Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Multimodel pada Materi Alat-Alat Optik untuk Melatihkan Kemampuan Analisis Peserta Didik

Rusdatul Nida, Abdul Salam M, Surya Haryandi

Abstract


Kemampuan analisis peserta didik yang rendah mendorong diadakannya penelitian untuk melakukan variasi dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan validitas dan kepraktisan bahan ajar elektronik berbasis multimodel yang dikembangkan untuk melatihkan kemampuan analisis peserta didik. Penelitian menggunakan tiga model pembelajaran yaitu model pengajaran langsung, model pembelajaran kooperatif (tipe STAD) dan model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian yang dikembangkan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Akan tetapi, penelitian hanya bisa dilakukan sampai dengan tahap penggunaan (implement) dikarenakan adanya status pandemi Covid-19. Lembar validasi bahan ajar dan angket respon peserta didik digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data diambil secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Diperoleh hasil sebagai berikut: RPP berkategori valid dan reliabel dengan nilai 3,26 dan 0,91; Tes Hasil Belajar (THB) berkategori valid dan reliabel dengan nilai 3,29 dan 0,97; bahan ajar tergolong valid dan reliabel dengan nilai 3,24 dan 0,90; bahan ajar elektronik tergolong praktis dengan nilai kepraktisan 2,84. Bahan ajar elektronik yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan hasil penilaian akademisi dan praktisi terhadap RPP, bahan ajar elektronik dan THB yang berkategori baik. Selain itu, bahan ajar elektronik yang dikembangkan dinyatakan praktis berdasarkan instrumen angket respon peserta. Diperoleh kesimpulan bahwa bahan ajar elektronik yang dikembangkan layak digunakan sebagai penunjang dalam pembelajaran untuk melatihkan kemampuan analisis peserta didik. Implikasi dari penelitian adalah dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menggunakan bahan ajar elektronik dengan menerapkan multimodel dalam pelaksanaan pembelajaran untuk melatihkan kemampuan analisis peserta didik dan sebagai salah satu informasi serta pandangan untuk penelitian yang lebih luas.

 

Student’s low analytical skills encourage research to make variations in teaching and learning activities.  The research objective was to describe the validity, and the practicality of multimodel-based electronic teaching materials developed to train student’s analytical. The study used three learning models: the direct teaching model, the cooperative learning model (type STAD), and the project-based learning model.  The research developed is development research with the ADDIE development model.  However, analysis can only be carried out up to the implementation stage due to the Covid-19 pandemic status. Therefore, teaching material validation sheets and student response questionnaires were used as data collection techniques.  The data analysis technique was taken by descriptive quantitative and qualitative.  The following results were obtained: the lesson plans were categorized as valid and reliable with a value of 3.26 and 0.91;  learning outcomes test is ordered as valid and reliable with a value of 3.29 and 0.97: teaching materials are classified as valid and reliable with a value of 3.24 and 0.90;  electronic teaching materials are classified as practical with a practicality value of 2.84. Therefore, the developed electronic teaching materials are declared valid based on academics and practitioner’s assessment of lesson plan, electronic teaching materials and learning outcomes test categorized as good.  In addition, the electronic teaching materials developed are stated to be practically based on the student response questionnaire instrument.  The conclusion is that the developed electronic teaching materials are suitable to be used as a support in learning to train student’s analytical skills. Furthermore, this research implies that it can be used as material for consideration in using electronic teaching materials by applying multimodel in learning to train students’ analytical skills and information and views for broader research.

 


Keywords


Bahan Ajar Elektronik; Kemampuan Analisis; Multimodel

Full Text:

PDF

References


Anori, S., Putra A. & Asrial. (2013). Pengaruh penggunaan buku ajar elektronik dalam model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa kelas x sman 1 lubuk alung. Pillar Of Physics Education, 1, 104-111. http://dx.doi.org/10.24036/498171074

Daryanto & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, THB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.

Fahrina, Arifuddin, M. & Salam, A. (2018). Meningkatkan kemampuan analisis sintesis siswa kelas x mia 6 sman 2 banjarmasin melalui model pengajaran langsung dengan metode problem solving. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1): 98-117. http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v6i1.3897

Galla, A., Werdhiana K. & Syamsu. (2014). Analisis multimodel representasi mahasiswa calon guru pada pemahaman konsep listrik dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 3(3), 46-57. http://dx.doi.org/10.22487/j25805924.2015.v3.i3.5381

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa smp berdasarkann teori belajar ausubel. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182-192. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644

Gustinasari, M., Ardi & Lufri. (2017). Pengembangan modul pembelajaran berbasis konsep disertai contoh pada materi sel untuk siswa sma. Bioeducation Journal, 1(1), 60-73. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bioeducation/article/view/7154

Hanisa, N. M., Ariffudin, M. & Miriam, S. (2019). Meningkatkan keterampilan prosedural dan hasil belajar dengan metode pemecahan masalah melalui pengajaran langsung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 33-40. https://doi.org/10.20527/jipf.v3i1.1028

Karisma, M. (2016). Penggunaan lks berbasis karakter berpikir kritis terhadap hasil belajar fisika siswa kelas x mipa sma. Jurnal Riset Fisika Edukasi Dan Sains, 2(2), 109–114. http://dx.doi.org/10.22202/jrfes.2016.v2i2.2440

Kristanti. (2016). Model pembelajaran berbasis proyek (project based learning model) pada pembelajaran fisikadi sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 122-128. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3958

Laili, I., Ganefri & Usmeldi. (2019). Efektivitas pengembanga e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 306-315. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840

Jannah, S. N., Doyan, A. & Harjono, A. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan problem posing ditinjau dari pengetahuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa smk. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(4): 256-263. http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v1i4.268

Mardiyati, Isyatul. (2016). Tingkat Kemampuan Analisa dan Sintesa Mahasiswa. Pontianak: FTIK IAIN Pontianak. http://dx.doi.org/10.24260/khatulistiwa.v7i2.952

Nainggolan, A. (2018). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi lingkaran mata pelajaran matematika di smpn bangko. Jurnal Serambi PTK, 5(1), 49-59. http://ojs.serambimekkah.ac.id/index.php/serambi-ptk/article/view/607

Novita, Sania. (2016). Perbandingan kemampuan analisis siswa melalui penerapan model cooperative learning dengan guided discovery learning. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 359-367. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5748

Nugroho, N. B. (2014). Pengembangan RPP dan LKS Berbasis Problem Based Learning pada Materi Himpunan untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi Sarjana. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Dipublikasikan.

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Permendikbud. (2016). Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Refiana, R., Arifuddin, M. & Hartini, S. (2016). Meningkatkan kemampuan analisis siswa kelas x ms3 sman 2 banjarmasin pada materi gerak melingkar melalui pengajaran langsung bermetode pemecahan masalah. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1): 64-72. http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v4i1.1048

Rusnilawati & Gustiana, E. (2012). Pengembangan bahan ajar elektronik berbantuan flipbook berbasis keterampilan pemecahan masalah dengan pendekatan ctl pada pembelajaran matematika. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta Jawa Tengah, 4(2), 190-201. http://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/5450

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Serevina, V., Astra, I. M., Sunaryo, Sari, I. J. & Raihanati. (2018). Development of e-module based on problem based learning (pbl) on heat and temperature to improve student’s science process skill. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(3), 26-36. https://www.semanticscholar.org/paper/Development -of-E-Module-Based-on-Problem-Based-on-Serevina-Sunaryo/7006af8c45729861074a55edbffc592f7dea50d4

Sriwahyuni, I., Risdianto, E. & Johan, H. (2019). Pengembangan bahan ajar elektronik menggunakan flip pdf professional pada materi alat-alat optik di sma. Jurnal Kumparan Fisika, 2 (3), 145-152. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152

Ulfa, C. R. (2019). Media pohon pintar dalam pembelajaran kooperatif untuk menstimulasi sikap ilmiah siswa. Unnes Physics Education Journal, 8 (2), 170-177. https://doi.org/10.15294/upej.v8i2.33325

UU Nomor 20. (2013). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2013. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Widoyoko. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yunita, R.A. & Hamdi. (2019). Analisis kemandirian belajar siswa sebagai dasar pengembangan buku elektronik (e-book) fisika terintegrasi edupark. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5 (2), 172-179. https://doi.org/10.1234/jppf.v5i2.107441




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i2.2871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats