MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM ADIWIYATA PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriyeni, Y. (2018). Pembentukan Karakter Anak Untuk Peduli Lingkungan Yang Ada Di Sekolah Adiwiyata Mandiri SDN 6 Pekanbaru. Jurnal PAUD Lectura : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 123–133.
Dasrita, Y., Saam, Z., Amin, B., & Siregar, Y. I. (2015). Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Adiwiyata. Dinamika Lingkungan Indonesia, 2(1), 61–64. doi:10.31258/dli.2.1.p.61-64
Fahlevi, R., Jannah, F., & Sari, R. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan Sungai Berbasis Kewarganegaraan Ekologis Melalui Program Adiwiyata di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 5(2), 68–74.
Fahlevi, R., Jannah, F., & Sari, R. (2021). Internalization of River Culture Literacy Based on Ecological Citizenship at Adiwiyata School. Proceedings of the 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020) (Vol. 525). Atlantis Press. doi:10.2991/assehr.k.210222.038
Hamzah, S. (2013). Pendidikan lingkungan: Sekelumit wawasan pengantar. Bandung: Refika Aditama.
Jannah, F., Radiansyah, Sari, R., Fahlevi, R., Wardini, S., Aisyah, S., & Kurniawan, W. (2022). Implementasi Pembelajaran HOTS Berbasis Pendekatan Lingkungan di Sekolah Dasar Se-Kabupaten Banjar. Primary:Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 189–197.
Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. (2013). Retrieved from Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia. Retrieved from http://blh.jogjaprov.go.id /pocontent/uploads/Permen-LH-No-05-th2013-Tentang-Pedoman-Adiwiyata
Ridwan, M., & Muhammad Efendi, N. (2022). Tanggapan Masyarakat Bantaran Sungai Terhadap Kualitas Air (Studi Pada Masyarakat Pembelajar di Kelurahan Kuin Selatan, Kota Banjarmasin). PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 4(1), 1-6.
Nasruddin, N. (2020). Dinamika Pergerakan Pembentukan Keilmuan Geografi di Universitas Lambung Mangkurat Tahun 2013-2019. Jurnal Geografika (Geografi Lingkungan Lahan Basah), 1(1), 1-11.
Nuzulia, S., & Purnomo, A. (2019). Implementasi Program Adiwiyata Mandiri dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan, 6(2), 155–164.
Oskamp, S. (2000). A sustainable future for humanity? How can psychology help? American Psychologist, 55(5), 496–508. doi:10.1037/0003-066X.55.5.496
Pradini, I. K., Sudjanto, B., & Nurjannah, N. (2018). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sdn Tanah Tinggi 3 Kota Tangerang. Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 7(2), 122–132. doi:10.21009/jgg.072.03
Qurrotaini, L., & Diana, D. (2021). Analisis Kesiapsiagaan Bencana Banjir Di Sdn Petukangan Selatan 02 Jakarta Selatan. Jurnal Geografika (Geografi Lingkungan Lahan Basah), 2(2), 70-78.
Radiansyah, R., Sari, R., Jannah, F., Kurniawan, W., Aisyah, S., & Wardini, S. (2022). Implementation of HOTS Learning Based on Environmental Approach in Elementary School in Banjar District. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 9(1), 1–6. doi:10.31316 /esjurnal.v9i1.1855
Rahmah, Y. D., Indradi, S. S., & Riyanto. (2014). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata (Studi pada SDN Manukan Kulon III/ 540 Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 2(4)
Riyanti, E., & Maryani, I. (2019). Implementasi Program Adiwiyata dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di SD MUhammadiyah Bodon Kotagede, 2(3), 109–116.
Rohman, A. (2009). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama Yogyakarta.
Rokhmah, U. N. (2019). Pelaksanaan Program Adiwiyata Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 67. doi:10.35931/aq.v0i0.133
Saputro, R., & Liesnoor, D. (2015). Implementasi Program Adiwiyata Dalam Pengelolaan Lingkungan Sekolah Di Sma Negeri 1 Jekulo Kudus. Edu Geography, 3(6), 44–53.
Ulfah, R. (2021). Implementasi Sekolah Siaga Kependudukan Melalui Pembelajaran Geografi di MAN Insan Cendekia Tanah Laut. Jurnal Geografika (Geografi Lingkungan Lahan Basah), 2(2), 91-100.
Wardani, D. N. K. (2020). Analisis Implementasi Program Adiwiyata dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 60–73. doi:10.21154/sajiem.v1i1.6
Warju, Harto, S. P., Soenarto, & Hartmann, M. D. (2017). Evaluating the Implementation of Green School (Adiwiyata) Program: Evidence from Indonesia. International Journal of Environmental and Science Education, 12(6), 1483–1501. Retrieved from http://www.ijese.net/makale/1914
Yasin, M. K. (2019). Character Education for Environmental Awareness through the Adiwiyata Program. Islamic Studies Journal for Social Transformation, 3(2), 127. doi:10.28918/isjoust.v3i2.2265
DOI: https://doi.org/10.20527/jgp.v3i1.5096
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JGP (Jurnal Geografika: Geografi Lingkungan Lahan Basah) di Indeks Oleh :