Meningkatkan hasil belajar siswa tentang sistem peredaran darah dengan pembelajaran kooperatif tipe CIRC dan TGT

Andina Wahyuni, Gilang Tri Atmaja, Khayatun Khasanah, Novi Apriani Maulida, Muhammad Zaini, Aminuddin Prahatama Putra, Hery Fajeriadi, Deffi Hartati, Husnul Khatimah

Abstract


Cooperative learning offers a promising alternative for improving student understanding. CIRC method (Cooperative Integrated Reading and Composition) and TGT (Teams Games Tournaments) are two types of cooperative learning designed to increase student engagement through collaboration and active interaction. This research aims to explore the application of the CIRC and TGT methods in teaching the human circulatory system, as well as analyzing their impact on the learning outcomes of class XI science students. This research consisted of 2 cycles with 5 meetings. The first cycle was held in 3 meetings, while the second cycle was held in 2 meetings. Cycle 2 is carried out based on the results of reflection from cycle 1. There are several experts who put forward action research models with different charts, but in general there are four stages that are commonly followed, namely (1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) reflection. Analysis of research data which is classified as quantitative data in the form of learning completeness results obtained from pre-test and post-test results is carried out descriptively, namely by calculating classical completeness and individual completeness. Cooperative learning types TGT and on the concept of the human circulatory system at SMAN Banjarmasin are effective in improving student learning outcomes. This can be seen from the lower percentage increase in classical completion in cycle 2 from cycle 1. However, TGT showed a more significant increase in classical completion than CIRC in cycle 2.

Pembelajaran kooperatif menawarkan alternatif yang menjanjikan untuk meningkatkan pemahaman siswa. Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan TGT (Teams Games Tournaments) merupakan dua tipe pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa melalui kolaborasi dan interaksi aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan metode CIRC dan TGT dalam pengajaran sistem peredaran darah manusia, serta menganalisis dampaknya terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan 5 kali pertemuan. Siklus pertama dilaksanakan 3 kali pertemuan, sedangkan siklus kedua dilaksanakan 2 kali pertemuan. Siklus 2 dilaksanakan berdasarkan hasil refleksi dari siklus 1. Beberapa ahli menyusun model penelitian tindakan dengan berbagai bagan, namun umumnya terdapat empat tahapan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Analisis data hasil penelitian yang tergolong data kuantitatif berupa hasil ketuntasan belajar yang diperoleh dari hasil pretes dan postes dilakukan secara deskriptif, yakni dengan menghitung ketuntasan klasikal dan ketuntasan individual. Pembelajaran kooperatif tipe TGT dan CIRC pada konsep sistem peredaran darah manusia di SMAN Banjarmasin efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari persentase kenaikan ketuntusan klasikal pada siklus 2 dari siklus 1 yang lebih rendah. Namun, TGT menunjukkan peningkatan ketuntusan klasikal yang lebih signifikan dibandingkan CIRC pada siklus 2.


Keywords


hasil belajar; model pembelajaran; TGT; CIRC

Full Text:

PDF

References


Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 5(2), 104-111.

Agustin, D. (2021). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 14(1), 34-45.

Fajeriadi, H., & Fitriani, A. (2024). Identifikasi tren penelitian dan peluang inovasi pembelajaran melalui analisis bibliometrik strategi pembelajaran biologi di sekolah menengah. Journal of Bio-Creaducation, 1(1), 8-14.

Halim, A. (2020). Peningkatan hasil belajar matematika melalui pembelajaran CIRC pada siswa kelas XI IPA C SMA Negeri 3 Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 310-318.

Huda, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa pada Materi Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 45-56.

Isnaini, S. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA NW Suralaga Lombok Timur. Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan, 5(2), 93-107.

Lakapu, M. D. (2023). Penerapan Metode Kooperatif Model TGT (Team Games Tournament) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Peredaran Darah Pada SIswa Kelas XI SMAN Negeri Banat Tahun Pelajaran 2022/2023. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(10),

Malalina, M., & Yenni, R. F. (2022). Peningkatan hasil belajar dan aktivitas peserta didik dengan pembelajaran Circ berbantuan Quizizz. Nabla Dewantara, 7(2), 49-55.

Pebrianti, A., Hamka., Gani, M. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamenet (TGT) Untuk Mningkatkan Hasil Belajar Sswa Kelas XII MIA. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 325-329.

Prasetyo, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(3), 90-102.

Rachmayanti, R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Koordinasi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Di Kelas Xi Ipa SMA. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 9 (1), 1-10.

Rahayu, L. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, 13(2), 89-100.

Rizki, A. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran TGT untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 14(3), 100-112.

Rozikin, S., Amir, H., & Rohiat, S. (2018). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA Negeri 1 Tebat Karai Dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang. Alotrop, 2(1), 78-81.

Simatupang, S. B. (2018). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model kooperatif tipe TGT pada pembelajaran IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya di kelas V MIN Medan (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Nusa Media.

Sugiarti, T. (2021). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tgt Pada Pembelajaran Materi Sistem Koordinasi. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2(2), 252-258.

Susanna, S. (2018). Penerapan Teams Games Tournament (Tgt) Melalui Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas Xi Man 4 Aceh Besar. Lantanida Journal, 5(2), 93-105.

Sutrisno, T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran CIRC untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(2), 67-79.

Syafitri, A., Amir, H., & Elvinawati, E. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dengan Media Ular Tangga Dan Media Puzzle Di Kelas XI SMA Negeri 01 Bengkulu Tengah. Alotrop, 3(2), 132-138.

Syofiana, N., Rohiat, S., & Amir, H. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match (MM) Danteam Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran Kimia Di Kelas X IPA MAN 1 Kota Bengkulu. Alotrop, 2(2), 122-131.

V.A.R. Barao, R.C., Coata, J.A.Shibli, M. Bertolini, & J.G.S.Souza. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 060880 Medan Polonia. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Wahyuda, A., Ananda, P. A. P., Bella, V. B. V., Widya, T. U, W. T. U., Windari, R. W. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Menggunakan Komik Biologi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dakam Materi Pencemaran Lingkungan Pada Siswa Kelas VII-A SMPN 1 Beringin. Biodik, 9(1), 133-138.

Wahyuni, S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran CIRC dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Matematika di SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 15(1), 67-78.

Widodo, S. (2021). Implementasi Model Pembelajaran TGT pada Pembelajaran IPS untuk Meningkat-kan Ketuntasan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial dan Kewarganegaraan, 7(1), 22-35.

Yendrita., Elijonnahdi., Alhadi, M. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Dalam Pembelajaran Biologi di SMAN Negeri 1 Kecamatan Payakumbuh. Jurnal Penelitian dan dasar Kajian Ilmiah, 18(1), 106-113.

Yulia., Shasliani., & Adiatma, L. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar tentang Kegiatan Ekonomi Siswa Kelas V UPTD SPF SDN 20 Totakka Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Vol, 1. No, 2. Tahun 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Bio-Creaducation

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Bio-Creaducation has been Indexed/Abstracted/Listed by

This work is licensed under CC BY 4.0