IMPLEMENTASI SEKOLAH SIAGA KEPENDUDUKAN MELALUI PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI MAN INSAN CENDEKIA TANAH LAUT
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan kependudukan, faktor penghambat implementasi pendidikan kependudukan, dan upaya yang dilakukan dalam mengimplentasikan pendidikan kependudukan melalui pembelajaran geografi dalam mendukung Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) di MAN Insan Cendekia Tanah Laut. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif yaitu tahapan data reduction, data display, dan conclusion drawing/veryficatiion. Hasil penelitian implementasi pendidikan kependudukan dalam mata pelajaran geografi di kelas XI MAN Insan Cendekia Tanah Laut telah dilaksanakan oleh guru pada perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran dan penilaian. Pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) implementasi pendidikan kependudukan dapat dilihat pada kompetensi dasar, indikator dan tujuan pembelajaran. Faktor penghambat implementasi pendidikan kependudukan adalah siswa beranggapan materi kependudukan terlalu luas dan banyak hapalan serta motivasi belajar siswa yang kurang. Upaya yang dilakukan oleh guru geografi dalam mengimplementasikan pendidikan kependudukan adalah memberikan metode dan media pembelajaran yang menarik untuk mempelajari materi kependudukan serta penyediaan layanan pojok kependudukan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdiyah, A., Hartanti, F. I., & Sulistyorini, Y. (2020). Implementation Analysis Of Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) In East Java 2019. Jurnal Biometrika Dan Kependudukan, 9(2), 137–145.
Ahmad Khoiri, M. P., & Septian Peterianus, S. S. (2021). Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup. Media Sains Indonesia.
Aini, S., & Sahono, B. (2019). Implementation Of School Programs At Population In Learning (Case Study in South Bengkulu 1 High School). Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 9(1), 12–21.
Anwar, K. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran IPS Materi tentang Dinamika Kependudukan. Universitas Lambung Mangkurat Perss.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Peneltian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Awwaluddin, A. M., & Sadewo, F. X. S. (2021). Analisa Kebijakan Pendidikan Kependudukan: Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Dalam Perspektif Teori Agil Talcott Parssons. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hummanioramaniora, 5(1), 181–191.
Basri, K. (2013). Integrasi PKLH Dalam Pembelajaran. PTK Press.
BKKBN. (2022). Info Grafis Pendidikan Kependudukan. Retrieved from Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional website:https://www.bkkbn.go.id
Devanantyo, N. U. (2021). Analisis Pengaruh Pertumbuhan Penduduk, Pertumbuhan Ekonomi, Pendidikan, Dan Pengangguran Terhadap Kemiskinan Di Provinsi Jawa Timur (Tahun 2015-2019). Universitas Brawijaya.
Erlangga, A. (2019). Mini Survei Pemanfaatan Media Promosi Pendidikan Kependudukan Bagi Remaja Sebagai Acuan Peningkatan Media Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) Pendidikan Kependudukan (Laporan Aktualisasi). BKKBN.
Fuadi, H. (2021). Analisis Dampak Peningkatan Laju Pertumbuhan Penduduk (Data SP2020) Terhadap Pengendalian Kuantitas Penduduk di Nusa Tenggara Barat. Elastisitas-Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 148–155.
Kartika, N. Y., Amanda, A. R., & Efendi, M. (2020). Wanita Berpendidikan dan Bekerja Mengurangi Resiko Praktik “Kawin Anum” Di Perdesaan Kalimantan Selatan. Jurnal Geografika (Geografi Lingkungan Lahan Basah), 1(1), 43–49.
Kartika, N. Y., Efendi, M., Normelani, E., Heru, H., & Sopyan, S. (2021). The Influence of Education, Welfare and Residential Area on Adolescent Marriages in South Kalimantan Province. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 23(1), 18–26.
Kartikasari, Y., & Hidayah, N. (2021). Implementasi Program Siaga Kependudukan Pada SMAN 1 Ngaglik Sleman. DIMENSIA: Jurnal Kajian Sosiologi, 10(2), 174–190.
Putra, A. K., Insani, N., Islam, M. N., Rafi’Attamimi, M., & Mukti, A. B. K. (2020). Implementasi pendidikan kependudukan dan reproduction health dalam mendukung sekolah siaga kependudukan di Kabupaten Malang. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial (JPDS), 3(2), 54–60.
Ratnasari, D., Kartika, N. Y., & Normelani, E. (2021). Indikator Yang Mempengaruhi Pernikahan Dini di Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Geografika (Geografi Lingkungan Lahan Basah), 2(1), 35–42.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cet. Ke-12. Bandung: Alfabeta.
Titisari, A. S. (2018). Tren Pengetahuan Sikap Dan Perilaku (PSP) Remaja Terhadap Isu Kependudukan. Piramida: Jurnal Kependudukan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, 14(1), 16–22.
Wenagama, I. W., & Kartika, D. (2016). Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi terhadap Usia Kawin Pertama Wanita di Kecamatan Bangli. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 5(3), 44603.
DOI: https://doi.org/10.20527/jgp.v2i2.5013
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JGP (Jurnal Geografika: Geografi Lingkungan Lahan Basah) di Indeks Oleh :