Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD)
Abstract
Hasil belajar IPA fisika siswa kelas VIII B SMP Negeri 31 Banjarmasin rendah. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar IPA fisika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) keterlaksanaan RPP kooperatif tipe STAD, (2) peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD, (3) peningkatan keterampilan sosial siswa selama pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelasmenggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdri dari 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMPN 31 Banjarmasin. Data diperoleh melalui pengamatan dan tes hasil belajar. Data dianalisis secara deskrptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) adanya peningkatan keterlaksanaan RPP secara keseluruhan dari 71,29% menjadi 86,20%, (2) peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa setiap siklus yaitu 68,97% menjadi 96,55%, dan (3) keterampilan sosial siswa selama pembelajaran kooperatif tipe STAD berkategori aktif. Diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran koperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA fisika siswa kelas VIII B SMP Negeri 31 Banjarmasin.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Penddikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Chasanah, U. U., Snon, I. L., & Widyaningsih, S. W. (2016). Penerapan Model Koperatif Tipe STAD (Student Team Achivement Divison) dengan Media Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IX A SMP Negeri 19 Manokwari. Pancaran Pendidikan, 5(2), 25-38.
Daud, F. (2012). Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA 3 Negeri kota palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 243-255.
Dewantara, D., Jamal, M. A., & An’nur, S. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Jorong Melalui Pembelajaran Koperatif Tipe Somatc Audtory Visual and Intelectual pada Pokok Bahasan Impuls dan Momentum. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 159–168.
Gumay, O. P. U., Kodarsih, E., & Mulyanto, A. B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Muara Beliti Tahun Pelajaran 2015/2016. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 5, pp. SNF2016-EER).
Hamdani, D. (2014). Penerapan Model Kooperatf Tipe STAD dengan Microsoft Power point untuk Menngkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 5 Kota Bengkulu. Exacta, 8(1): 15-16.
Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kurniasih, D., An’nur, S., & Wati, M. (2014). Meniingkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Koperatif Tipe Team Game Tournamen (TGT). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(3), 281–291.
Majid, A. (2014). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mappeasse, M. Y. (2009). Pengaruh cara dan motivasi belajar terhadap hasil belajar programable logic controller (PLC) siswa kelas III jurusan listrk SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal Medtek, 1(2), 1-6.
Maryani, E., & Syamsudin, H. (2009). Pengembangan Program Pemblajaran IPS untuk meningkatkan kompetensi Keterampilan sosial. Jurnal Penelitian, 9(1).
Nurkhatimah, N., Zainuddin, Z., & Hartini, S. (2014). Meningkatkan Hasl Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pemblajaran Koperatif Tipe Take and Give. .Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 110–122.
Prasetyaningtyas, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Stad untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar IPA pada Materi Pewarisan Sifat Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Semin. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (Vol. 2, pp. 430-442).
Slavin, R E. (2005). Cooperative Learning (Narulta Yusron, Penerjemah). Bandung: Penerbit Nusa Media.
Suyidno dan Jamal, M A. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Banjarmasin: P3AI Universitas Lambung Mangkurat.
Tahamoa, N. A., Kundera, I. N., & Dhafir, F. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN 14 Ampana. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(4).
Ulansari, I. (2012). Keterampilan Sosial Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Di Sman 1 Sumberejo Bojonegoro (Students’social Skill Through Cooperative Learning Model Stad Type On Buffer Solution Subject At Sman 1 Sumberrejo B. Unesa Journal Of Chemical Education, 1(1).
Yahyana, Z., Arifuddin, M., & Miriam, S. (2017). Menngkatkan Hasil Belajar Siwa Kelas VIII C SMP Negri 26 Banjarmasn Topk Cahaya dan Alat-Alat Optik Melalui Pengajaran Langsung. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 297–308.
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v2i2.1005
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |