Internalisasi Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Geografi di MAN Insan Cendekia Tanah Laut

Restu Ulfah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan muatan nilai karakter peduli lingkungan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), proses internalisasi karakter peduli lingkungan pada proses pembelajaran geografi dan upaya pembiasaan sikap peduli lingkungan melalui pembelajaran geografi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif, yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau validasi. Hasil penelitian internalisasi karakter peduli lingkungan melalui mata pelajaran geografi di kelas XI MAN Insan Cendekia Tanah Laut. Internalisasi karakter peduli lingkungan telah dilakukan oleh guru pada mata pelajaran geografi di kelas XI MAN Insan Cendekia Tanah Laut. Muatan nilai karakter peduli lingkungan telah ada pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mata pelajaran geografi, proses internalisasi karakter peduli lingkungan pada proses pembelajaran geografi dan upaya pembiasaan sikap peduli lingkungan melalui pembelajaran geografi di MAN Insan Cendekia Tanah Laut.
 

Keywords


internalisasi; karakter peduli lingkungan; pembelajaran geografi

Full Text:

PDF

References


Afriyeni, Y. (2018). Pembentukan Karakter Anak Untuk Peduli Lingkungan Yang Ada Di Sekolah Adiwiyata Mandiri SDN 6 Pekanbaru. Jurnal PAUD Lectura : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 123–133.

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Revisi Ke). Jakarta: Rineka cipta.

Bahrudin, M. D. F. (2017). Pelaksanaan program Adiwiyata dalam mendukung pembentukan karakter peduli lingkungan di SMA Negeri 4 Pandeglang. Jurnal Pendidikan Geografi, 17(1), 25–37.

Basri, K. (2013). Integrasi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH) Dalam Pembelajaran. PTK Press.

Efendi, M., Nasruddin, N., & Karani, S. (2022). Partisipasi Sekolah Terhadap Masyarakat Pembelajar Tangguh Bencana Di Lingkungan Lahan Basah. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 7(2), 97–109.

Hadi, H., & Subhani, A. (2017). Internalisasi karakter peduli lingkungan dan tanggap bencana pada siswa sekolah melalui program Geography Partner Schools. Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia, 176–188.

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di Sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68.

Jannah, F., Fahlevi, R., Sari, R., Radiansyah, R., Zefri, M., Akbar, D. R., … Luthfia, G. A. (2022). Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Geografika (Geografi Lingkungan Lahan Basah), 3(1), 1–9.

Keraf, A. S. (2010). Etika lingkungan hidup. Penerbit Buku Kompas.

Musyarri, F. A. (2020). Anotasi atas Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Hukum Lex Generalis, 1(7), 40–46.

Nasruddin; Efendi, M. (2021). Ecoedutourism (Model Penataan Kawasan Lahan Gambut Studi di KPH Kayu Tangi Kalimantan Selatan) (1st ed.; E. Suyanto; Normelani, Ed.). Banjarmasin: Program Studi Geografi, ULM.

Nisa, J., Maryani, E., & Ningrum, E. (2017). Identifikasi pembelajaran ips berbasis literasi geografi dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan peserta didik. SOSIO Didakt. Soc. Sci. Educ. J., 4(1), 1–13.

Noviarti, D. Y., & Suasti, Y. (2018). Internalisasi Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Geografi di Sekolah Adiwiyata (Studi Kasus: SMAN 11 Padang). JURNAL BUANA, 2(5), 338–346.

Nuzulia, S., Sukamto, S., & Purnomo, A. (2019). Implementasi program adiwiyata mandiri dalam menanamkan karakter peduli lingkungan. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(2), 155–164.

Purnomo, A. (2015). pengaruh pembelajaran outdoor terhadap pengetahuan, dan sikap pelestarian lingkungan mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, Dan Praktek Dalam Bidang Pendidikan Dan Ilmu Geografi, 20(1), 37–47.

Ridwan, M., & Muhammad Efendi, N. (2022). Tanggapan Masyarakat Bantaran Sungai Terhadap Kualitas Air (Studi Pada Masyarakat Pembelajar di Kelurahan Kuin Selatan, Kota Banjarmasin). PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 4(1), 1–6.

Sekretariat Negara, R. I. (2009). Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Sekretariat Negara. Jakarta.

Suaedi, H. T. (2016). Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup. Bogor: Penerbit IPB.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Cet Ke 12). Bandung: Alfabeta.

Sukitman, T., & Ridwan, M. (2016). Implementasi Pendidikan Nilai (Living Values Education) Dalam Pembelajaran IPS (Studi Terhadap Pembentukan Karakter Anak Di Tingkat Sekolah Dasar). Profesi Pendidikan Dasar, 3(1), 30–41.

Ulfah, R. (2021). Implementasi Sekolah Siaga Kependudukan Melalui Pembelajaran Geografi di MAN Insan Cendekia Tanah Laut. Jurnal Geografika (Geografi Lingkungan Lahan Basah), 2(2), 91–100.

Ulum, B. (2017). Internalisasi karakter peduli terhadap lingkungan di SMAN 4 Kota Pasuruan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Widyaningrum, R. (2016). Pembentukan karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar Melalui Sekolah Peduli Dan Berbudaya Lingkungan. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 11(1).

Wihardjo, R. S. D., & Rahmayanti, H. (2021). Pendidikan Lingkungan Hidup. Penerbit NEM.




DOI: https://doi.org/10.20527/jgp.v3i2.6743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

















Jurnal ini diterbitkan oleh :
Pusat Pengelolaan Jurnal dan Penerbitan (PPJP)
Universitas Lambung Mangkurat
Program Studi Geografi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Ciptaan disebarluaskan di bawah  Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Lisensi Creative Commons

 JGP (Jurnal Geografika: Geografi Lingkungan Lahan Basah) di Indeks Oleh :