Optimalisasi pembelajaran sumber daya alam melalui interaksi keterampilan sains dan pendekatan problem solving

Marniyanti Marniyanti, Novia Auliyani, Saajidah Saajidah, Sabrina Munirah, Aminuddin Prahatama Putra, Muhammad Zaini, Hery Fajeriadi, Hernawati Hernawati, Ratna Yulinda

Abstract


Due to non-interactive and boring teaching, many students face difficulties in understanding the concept of natural resources. This research aims to improve the learning process of natural resources through the interaction of science skills and problem solving approach. This learning involves problem solving to encourage students to be more active and understand the material more deeply. The research used the Classroom Action Research (PTK) method implemented in two cycles on grade V elementary school students in South Kalimantan. The research procedure was designed in two cycles, where each cycle consisted of one lesson with an effective duration of four lesson hours, plus additional learning time agreed with the teacher. The results showed a significant improvement in students' concept understanding and problem solving ability from the first cycle to the second cycle. In addition, it was found that teachers' activities in guiding students also improved, although there were still some aspects that needed to be improved. The problem solving approach proved effective in improving student engagement and learning outcomes, as well as encouraging the development of critical and analytical thinking skills. The scientific impact of this study shows that the problem solving approach is generally effective in increasing student engagement in learning, although there are some aspects of guidance that need to be improved by teachers to ensure the sustainability of improved learning outcomes. Based on this research, it can be concluded that the application and problem solving approach in Natural Resources learning can be an effective alternative to improve student learning outcomes.

Akibat pengajaran yang tidak interaktif dan membosankan, banyak siswa menghadapi kesulitan untuk memahami konsep sumber daya alam. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran sumber daya alam melalui interaksi keterampilan sains dan pendekatan problem solving. Pembelajaran ini melibatkan problem solving mendorong siswa untuk lebih aktif dan memahami materi secara lebih mendalam. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pada siswa kelas V SD di Kalimantan Selatan. Prosedur penelitian dirancang dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari satu kali pembelajaran dengan durasi efektif empat jam pelajaran, ditambah waktu belajar tambahan yang disepakati bersama guru. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa dari siklus pertama ke siklus kedua. Selain itu, ditemukan bahwa aktivitas guru dalam membimbing siswa turut mengalami peningkatan, meskipun masih terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki. Pendekatan problem solving terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa, serta mendorong pengembangan keterampilan berpikir kritis dan analitis. Dampak ilmiah dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan problem solving secara umum efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, meskipun ada beberapa aspek bimbingan yang perlu diperbaiki oleh guru untuk memastikan keberlanjutan peningkatan hasil belajar. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan dan pendekatan problem solving dalam pembelajaran Sumber Daya Alam dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


hasil belajar; keterampilan sains; pendekatan problem solving

Full Text:

PDF

References


Adinia, R., Suratno, S., & Iqbal, M. (2022). Efektivitas pembelajaran aktif berbantuan lkpd problem solving terhadap keterampilan pemecahan masalah dan penguasaan konsep biologi siswa di sekolah kawasan perkebunan kopi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(2), 64-75.

Amin, S., Sari, D. I., & Liesdiani, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Menggunakan Pendekatan Problem-Solving pada Materi SPLTV Kelas X. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1962-1977.

Anggraini, P. D., & Pramudita, D. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Belajar Matematika melalui Penerapan Pendekatan Problem Solving. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(1).

Anugraheni, I. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Model Polya Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori Dan Praktik, 4(1), 1–6.

Anwar, C., Mangkuwibawa, H., Wartini, L. (2018). Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika. Journal of Islamic Primary Education, 1 (2), 1-9.

Delita, R.E., Fitri, R., Handayani, D., & Alberida, H. (2020). Pengaruh Model Pemecahan Masalah terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Ekskresi Kelas VIII SMPN 34 Padang. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 5 (1), 68-74.

Fachrurazi, F., Faridah, E., Surya, E., & Bukit, N. (2023). Pendekatan Problem Solving Berbasis Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Guru Sekolah Dasar. Euclid, 10(4), 703-712.

Fajeriadi, H., Fahmi, F., Nugroho, B. A., & Fitriani, A. (2023). Inovasi metode asesmen formatif dalam pembelajaran biologi terhadap pemahaman konsep: Studi literatur. Indonesian Journal of Science Education and Applied Science, 3(2), 43–53.

Fatmawati, S. (2023). Penggunaan Metode Problem Solving Dengan Gallery Walk Pada Materi Masa Pendudukan Jepang Di Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial, 3(1), 67-90.

Jiltasari, J., As, H., & Amaliah, N. W. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) Melalui Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Kelas Viii Smpn 007 Bambang Mamasa. Cross-border, 3(2), 276-293.

Kero, M. A., & Wewe, M. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Secara Kontekstual untuk Mengaktifkan Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran Matematika Kelas V. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 137-147.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Prenada media.

Latif, A., & Safitri, I. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Eduscience, 7(2), 1-9.

Mirayani, P., Widana, I. W., & Purwati, N. K. R. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem solving dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021. Widyadari, 22(2), 429-438.

Putri, A. I., Dharmono, D., & Zaini, M. (2020). Validitas buku ilmiah populer keanekaragaman spesies family fabaceae dalam meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(2), 186-195.

Ramadhan, A., & Nadhira, A. (2022). Penelitian tindakan kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran dengan berbasis kearifan lokal dan penulisan artikel ilmiah sesuai dengan kurikulum tahun 2013 di madrasah tsanawiyah darul hikmah medan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 121-128.

Ramlah. (2016). Penerapan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Materi Operasi Hitung Kelas Iv Sd Kartika Banda Aceh. Jurnal Peluang, 4(2), 6-17.

Rosyidah, I. (2019). Peran Guru Kelas Dalam Menciptakan suasana Pembelajaran Yang efektif dan Menyenangkan Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar siswa. Semarang: Program Strata Satu Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Sabaniah, N., Winarni, E. W., & Jumiarni, D. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir kreatif melalui lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis creative problem solving. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(2), 230-239.

Sari, P. R., Suwatno, S., & Santoso, B. (2020). Penerapan metode problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 9(1).

Setiawan, H., Biyatmoko, D., & Putra, A. P. (2021). Profile of Student Ability in Creative Problem Solving in Biotechnology Concepts. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(3), 143-149.

Siri, A., & Haya, H. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menggunakan Model Creative Problem Solving Kelas X MA Nurun Najah. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1337-1344.

St Maryam M, S. M. M., Zainal, Z., & Armila. (2019). Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 95 Kecamatan Suppa. Skripsi, Universitas Negeri Makassar.

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal ilmiah edunomika, 2(01).

Syachputra, F. I. (2023). Kajian teori: Pengembangan modul matematika pada pembelajaran problem solving dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 6, pp. 270-274).

Wartini, I., Mangkuwibawa, H., & Anwar, C. (2018). Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika. Journal of Islamic Primary Education, 1(2).

Zamzami, Z., Sakdiah, S., & Nurbaiza, N. (2020). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas X SMA NEGERI 1 Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(1), 123-133.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Bio-Creaducation

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Bio-Creaducation has been Indexed/Abstracted/Listed by

This work is licensed under CC BY 4.0