Meningkatkan Aktivitas Siswa VIII B SMPN 11 Banjarmasin Dengan Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division

Richi Ramadhana, Mastuang Mastuang, Sarah Miriam

Abstract


Kurangnya pembelajaran yang aktif bagi siswa menyebabkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, hal ini diduga karena guru hanya menerapkan model pembelajaran dengan metode ceramah menyebabkan perlunya dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division. Tujuan khusus penelitian adalah mendeskripsikan: (1)  keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) aktivitas siswa, dan (3) hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, tindakan/observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa VIII B SMPN 11 Banjarmasin. Perangkat dan instrumen penelitian yang digunakan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), Tes Hasil Belajar (THB), materi ajar, dan lembar observasi aktivitas siswa. Data diperoleh dari hasil tes dan observasi. Temuan penelitian yaitu: (1) keterlaksanaan RPP yaitu 73,4% pada siklus I dengan kategori baik menjadi 93,2% pada siklus II dengan kategori sangat baik; (2) Aktivitas belajar siswa juga meningkat dari 75,6% pada siklus I dengan kategori aktif menjadi 86,0% pada siklus II dengan kategori sangat aktif; (3) hasil belajar siswa, yaitu 13% pada siklus I menjadi 67% pada siklus II. Diperoleh simpulan bahwa aktivitas siswa VIII B SMPN 11 Banjarmasin meningkat setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division.

Keywords


Student Team Achievement Division (STAD), aktivitas siswa, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


A.M. Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Aini, J. (2016). Upaya Peningkatan Aktivitas dan hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajara Kooperatif Tipe STAD pada Mata Pelajaran PKN kelas IV SDN 1 Marga Agung. Lampung: Universitas Lampung.

Bundu, P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains di SD. Jakarta: Depdiknas

Djamarah, B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Hamalik, O. (2014). Psikologi Belajar & Mengajar. Jakarta: Sinar Baru Algesindo.

Handayani, B T, Arifuddin, M & Misbah, M. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Guided Discovery Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3), 143-154.

Isjoni. (2016). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Jannah, J. L., Zainuddin, Z., & Mastuang, M. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMAN 10 Banjarmasin Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Stad Pada Materi Fluida Statis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4 (1), 33-43.

Lamba, H A. (2006). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model STAD dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2).

Lubis, A. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi

Pokok Gerak Lurus Di Kelas X

SMA Swasta UISU Medan. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 27-32.

Masita, M, Edwin M, & Muhammad S. (2012). Peningkatan aktivitas siswa pada pembelajaran matematika melalui pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 21-24

Parno. (2012). Pengaruh Model STAD Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Fisika Zat Padat Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18, 201

Pratama, D. A. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe STAD. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1, 167

Ratumanan,T.G dan Laurens,T. (2003). Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Menggunakan Model pembelajaran Kompetensi. UNESA University Press, Surabaya.

Sumuri, I. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Panas di Kelas IV SD Inpres Siuna. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4 (2).

Widodo dan Widayanti L. (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode

Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VII A MTS Negeri Donomulyo

Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17, 34.

Yudiasa, I K, Dibia, I K, & Sumantri. (2016). Penerapan Model Pembelajaran STAD Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Kelas V. e-journl PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 6, 1




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v2i2.1007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats