MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSEDURAL SISWA MELALUI MODEL PENGAJARAN LANGSUNG PADA MATERI AJAR CAHAYA DAN ALAT-ALAT OPTIK KELAS VIII F SMPN 26 BANJARMASIN
Abstract
Kemampuan penyelesaian masalah siswa tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh guru yang masih kurang tepat dalam menerapkan model atau strategi mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara meningkatkan keterampilan prosedural siswa dengan menggunakan model pengajaran langsung. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keterlaksanaan RPP selama proses pembelajaran, (2) keterampilan prosedural siswa, (3) hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Data yang diperoleh pada penelitian ini melalui observasi, lks, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan RPP selama proses pengajaran langsung meningkat yaitu pada siklus I diperoleh skor rata-rata 3,67 menjadi 3,9 pada siklus II dengan kategori sangat baik, (2) keterampilan prosedural siswa dalam menjalankan langkah-langkah pemecahan masalah juga meningkat dari siklus I ke siklus II dengan dari siklus I sebanyak 3,6 menjadi 3,8 dengan kategori sangat terampil, (3) hasil belajar siswa meningkat dari ketuntasan secara klasikal 62,07% belum tuntas pada siklus I menjadi 86,7% pada siklus II sudah tuntas. Diperoleh simpulan bahwa model pengajaran langsung dapat meningkatkan keterampilan prosedural siwa dan hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abrory, M., & Kartowagiran, B. (2015). Evaluasi Implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika bertempat SMP Negeri kelas Vii di Kabupaten Sleman. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 2(1), 50-59.
Amrita, P. D., Jamal, M. A., & Misbah, M. M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Pengajaran Langsung Pada Pembelajaran Fisika Di Kelas X Ms 4 Sma Negeri 2 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 304-316.
Arikunto, S. Dkk. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT.Bumi Aksara
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tersedia pada http://www.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2012/10/UU20- 2003-Sisdiknas.pdf. Diakses, 20 Februari 2015
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Jamal, M. A. Misbah, Kamsinah, D. L (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Prosedural Siswa Melalui Model Pengajaran Langsung Pada Pembelajaran Fisika Di Kelas X 3 Sma Negeri 10 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 176-185.
Polya. G. (1992). How to Solve It. New Jersey: Princenton University Press
Pramita, C. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas VII6 SMP Negeri 11 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Rizhan, M, Jamal, M. A. Hartini, S (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Prosedural Siswa Melalui Model Pengajaran Langsung Pada Pembelajaran Fisika Di Kelas X 3 Sma Negeri 10 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 176-185.
Rosmalina, R., Rahmatan, H., & Muhibbuddin, M. (2016). Model Pembelajaran Direct Instructions Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Jurnal Edubio Tropika, 4(1).
Sakti, I., Yuniar Mega, P., & Eko, R. (2012). Pengaruh model pengajaran langsung (Direct Instruction) menggunakan media animasi berbasis macromedia flash terhadap pemahaman konsep fisika dan minat belajar siswa di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. EXACTA, 10(1), 1-10.
Sari, E., Sakti, I., & Koto, I. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Langsung (DI) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa VIIa SMPN 17 Bengkulu Pada Pokok Bahasan Perpindahan Kalor (Doctoral dissertation, Universitas Bengkulu).
Sofiyah, Hertanti, E, Zulfaini. (2010). Pengaruh Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jakarta:Universitas Islam Negeri. Jurnal Pendidikan
Walidain, B & Evisarviana. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction (Pembelajaran Langsung)Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Siswa di SMPN 1 Indrapuri. Penelitian. Universitas Serambi Mekkah. Banda Aceh. Tidak Dipublikasikan. (Jurnal Pendidikan dan Serambi Ilmu)
Widoyoko, P. E. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran. Cirebon: Pustaka Pelajar
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v1i3.1017
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |