PENGEMBANGAN INSTRUMEN KOGNITIF LITERASI SAINS PADA POKOK BAHASAN TEKANAN DI KELAS VIII SMP KOTA BANJARMASIN

Zainab Zainab, Mustika Wati, Sarah Miriam

Abstract


Instrumen kognitif literasi sains masih terbilang baru dan belum banyak dikembangkan sehingga kemampuan literasi sains siswa yang masih rendah. Untuk itu dilakukan pengembangan instrument kognitif literasi sains yang bertujuan untuk mendiskripsikan (1) validitas instrument kognitif (2) reliabilitas instrument kognitif (3) tingkat kesukaran instrument kognitif dan (4) daya pembeda instrument kognitif. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan yang diadaptasi Borg and Gall. Pada tahap analisis kebutuhan serta pengumpulan data dilakukan analisis kebutuhan, kajian literatur dan observasi lapangan. Hasil analisis menunjukkan bahwa sangat dibutuhkannya instrumen kognitif literasi sains agar kemampuan literasi sains siswa menjadi lebih baik. Produk penelitian yang dikembangkan berupa instrumen kognitif untuk soal uraian. Teknik analisis data berupa validasi instrumen kognitif, reliabilitas instrumen kognitif, tingkat kesukaran instrumen kognitif dan daya pembeda. Hasil instrumen kognitif literasi sains menunjukkan bahwa (1) validitas instrumen kognitif yang dikembangkan tergolong dalam kategori baik (2) reliabilitas instrumen yang dikembangkan memiliki reliabel yang tinggi (3) tingkat kesukaran memiliki kriteria soal yang proporsional yaitu sukar 25%, sedang 50% dan mudah 25% (4) daya pembeda pada uji coba pemakaian soal yang diterima 58,4%, soal yang diterima tetapi perlu diperbaiki 33,3%, dan soal yang dibuang 8,3%. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrumen kognitif literasi sains dapat digunakan sebagai evaluasi dalam pembelajaran.


Keywords


Instrumen kognitif, Literasi sains

Full Text:

PDF

References


Admoko, S. (2017). Penerapan Perangkat Model Discovery Learning pada Materi Pemanasan Global untuk Melakukan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Kelas VII Yaumi.

Astuti, Puji Widi, Andreas Priyono Budi Prasetyo, dan Enni Suwarsi Rahayu. (2012). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Berbasis Literasi Sains pada Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Ilmu Kependidikan Vol 41 No 1 Hal 39-43.

Efendi, N. (2013). Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching dipadukan Think Pair Share Terhadap Peningkatan Kemampuan Metakognitif Belajar Biologi Siswa SMA berkemampuan akademik berbeda di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 3(2), 85-109.

Gall, M. D., Gall, J. P., and Brog, W. R. (2003). Educational Research. Boston: Library of Congress Cataloging-in-Publicational Data.

Mardapi, Djemari. (2012). Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Matondang, Z. (2009). Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal Tabularasa, 6(1), 87-97.

Rofiah, E., Aminah, N. S., & Ekawati, E. Y. (2013). Penyusunan Instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika pada siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2).

Rohmi, Puspo. (2015). Penerapan Levels Of Inquiry untuk Meningkatkan Domain Kompetensi dan Pengetahuan Sains Siswa SMP pada Tema Pencemaran Lingkungan. Makalah. Universitas Indonesia. Perpustakaan Upi.

Rusilowati, Ani. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian. Semarang. Unnes Press.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assesment Pendidikan. Cimahi: Trim Komunikata

Susongko, P. (2010). Perbandingan Keefektifan Bentu Tes Uraian dan Testlet Dengan Penerapan Graded Response Models (GRM). Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Tahun 14, Nomor 2, 2010, hh. 269, 288.

Syamsudin, S. (2012). Pengukuran Daya Pembeda, Taraf Kesukaran, dan Pola Jawaban Test (Analisis Butir Soal). At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 1(2), 187-198.

Toharudin, Uus, Sri Hendrawati dan Andrian Rustaman. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Humaniora: Bandung.

Widodo, P. B. (2006). Reliabilitas dan validitas konstruk skala konsep diri untuk mahasiswa Indonesia. Jurnal Psikologi Undip, 3(1), 1-9.




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v1i3.1014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats