Pemanfaatan Data Geospasial dalam Proses Pembelajaran Geografi Pada Kondisi Bencana Covid-19
Abstract
Covid-19 termasuk bencana nonalam yang terjadi di negara maju dan negara berkembang. Negara berkembang yang terkena dampak Covid-19 adalah Indonesia. Proses pembelajaran selama bencana Covid19 dilakukan secara online begitu dalam pembelajaran geografi. Geografi merupakan ilmu spasial (Ruang atau tempat) yang diyakini mampu membekali spatial intelligence, spatial ability kepada peserta didik. Kajian geografi membentang dari obyek/fenomena litosfer, hidrosfer, atmosfer, biosfer, antroposfer. Data geospasial (peta) dalam pengajaran geografi merupakan media belajar yang penting untuk mengembangkan pengertian ruang dan tempat. Geografi menelaah semua substanisnya darisudut pandang spasial sehingga mengharuskan penggunaan peta; baik peta kerja, peta hasil maupun peta rekomendasi. Begitu besar manfaat data geospasial dalam pembelajaran geografi. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan data geospasial dalam proses pembelajaran geografi pada kondisi bencana Covid-19. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik analisis menggunakan teknik triangulasi. Hasil yang didapatkan penelitian ini adalah (a) data geospasial (peta) mempunyai kemampuan-kemampuan tertentu yang merupakan ciri khasnya. (b) geografi seringkali overlap dengan bidang ilmu lain, yang membedakan adalah sudut pandang spasial. (c) pemanfaatan data geospasial dalam proses pembelajaran geografi pada kondisi Covid19 sangat memerlukan bantuan teknologi geospasial yang berbasis komputer.
Kata Kunci: Data Geospasial, Pembelajaran Geografi, Bencana Covid-19
Full Text:
PDFReferences
Aditya, D. (2009). Penelitian Deskriptif. Surakarta: Politeknik Kesehatan. Surakarta
Adyatma, S., Normelani, E., & Riadi, S. (2017). KOMPETENSI GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI KOTA BANJARMASIN. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 4(5).
Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS PROYEK SALAH SATU SOLUSI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah Profesi pendidikan, 5(1), 64-70.
Bolongaro, I. (2020). Trudeau wins opposition backing for $57 billion virus aid package.
Engkus, E., Suparman, N., Tri Sakti, F., & Saeful Anwar, H. (2020). Covid-19: Kebijakan mitigasi penyebaran dan dampak sosial ekonomi di Indonesia. LP2M.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.
Hoi, S. C., Sahoo, D., Lu, J., & Zhao, P. (2018). Online learning: A comprehensive survey.arXiv preprint arXiv:1802.02871.
Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-ilmu Sosial. Salemba Humanika. Jakarta.
Kartika, I. R. (2020). Survey Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Mahasiswa Keperawatan. Real in Nursing Journal, 3(1), 40-48.
Keukeu Rohendi., Luri Setiawan, 2017. Aplikasi Pemetaan Kost dan Kontrakan di sekitar Kampus dan Instansi di Kota Padang. Indonesian Journal of Computer Science. ISSN 2302-4364 (print), 2549-7286 (online). Volume 6, No.1.
Kyodo, J. (2020). Japan may dish out cash to households impacted by coronavirus. 2020, March 14, 2020.
Kurniawan, M. E., Rahmah, A., & Komalasari, K. (2020, May). INOVASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KREATIF. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.
Mulyadi, M. 2011. Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar menggabungkannya. Jurnal studi komunikasi dan media,15(1),128-137.
N.W. Koesmawardhani, (2020, Maret 17). Pemerintah Tetapkan Masa Darurat Bencana Corona hingga 29 Mei 2020. Detiknews. Diunduh dari https://news.detik.com/berita/d -4942327/pemerintah• tetapkan-masa-darurat-bencana-corona-hingga-29-mei-2020
Priambodo, R. P. P., Kahar, S., & Haniah, H. (2015). Pembuatan Peta Jalur Kondusif Bersepeda Kota Semarang. Jurnal Geodesi Undip, 4(2), 131-138.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar.
EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.
Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. 'ADALAH, 4(1).
Putranti, N. (2016). Cara Membuat Media Pembelajaran Online Menggunakan Edmodo. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 2(2), 139-147.
Riadi, S., & Normelani, E. (2017). ANALISIS KOMPETENSI GURU GEOGRAFI DALAM MELAKSANAKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DI SMA NEGERI KOTA BANJARMASIN. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 4(1).
Riadi, S., Normelani, E. N., Efendi, M., Safitri, I., & Tsabita, G. F. I. (2020). Persepsi Mahasiswa Prodi S1 Geografi FISIP ULM Terhadap Kuliah Online Di Masa Pandemi Covid-19. PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 2(2), 219-227.
Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Respon Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia UNESA. Integralistik, 31(1), 1- 12.
Setemen, K. (2010). Pengembangan evaluasi pembelajaran online. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(3).
Satriah, L., Miharja, S., Setiana, W., & Rohim, A. S. (2020). Optimalisasi bimbingan online dalam upaya mencegah penyebaran virus Covid-19 pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN SGD Bandung.
Sari, Y. I. PEMANFAATAN DATA GEOSPASIAL PETA) DALAM PROSES PEMBELAJARAN GEOGRAFI.
Suharjo, S., & M Musiyam, M. M. (2008). PEMANFAATAN PETA DAN FOTO DALAM PENDIDIKAN GEOGRAFI DI SMP 3 TEPUS GUNUNG KIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKATA.
Suwito., Yuli Ifana Sari., Tri Wahyudianto., Nila Restu Wardani., 2016. Pemanfaatan Data Geospasial (Peta) dalam Proses Pembelajaran Geografi.
Sumaatmadja, N. dkk.(1997). Konsep dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.
Walker, G. T. P., et al. (2020). The Global Impact of COVID-19 and Strategies for Mitigation and Suppression. WHO Collaborating Centre for Infectious Disease Modelling, MRC Centre for Global Infectious Disease Analysis, Abdul Latif Jameel Institute for Disease and Emergency Analytics. London: Imperial College.
Weible, C. M., & Sabatier, P. A. (Eds. . (2017). Theories of the policy process. New York: Hachette.
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.20527/jgp.v1i1.2294
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JGP (Jurnal Geografika: Geografi Lingkungan Lahan Basah) di Indeks Oleh :