MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM ADIWIYATA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Fathul Jannah, Reja Fahlevi, Raihanah Sari, Radiansyah Radiansyah, Muhammad Zefri, Diky Raihan Akbar, Ghaitsa Zahira Shofa, Ghina Alfina Luthfia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program adiwiyata dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan pada siswa di Sekolah Dasar Negeri Kertak Hanyar 1.1. Kabupaten Banjar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebuah pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deksriftif. Hasil yang ditimbulkan dari penelitian ini memaparkan bahwa karakter yang peduli terhadap lingkungan di sekolah yang telah terintegrasi dengan berbagai aspek program Adiwiyata ini. Diperlihatkannya Visi, misi dan tujuan dari sekolah mengenai keterkaitan dengan lingkungan, terintegrasinya kurikulum ini walau masih belum optimal pada berbagai mata pelajaran yang materinya terait dengan lingkungan, salah satunya adalah pramuka yang merupakan kegiatan ekstrakulikuler yang terkait dengan lingkungan, kemudian berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kebersihan lingkungan sungai, dan juga sarana dan prasarana yang ramah lingkungan yang tersedia baik. Pada sekolah tersebut telah diimplementasikan dengan baik berbagai karakter yang peduli dengan lingkungan, tetapi masih perlu dioptimalisasikan terlebih dahulu dengan beragam nilai karakter yang peduli dengan lingkungan. Hal tersebut perlu dilakukan dari tingkat yang paling dasar sehingga dapat menumbuhkan serta menumbuhkan nilai karakter peduli lingkungan pada setiap peserta didik di sekolah. Pada sekolah tersebut telah diimplementasikan dengan baik berbagai karakter yang peduli dengan lingkungan, tetapi masih perlu dioptimalisasikan terlebih dahulu dengan beragam nilai karakter yang peduli dengan lingkungan. Hal tersebut perlu dilakukan dari tingkat yang paling dasar sehingga dapat menumbuhkan serta menumbuhkan nilai karakter peduli lingkungan pada setiap peserta didik di sekolah. Pada sekolah tersebut telah diimplementasikan dengan baik berbagai karakter yang peduli dengan lingkungan, tetapi masih perlu dioptimalisasikan terlebih dahulu dengan beragam nilai karakter yang peduli dengan lingkungan. Hal tersebut perlu dilakukan dari tingkat yang paling dasar sehingga dapat menumbuhkan serta menumbuhkan nilai karakter peduli lingkungan pada setiap peserta didik di sekolah.

Keywords


Program Adiwiyata, Karakter Peduli Lingkungan, Siswa Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References


Afriyeni, Y. (2018). Pembentukan Karakter Anak Untuk Peduli Lingkungan Yang Ada Di Sekolah Adiwiyata Mandiri SDN 6 Pekanbaru. Jurnal PAUD Lectura : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 123–133.

Dasrita, Y., Saam, Z., Amin, B., & Siregar, Y. I. (2015). Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Adiwiyata. Dinamika Lingkungan Indonesia, 2(1), 61–64. doi:10.31258/dli.2.1.p.61-64

Fahlevi, R., Jannah, F., & Sari, R. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan Sungai Berbasis Kewarganegaraan Ekologis Melalui Program Adiwiyata di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 5(2), 68–74.

Fahlevi, R., Jannah, F., & Sari, R. (2021). Internalization of River Culture Literacy Based on Ecological Citizenship at Adiwiyata School. Proceedings of the 2nd International Conference on Social Sciences Education (ICSSE 2020) (Vol. 525). Atlantis Press. doi:10.2991/assehr.k.210222.038

Hamzah, S. (2013). Pendidikan lingkungan: Sekelumit wawasan pengantar. Bandung: Refika Aditama.

Jannah, F., Radiansyah, Sari, R., Fahlevi, R., Wardini, S., Aisyah, S., & Kurniawan, W. (2022). Implementasi Pembelajaran HOTS Berbasis Pendekatan Lingkungan di Sekolah Dasar Se-Kabupaten Banjar. Primary:Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 189–197.

Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. (2013). Retrieved from Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia. Retrieved from http://blh.jogjaprov.go.id /pocontent/uploads/Permen-LH-No-05-th2013-Tentang-Pedoman-Adiwiyata

Ridwan, M., & Muhammad Efendi, N. (2022). Tanggapan Masyarakat Bantaran Sungai Terhadap Kualitas Air (Studi Pada Masyarakat Pembelajar di Kelurahan Kuin Selatan, Kota Banjarmasin). PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 4(1), 1-6.

Nasruddin, N. (2020). Dinamika Pergerakan Pembentukan Keilmuan Geografi di Universitas Lambung Mangkurat Tahun 2013-2019. Jurnal Geografika (Geografi Lingkungan Lahan Basah), 1(1), 1-11.

Nuzulia, S., & Purnomo, A. (2019). Implementasi Program Adiwiyata Mandiri dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan, 6(2), 155–164.

Oskamp, S. (2000). A sustainable future for humanity? How can psychology help? American Psychologist, 55(5), 496–508. doi:10.1037/0003-066X.55.5.496

Pradini, I. K., Sudjanto, B., & Nurjannah, N. (2018). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sdn Tanah Tinggi 3 Kota Tangerang. Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 7(2), 122–132. doi:10.21009/jgg.072.03

Qurrotaini, L., & Diana, D. (2021). Analisis Kesiapsiagaan Bencana Banjir Di Sdn Petukangan Selatan 02 Jakarta Selatan. Jurnal Geografika (Geografi Lingkungan Lahan Basah), 2(2), 70-78.

Radiansyah, R., Sari, R., Jannah, F., Kurniawan, W., Aisyah, S., & Wardini, S. (2022). Implementation of HOTS Learning Based on Environmental Approach in Elementary School in Banjar District. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 9(1), 1–6. doi:10.31316 /esjurnal.v9i1.1855

Rahmah, Y. D., Indradi, S. S., & Riyanto. (2014). Implementasi Program Sekolah Adiwiyata (Studi pada SDN Manukan Kulon III/ 540 Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 2(4)

Riyanti, E., & Maryani, I. (2019). Implementasi Program Adiwiyata dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di SD MUhammadiyah Bodon Kotagede, 2(3), 109–116.

Rohman, A. (2009). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama Yogyakarta.

Rokhmah, U. N. (2019). Pelaksanaan Program Adiwiyata Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 67. doi:10.35931/aq.v0i0.133

Saputro, R., & Liesnoor, D. (2015). Implementasi Program Adiwiyata Dalam Pengelolaan Lingkungan Sekolah Di Sma Negeri 1 Jekulo Kudus. Edu Geography, 3(6), 44–53.

Ulfah, R. (2021). Implementasi Sekolah Siaga Kependudukan Melalui Pembelajaran Geografi di MAN Insan Cendekia Tanah Laut. Jurnal Geografika (Geografi Lingkungan Lahan Basah), 2(2), 91-100.

Wardani, D. N. K. (2020). Analisis Implementasi Program Adiwiyata dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 60–73. doi:10.21154/sajiem.v1i1.6

Warju, Harto, S. P., Soenarto, & Hartmann, M. D. (2017). Evaluating the Implementation of Green School (Adiwiyata) Program: Evidence from Indonesia. International Journal of Environmental and Science Education, 12(6), 1483–1501. Retrieved from http://www.ijese.net/makale/1914

Yasin, M. K. (2019). Character Education for Environmental Awareness through the Adiwiyata Program. Islamic Studies Journal for Social Transformation, 3(2), 127. doi:10.28918/isjoust.v3i2.2265




DOI: https://doi.org/10.20527/jgp.v3i1.5096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

















Jurnal ini diterbitkan oleh :
Pusat Pengelolaan Jurnal dan Penerbitan (PPJP)
Universitas Lambung Mangkurat
Program Studi Geografi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Ciptaan disebarluaskan di bawah  Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Lisensi Creative Commons

 JGP (Jurnal Geografika: Geografi Lingkungan Lahan Basah) di Indeks Oleh :