Efektivitas E-Modul Project Based Learning Berintegrasi STEM Terhadap Kreativitas Siswa SMK

Annida Erin Miftakul Cahyani, Tantri Mayasari, Mislan Sasono

Abstract


Kreativitas perlu dimiliki oleh siswa SMK, khususnya dalam menghadapi berbagai tantangan di dunia kerja. Oleh karena itu, perlu dikembangkan e-Modul Project Based Learning berintegrasi STEM yang mampu meningkatkan kreativitas siswa SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas e-modul Project Based Learning berintegrasi STEM terhadap kreativitas siswa dalam materi fisika suhu dan kalor. Penelitian dilaksanakan di kelas X Multimedia 1 SMKN Wonoasri, dengan sampel penelitian yang digunakan sebanyak 20 orang siswa yang dipilih secara random. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berjumlah 5 buah soal essay. Data dianalisis menggunakan uji N-gain. Indikator kreativitas adalah berpikir lancar, berpikir luwes, elaborasi, dan berpikir orisinil. Dari analisis data, diperoleh hasil kemampuan berpikir lancar siswa memperoleh nilai n-gain sebesar 0,11, berpikir luwes n-gain sebesar 0,49, elaborasi memperoleh n-gain sebesar 0,21 dan berpikir orsinil memperoleh n-gain 0,44. Dengan demikian, disimpulkan bahwa bahwa efektivitas e-modul Project Based Learning berintegrasi STEM berkategori sedang.

 

Creativity needs to be owned by vocational students, especially in facing various challenges in the world of work. Therefore, STEM integrated Project Based Learning E-Module needs to be developed that can improve the creativity of vocational students. This study aims to describe the effectiveness of the STEM integrated Project Based Learning e-module on student creativity in temperature and heat physics material. The study was conducted in Multimedia X class 1 Wonoasri Vocational School, with a sample of 20 students selected randomly. The instrument used was a learning achievement test which consisted of 5 essay questions. Data were analyzed using the N-gain test. Indicators of creativity are fluent thinking, flexible thinking, elaboration and original thinking. From the data analysis, the result of students' ability to think smoothly obtained an n-gain value of 0.11, flexible thinking of n-gain of 0.49, elaboration obtained n-gain of 0.21 and original thinking obtained n-gain of 0.44. Thus, it was concluded that the effectiveness of the Project Based Learning e-module integrated with STEM was of medium category.


Keywords


e-Modul, STEM, Project Based Learning, Kreativitas

Full Text:

PDF

References


Almuharomah, F. A., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2019). Pengembangan modul fisika stem terintegrasi kearifan lokal “beduk” untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa smp. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1).

Anidom, A. J., Hartini, S., & Wati, M. (2015). Pengembangan bahan ajar pada materi zat dan wujudnya berbasis kemampuan berfikir kreatif tingkat smp. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1).

Annisa, Y. N., Zainuddin, Z., & M, A. S. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir kreatif siswa smp pada pokok bahasan cahaya dengan model penemuan terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1).

Bayyinah, R., An’nur, S., & Suriasa, S. (2014). Perbedaan keterampilan berpikir kreatif siswa terhadap strategi pembelajaran multiple intelligences dan contextual teaching learning. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(3).

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain score. American Educational Association’s Division D, Measurement and Research Methodology.

Hartini, S., Misbah, M., Zainuddin, Z., Arifuddin, M., Miriam, S., Mahtari, S., & Dewantara, D. (2017). Menyiapkan siswa dalam menyelesaikan berbagai permasalahan fisika guna mencapai generasi emas indonesia melalui physics competition (physton). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1).

Herak, R., & Lamanepa, G. H. (2019). Meningkatkan kreatifitas siswa melalui stem dalam pembelajaran ipa increasing student creativity through stem in science learning. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 4(1), 89–98.

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2015). Pengaruh project based learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1).

Jauhariyyah, F. R. A., Suwono, H., & Ibrohim, I. (2018). Science, technology, engineering and mathematics project based learning (STEM-PjBL) pada pembelajaran sains. In Seminar Nasional Pendidikan IPA.

Kelley, T. R. (2016). A Conceptual framework for integrated STEM Education. International Journal of STEM Education, 3(11).

Kurnia, L., Zainuddin, Z., & Mahardika, A. I. (2016). Pengembangan bahan ajar ipa fisika berorientasi kemampuan berpikir kreatif menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing di SMPN 13 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3).

Lutfi, L., Azis, A. A., & Ismail, I. (2018). Pengaruh project based learning terintegrasi stem terhadap literasi sains, kreativitas dan hasil belajar peserta didik. In Seminar Nasional Biologi.

Marlina, W., & Jayanti, D. (2019). 4C dalam pembelajaran matematika untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Prosiding Sendika, 5(1), 392–396.

Mentari, I., Zainuddin, Z., & Misbah, M. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berorientasi kemampuan berpikir kreatif pada pokok bahasan zat dan wujudnya di SMP Negeri 15 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2).

Pertiwi, R. S., Abdurrahman, A., & Rosidin, U. (2017). Efektivitas lks stem untuk melatih keterampilan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2).

Rahman, S., Azmi, N. H., Surat, S., Yusoff, A. N., & Marzuki, M. A. (2017). Idea generation training: Impact on originality, fluency, flexibility, and elaboration among university students. International Journal of Economic Research, 14(16).

Resti, V. D. A. (2015). Analisis kreativitas mahasiswa dalam penyusunan peta konsep berbentuk e-mind map berdasarkan kajian neurosains. Jurnal Pendidikan Biologi Volume, 6(2), 128–134.

Ridwan, S. (2019). Intellectual capital dan knowledge management dalam inovasi dan kreasi media pembelajaran berbasis kemampuan 4c dan literasi. Proceedings of the ICECRS, 2(1), 75. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2414

Saleh, S., Muhammad, A., & Abdullah, S. M. S. (2020). STEM project-based approach in enhancing conceptual understanding and inventive thinking skills among secondary school students. Journal of Nusantara Studies (JONUS), 5(1).

Septiani, A., & Rustaman, N. Y. (2017). Implementation of performance assessment in stem (science, technology, engineering, mathematics) education to detect science process skill. Journal of Physics: Conference Series, (812), 1–6.

Siswanto, J. (2018). Keefektifan pembelajaran fisika dengan pendekatan stem untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2).

Stolaki, A., & Economides, A. A. (2018). The creativity challenge game: an educational intervention for creativity enhancement with the integration of information and communication technologies (ICTs). Computers & Education, 123.

Sunyoung, H. A. N., Rosli, R., Capraro, M. M., & Capraro, R. M. (2016). The effect of science, technology, engineering and mathematics (STEM) project based learning (PBL) on students’ achievement in four mathematics topics. Journal of Turkish Science Education, 13(3).

Suyidno, Dewantara, D., Nur, M., & Yuanita, L. (2017). Maximize student’s scientific process skill within creatively product designing: creative responsibility based learning. In Proceeding The 5th South East Asia Development Research (SEA-DR) International Conference.

Suyidno, S., Susilowati, E., Arifuddin, M., Misbah, M., Sunarti, T., & Dwikoranto, D. (2019). Increasing students’ responsibility and scientific creativity through creative responsibility based learning. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 9(2), 178–188.




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v4i1.1774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats