Meningkatkan Aktivitas Siswa VIII B SMPN 11 Banjarmasin Dengan Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.M. Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Aini, J. (2016). Upaya Peningkatan Aktivitas dan hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajara Kooperatif Tipe STAD pada Mata Pelajaran PKN kelas IV SDN 1 Marga Agung. Lampung: Universitas Lampung.
Bundu, P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains di SD. Jakarta: Depdiknas
Djamarah, B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Hamalik, O. (2014). Psikologi Belajar & Mengajar. Jakarta: Sinar Baru Algesindo.
Handayani, B T, Arifuddin, M & Misbah, M. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Guided Discovery Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3), 143-154.
Isjoni. (2016). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Jannah, J. L., Zainuddin, Z., & Mastuang, M. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMAN 10 Banjarmasin Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Stad Pada Materi Fluida Statis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4 (1), 33-43.
Lamba, H A. (2006). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model STAD dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2).
Lubis, A. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi
Pokok Gerak Lurus Di Kelas X
SMA Swasta UISU Medan. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 27-32.
Masita, M, Edwin M, & Muhammad S. (2012). Peningkatan aktivitas siswa pada pembelajaran matematika melalui pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 21-24
Parno. (2012). Pengaruh Model STAD Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Fisika Zat Padat Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18, 201
Pratama, D. A. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe STAD. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1, 167
Ratumanan,T.G dan Laurens,T. (2003). Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Menggunakan Model pembelajaran Kompetensi. UNESA University Press, Surabaya.
Sumuri, I. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Panas di Kelas IV SD Inpres Siuna. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4 (2).
Widodo dan Widayanti L. (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode
Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VII A MTS Negeri Donomulyo
Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17, 34.
Yudiasa, I K, Dibia, I K, & Sumantri. (2016). Penerapan Model Pembelajaran STAD Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Kelas V. e-journl PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 6, 1
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v2i2.1007
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |