Meningkatkan Aktivitas Siswa Melalui Pendekatan Auditory Intellectual Repetition (AIR) dalam Pembelajaran Kooperatif
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67–78.
Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11–21.
Atkin, J. M., Black, P., & Coffey, J. (2001). Classroom assessment and the national science standards. In 2010. National Academies Press. Retrieved May, 1 (Ed.), Unless otherwise indicated, all materials in. . Washington, DC.
Dirman, D., & Juarsih, C. (2014). Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fatmawati, A. (2014). Penerapan Pendekatan Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada Materi Pertidaksamaan di Kelas X-C SMAN 1 Kauman Tulungagung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 30–35.
Fatmawati, A. (2014). Penerapan Pendekatan Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada Materi Pertidaksamaan di Kelas X-C SMAN 1 Kauman Tulungagung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 30–35.
Fitriani, A. (2016). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan AIR (Auditory Intellectually Repe-tition) Setting Kooperatif Tipe NHT. Journal of Mathematics Education, 1, 28–35.
Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Holubec, E. J. (2012). Colaborative Learning Strategi Pembelajaran Untuk Sukses Bersama. Bandung: Nusa Media.
Kulsum, U., & Hindarto, N. (2011). Penerapan Model Learning Cycle Pada Sub Pokok Bahasan Kalor Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7, 128–133.
Megasari, T., Sripatmi, S., & Kurniati, N. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan AIR (Auditory Intellectual Repe-tition) Pada Materi Pokok Fungsi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIIIA SMPN 18 Mataram Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pijar MIPA, 7(1), 1–42.
Megasari, T., Sripatmi, S., & Kurniati, N. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan AIR (Auditory Intellectual Repetition) Pada Materi Pokok Fungsi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIIIA SMPN 18 Mataram Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pijar MIPA, 7(1), 1–42.
Muspawi, M. (2014). Profesionalitas Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pada Sekolah Dasar Negeri No. 76/IX Desa Mendalo Darat Kec. Jaluko Kab. Muaro Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi, 17(1), 57–62.
Putri, R. A., Mastuang, M., & Salam, A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan FisikaIlmiah Pendidikan Fisika, 1(3), 169–185.
Rusiati, R., Zainuddin, Z., & Salam, A. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Suhu dan Kalor Di Smk Farmasi ISFI Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(3), 220–229.
Samani, S., & Hariyanto, H. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Septina, H., Hartini, S., & Suyidno, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 62–69.
Setyawanto, A., Sunaryo H, S., & Basuki, I. A. (2013). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMP Di Kota Malang. Artikel Skripsi Sarjana Pendidikan, 1–11.
Slavin, E. R. (2010). Pembelajaran Kooperatif: Teori, riset dan Praktek. Bandung: Nusa.
Slavin, R. E. (1996). Research For The Future Research on Cooperative Learning and Achievement : What We Know , What We Need to Know. Contemporary Educational Psychology Article, 21(4), 43–69.
Syahliani, M., Jamal, M. A., & An’nur, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Auditory Inte-lectually Repetition (AIR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(3), 213–221.
Tirtarahardja, T., & Sulo, S. (2012). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Vingki, L., An’nur, S., & Salam, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Media Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Di Kelas VII SMP Negeri 7 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 73–81.
Widoyoko, E. P. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran, Panduan Praktis bagi Pendidikan dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widoyoko, S., & E., P. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pandidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v2i3.1002
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |