Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SMA pada Materi Fluida Statis Menggunakan Pendekatan Probng Prompting Learning

Iin Istiawati, Mastuang Mastuang, Sarah Miriam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran materi fluida statis menggunakan pendekatan probing prompting learning. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba, yaitu kelas XI IPA 3 SMA Negeri 10 Banjarmasin. Instrumen penelitian ini yaitu lembar validasi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar validasi materi ajar, lembar validasi lembar kerja siswa (LKS), lembar validasi tes hasil belajar (THB), lembar pengamatan keterlaksanaan RPP, THB, dan lembar penilian keterampilan proses sains (KPS). Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan: 1) Perangkat pembelajaran dinyatakan valid dengan skor rata-rata 3,3, 2) Perangkat pembelajaran dinyatakan praktis dengan rata-rata 3,7 kriteria sangat tinggi,  3) Perangkat pembelajaran dinyatakan efektif dengan gain score 0,4 kriteria sedang, serta 4) Keterampilan proses sains siswa dalam kriteria terampil. Disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran materi fluida statis menggunakan pendekatan probing prompting learning yang dikembangkan dinyatakan layak diterapkan dalam proses pembelajaran.


Keywords


Perangkat Pembelajaran, Probing Prompting Learning, Fluida Statis

Full Text:

PDF

References


Akib, H. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran scientific pada pokok bahasan matriks untuk siswa kelas x smk. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP) Unismuh Makassar, 4(2), 175-186.

Arisa, Y., & Simamora, P. (2014). Pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis. Jurnal Inpafi, 2(4), 54–60.

Asyhari, A., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika sma berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi pendidikan karakter. Jurnal Inkuiri, 3, 62-75.

Ayed, A., & Magthwi, A. L. (2015). the Effectiveness of Probing questions strategy in the development of thinking skills in the islamic education courses using a sample of intermediate school students in riyadh. European Scientific Journal, 2(June), 136–151.

Ayuningtyas, P., Soegimin, S., & Imam, S. A. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika dengan model inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa pada materi fluida statis. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 4(2), 638.

Basuki, I. (2015). Asesmen pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosada.

Chodijah, S., Fauzi, A., & Wulan, R. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika menggunakan model guided inquiryyang dilengkapi penilaian portofolio pada materi gerak melingkar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1, 1–19.

Damayanti, D. S., Ngazizah, N., & Setyadi K, E. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa ( lks ) dengan pendekatan inkuiri terbimbing untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi listrik dinamis sma negeri 3 purworejo kelas x tahun pelajaran 2012 / 2013. Jurnal Radiasi, 3(1), 58–62.

Daryanto, D. & Dwicahyo, A. (2014). Pembelajaran tematik, terpadu, terintegrasi (kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, W., Muslimin, M., & Ali, M. (2017). Perbedaan hasil belajar fisika antara model pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran probing prompting pada siswa kelas x sman i bulu taba kab. mamuju utara. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 5(2), 5–7.

Handayani, B. T., Arifuddin, M., & Misbah, M. (2017). Meningkatkan keterampilan proses sains melalui model guided discovery learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3), 143-154.

Harefa, A. O. (2003). Analisis konstruksi tes terhadap evaluasihasil belajar. Sumatra Utara: IKIP Gunungsitoli.

Huda, M. (2015). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: pustaka pelajar.

Kusuma, T. A., Indrawati, & Harijanto, A. (2015). Model discovery learning disertai teknik probing prompting dalam pembelajaran fisika di ma. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(4), 336–341.

Majid, A. (2014). Strategi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosada.

Nur, M. (2011). Modul keterampilan-keterampilan proses sains. universitas negeri surabaya. Surabaya: PT Rineka Cipta.

Poerwati, L., Indah, I., & Amri, S. (2013). Panduan Memahami Kurikulum 2013: Sebuah Inovasi Struktur Kurikulum 2013 Penunjang Masa Depan. Jakarta: Diva Press.

Rochmad, R. (2012). Desain model pengembangan perangkat pembelajaran matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59-72.

Shoimin, A. (2014). Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Saregar, A. (2016). Pembelajaran pengantar fisika kuantum dengan memanfaatkan media phet simulation dan lkm melalui pendekatan saintifik: dampak pada minat dan penguasaan konsep mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 53-60.

Sudrajad, H. (2009). Pengembangan perangkat percobaan konsep rotasi untuk pembelajaran fisika di sma dan universitas. Jurnal Geliga Sains, 3(2), 1–7.

Swasono, A., Suyitno, A., & Susilo, B. (2014). Penerapan pembelajaran probing-prompting terhadap hasil belajar peserta didik pada materi lingkaran. UJME Unnes Journal of Mathematics Education, 3(2).

Syafa’aten, S., Sudarti, S., & Putra, D. (2016). Pengaruh model problem based instruction disertai teknik probing prompting terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Jember, 1, 650–660.

Yahya, M. N., & Pramukantoro, J. A. (2013). Pengembangan perangkat model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada standar kompetensi mengoperasikan peralatan pengendali daya tegangan rendah di smkn 2 surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Elektro, 1(1), 95–103.




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v2i3.1022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats