Media Pembelajaran Majalah Fisika Terintegrasi Nilai KeIslaman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan dari media pembelajaran majalah fisika terintegrasi Islam, serta penerapannya dalam pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kepustakaan. Metode kepustakaan yaitu teknik mengumpulkan data yang dilakukan dengan menelaah buku, catatan, literature yang berkaitan dengan masalah yang diangkat dalam penelitian. Sumber yang digunakan berasal dari jurnal nasional, jurnal internasional, prosiding, dan buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran majalah fisika terintegrasi Islam mampu meningkatkan dan meningkatkan rasa religiusitas dan sikap selalu mensyukuri nikmat yang Allah SWT berikan yang ada pada peserta didik. Media ini dapat dijadikan sumber informasi berupa bacaan yang dapat meningkatkan semangat dan kemauan membaca peserta didik, dan dengan desain yang berbeda pada tidap halamannya membuat pembaca cenderung lebih tertarik dan tidak menoton saat membaca majalah fisika. Selain itu terdapat konten hiburan didalamnya yang dapat meningkatkan ketertarikan peserta didik dalam mempelajari materi didalamnya. Adapun kelemahan yang ada pada media pembelajaran majalah fisika ini antar lain: desain yang dibuat kurang menarik serta kurang efektif apabila digunakan tanpa bimbingan dari guru. Media pembelajaran majalah fisika yang telah diintegrasikan Islam dapat dijadikan sebagai salah alternatif media pembelajaran secara mandiri.
This study aims to determine the advantages and disadvantages of Islamic integrated physics magazine learning media and its application in physics learning. The research method used is the library method. The library method is a technique of collecting data by reviewing books, notes, literature related to the problems raised in the study. The sources used come from national journals, international journals, proceedings, and books. The results showed that the Islamic integrated physics magazine learning media improved and grew the students' spiritual attitude or gratitude towards Allah SWT. This media can be used as a reading reference entertaining and increasing students' reading interest and is not boring because of the different designs on each magazine page. In addition, there is entertainment content in it that can increase students' interest in learning the material in it. The disadvantage of this physics magazine learning media is that the design is made less attractive and less effective when used without guidance from the teacher. Physics magazine learning media that Islam has integrated can be used as an alternative, independent learning media.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alhanif, R. M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Majalah Fisika Terintegrasi Keislaman Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Surya Untuk SMP/MSs Kelas VII. Skripsi. Semarang : Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang.
Andriyani, F. (2016). Pengaruh Penggunaan Majalah Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Seyegen. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.
Astuti, I., Sumarni, R., & Saraswani, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 59.
Dani, B. H., Yahdi, & Ningrat, K. H. (2017). Pengembangan majalah biologi pada materi virus sebagai alternatif sumber belajar mandiri siswa kelas X di MAN 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 9.
Hasanah, U., & Nulhakim, L. (2015). Pengembangan media pembelajaran film animasi sebagai media pembelajaran fotosintesis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 91–106.
Irwanto, D. H., Juminis, S., & Maryono. (2020). Penggunaan Majalah Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau dari Kreativitas Siswa SMA 2 Wonosobo Tahun Ajaran 2018/2019. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK Unsiq, 2(1).
Khoiri, A., Agussuryani, Q., & Hartini, P. (2017). Penumbuhan Karakter Islami melalui Pembelajaran Fisika Berbasis Integrasi Sains-Islam. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1).
Laurenty, F., Rahmad, M. R. M., & Y, Y. (2017). Penerapan Pembelajaran Dengan Pendekatan Integrasi Sains Dan Agama Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Fisika Siswa. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan & Ilmu Pendidikan.
Nurhasanah, N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Majalah Fisika “Physicsmagz” Berbasis Contextual Learning Untuk Meningkatakan Kemampuan Literasi Sains. Spekta: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(1).
Pertiwi, F. N. (2016). Pembelajaran Fisika Dasar Terintegrasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Diagram Vee. Jurnal Kependidikan Fisika Dasar Berbasis Sains, 1(1).
Quati, P., & S R Dwisiwi Rahayu. (2017). Pengembangan LKPD Materi Pokok Fluida Dinamis Berbentuk Majalah Mini untuk Meningkatkan Prestasi dan Menumbuhkan Minat Belajar Fisika Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(5).
Rangsing, B., Subiki, S., & Handayani, R. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Majalah Siswa Pintar Fisika (Mspf) Pada Pembelajaran IPA di SMP (Pokok Bahasan Gerak Pada Benda). Jurnal Pendidikan Fisika, 4(3), 244.
refilhadi. (2020). Pengembangan Majalah Biologi Materi Keselamatan Kerja di Laboratorium Biologi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 10 (2), 189.
Setyarini, E. (2015). Pengembangan Web Fisika Bermuatan Integrasi Islam-Sains Pada Materi Gelombang Elektromagnetik Untuk SMA/MA Kelas X. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Setyono, A. Y., Sukarmani, & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran Fisika Kelas VIII Materi Gaya Ditinjau Dari Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 118.
Sunaikhah. (2018). Pengembangan Media Majalah Matematika untuk Pembelajaran Materi Garis dan Sudut di SMP Undergraduate (S1). Tesis. Malang: University of Muhammadiyah Malang.
Supardi, S. U., Leonard, L., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar fisika. Jurnal Formatif, 2(1), 73.
Wahyuni, T., & Djudin, T. (2016). Meningkatkan hasil belajar fisika menggunakan kooperatif tipe make a match berbantuan flipchart di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1).
Wardani, K. S., & Wiyatmo, Y. (2018). Pengembangan Majalah Fisika Berbasis Contextual Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1).
Zahro, S., & Astono, J. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Majalah Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Peserta Didik SMA N 1 Pleret. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(3).
Zed, M. (2003). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i2.2731
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |