Meningkatkan Keterampilan Prosedural dan Hasil Belajar Dengan Metode Pemecahan Masalah Melalui Pengajaran Langsung
Abstract
Keterampilan prosedural dan hasil belajar yang belum sesuai harapan.Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan prosedural dan hasil belajar siswamelalui pengajaran langsung dengan menggunakan metode pemecahan masalah. Tujuan khusus penelitian ini, yaitu mendeskripsikan keterlaksanaan RPP, keterampilan prosedural, dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas menggunkan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA 4 yang berjumlah 30 orang. Data diperoleh dari tes hasil belajar dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) keterlaksanaan RPP pada siklus I dan II berkategori sangat baik, 2) keterampilan prosedural pada siklus I berkategori cukup terampil dan pada siklus II berkategori terampil, dan 3) hasil belajar juga meningkat dengan persentase ketuntasan secara klasikal pada siklus I sebesar 46,67% dan pada siklus II sebesar 80%. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pemecahan masalah melalui pengajaran langsung keterampilan prosedural dan hasil belajar dapat meningkat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahliha, S., Mastuang, M., & Mahardika, A. I. (2017). Meningkatkan hasil belajar siswa kelas viii e smp negeri 26 banjarmasin dengan menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving) dalam setting pengajaran langsung. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 118-132.
Amrita, P. D., Arifuddin, M.., & Misbah, M. (2016). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui model pengajaran langsung pada pembelajaran fisika di kelas x ms 4 sma negeri 2 banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 248–261.
Anggraini, A. N., Zainuddin, Z., & Miriam, S. (2017). Meningkatkan keterampilan prosedural siwa melalui model pengajaran langsung pada materi ajar cahaya dan alat-alat optik kelas viii f smpn 26 banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3), 154–168.
Fahrina, F., Arifuddin, M., & M, A. S (2018).Meningkatkan kemampuan analisis sintesis siswa kelas x mia 6 sma negeri 2 banjarmasin melalui model pengajaran langsung dengan metode problem solving. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 98-117.
Kamsinah, D. L., Arifuddin, M., & Misbah, M. (2016). Meningkatkan hasil belajar dan keterampilan prosedural siswa melalui pengajaran langsung pada pembelajaran fisika di kelas x 3 sma negeri 10 banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 248–261.
Kanaby, A., Arifuddin, M., & M, A. S. (2018). Meningkatkan keterampilan prosedural dan hasil belajar fisika melalui pengajaran langsung berbantuan media animasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 13–26.
Kemendikbud, K. (2016). Silabus mata pelajaran sekolah menengah atas/ madrasah aliyah (sma/ma). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nisa, R., Zainuddin, Z., & Suriasa, S. (2014). Penerapan tipe learning cycle melalui model pengajaran langsung untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 123–132.
Norhasanah, N., Arifuddin, M., & Suyidno, S. (2013). Meningkatkan hasil belajar siswa kelas x-1 sma negeri 12 banjarmasin melalui penerapan model pengajaran langsung pada pokok bahasan gerak melingkar. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 151–158.
Nur, M. (2011). Model pengajaran langsung. Surabaya: UNESA.
Orrahmah, A., An’nur, S., & M, A. S. (2016). Meningkatkan hasil belajar melalui model pengajaran langsung dengan metode problem solving pada pembelajaran fisika di kelas xii ipa 1 sman 10 banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 127–136.
Refiana, R., Arifuddin, M., & Hartini, S. (2016). Meningkatkan kemampuan analisis siswa kelas x ms 3 sman 2 banjarmasin pada materi gerak melingkar melalui pengajaran langsung bermetode pemecahan masalah. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 64–72.
Rihamy, S., Zainuddin, Z., & Mastuang, M. (2018). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui pengajaran langsung dengan media pembelajaran charta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 27–41.
Rohayati, S., & Fitrayati, D. (2015). Peningkatan hasil belajar mahasiswa melalui direct instructional pada matakuliah pengantar akuntansi.eprint uny.
Rustini, T. (2008). Penerapan model problem solving untuk meningkatkan pengembangan potensi berpikir siswa dalam pembelajaran ips di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, (10).
Sutarmi, K., & Suarjana, I. M. (2017). Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode problem solving dalam pembelajaran ipa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 75–82.
Trianto, T. (2009). Model pembelajaran inovatif-progresf: konsep, landasan, dan impelementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (ktsp). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wicaksono, D., Arifuddin, M., & Misbah, M. (2017). Meningkatkan keterampilan prosedural siswa kelas viii e smp negeri 31 banjarmasin melalui model pengajaran langsung pada pembelajaran ipa fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 64–73.
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v3i1.1028
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |