penerapan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Rengasdengklok Selatan II). Jurnal Tahsinia, 1(1), 25-27.

Baden., Sutisnawati, A., & Maulana, L. H. (2023). Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran IPA Siwa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(3), 1340-1347.

Bima, M., Ariyani, L. F., & Sanjaya, S, M. P. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDIT ibnu Hajar Balikpapan Menggunakan Metode Inkuiri pada Pembelajaran IPAS. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 4(1), 49-57.

Budiarti, A., Fathoni, A., & Ghufron, A. (2022). Penggunaan Metode Inkuiri Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 9(2), 50-59.

Daryanto. (2014). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Fajeriadi, H., Fahmi, F., & Arisandi, R. (2024b). How does students' environmental literacy support the sustainable development goals? A literature review. Indonesian Journal of Science Education and Applied Science, 4(2), 61-69.

Fajeriadi, H., Zaini, M., Dharmono, D., Nugroho, B. A., Fahmi, F., & Fitriani, A. (2024a). The popular scientific book-based coastal gastropod’s diversity as local potential: Practicality and effectiveness on student’s critical thinking ability. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 10(2), 580-590.

Heksa, A. (2020). Pembelajaran Inkuiri di Masa Pandemi. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Henthis, N. (2022). Pengaruh Pendekatan Inkuiri terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1991-2000.

Huki, F. P., Bano, V. O., & Ndjoeroemana, Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lewa Tidahu. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(10), 7857-7868.

Irwandi, I., & Fajeriadi, H. (2019). Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SMA di kawasan pesisir, Kalimantan Selatan. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 66-73.

Jumaisa. (2019). Model Pilihan Pembelajaran, Inquiry atau Expository. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 339-348.

Mahmudah, Q, N., Aszahra, Y. Z., Afkarina, N. I., & Prayogo, M. S. (2024). Penerapan Pendekatan Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri di Tingkat Sekolah Dasar. PENDIKDAS: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 49-61.

Mawardi, A., & Inayah, Y. (2023). Menghadapi Tantangan Belajar IPA di Kelas 4 SDIT Ibtidaiyah dengan Analisis dan Solusi yang Menginspirasi. Jurnal Pendidikan: SEROJA, 3(1), 91-99.

Mbari, M. A. F., Yufrinalis, M. & Nona, T. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 94-102.

Meo, L., We’u, G., & B, S, Yohana, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 38-52.

Puspitasari, R. D. P. R. D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Swasta Muhammadiyah Pancur Batu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu, 3(2), 199-209.

Putra, P. (2018). Penerapan pendekatan inkuiri pada mata pelajaran IPA untuk mengembangkan karakter siswa di SDN 01 Kota Bangun. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 28-47.

Rambe, A. A., & Wirdati. (2022). Strategi Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. An-Nuha: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 166-175.

Rosneli. (2021). Penggunaan Metode Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SDN 06 Surabayo. Jurnal Sosial dan Sains, 1(7), 679-687.

Sanjani, M. A. (2020). Tugas dan Peranan Guru dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 6(1), 35-42.

Wicaksana, G. C., Khoirina, S., Salsabila, Q. A., & Ismawati, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Pembelajaran Ipa Smp. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 11(2), 89-92.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Bio-Creaducation

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Bio-Creaducation has been Indexed/Abstracted/Listed by

This work is licensed under CC BY 4.0