Analisis Pembelajaran IPA Berbasis Proyek di Tingkat SMP

Ida Rosidatul Jannah, Mudmainah Vitasari, Adi Nestiadi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pembelajaran IPA berbasis proyek di SMP Kabupaten Serang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Dalam penelitianniniiteknik pengambilan sampel yang digunakannadalahhpurposive sampling. Pada teknik ini di dapatkan jumlah 45 siswa dari SMP Kabupaten Serang yang masing-masing perwakilan dari 3 sekolah dengan Subjek penelitian 15 siswa dan 1 guru dengan waktu penelitiannya dilakukan pada tahun 2020 semester genap. Dalammpenelitian ini yakni menggunakan instrumennpenelitian berupa observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakannadalahhteknik analisis dataakualitatiffdengan melakukan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Perolehan dataahasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran IPA berbasis Proyek sangat baik untuk dilaksanakan dalam proses pembelajaran dilihat dari berbagai indikator seperti indikator persiapan, indikator pelaksanaan dan indikator penilaian. Berdasarkan hasil observasi diperoleh hasil rata-rataasebesarr100% termasuk kedalam kategori sangat baik, hasillangket masing-masing dari indikator mendapatkan respon positif dengan perolehan rata-rata sebesar 95% termasuk kedalam kategori sangat baik,dan hasil dokumentasi berupa data siswa, foto proses pelaksanaan pembelajaran, foto hasil karya pembuatan proyek, dan daftar nilai siswa. Berdasarkan data yang telah di analisis, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA berbasis proyek sangat baik digunakan sebagai model pembelajaran dalam menekankan kreativitas siswa . Pada penelitian ini, kreativitas siswa dapat dilihat pada saat siswa membuat dan menghasilkan produk berupa produk generator sederhana, produk miniatur sel hewan dan produk miniatur gunung berapi yang diperoleh dari aspek persiapan, pelaksanaan dan penilaian

Full Text:

PDF

References


Adnyawati, N. D. M. S. (2011). Pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar tentang hidangan bali, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 44(1–3), 52–59.

Al-Habbah, A. M., & Suparji. (2015). Penerapan strategi pembelajaran berbasis proyek ( project based learning). Jurnal Teknik Pembangunan, 2(2), 42–52.

Amanda, N. W. Y., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek self efficacy siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4(1), 1–11.

Andri. (2013). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek siswa kelas x tpm pada mata pelajaran menggambar di smkn 1 jetis mojokerto. Jptm, 01(02), 28–37.

Depdiknas. (2011). Panduan pengembangan pembelajaran ipa secara terpadu. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Depdiknas.

Imawan, O. R. (2015). Perbandingan antara keefektifan model guided discovery learning dan project-based learning pada matakuliah geometri. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 179-188.

Insyasiska, D., Zubaidah, S., Susilo, H., Biologi, P., & Malang, U. N. (2015). Pengaruh Project based learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7, 9–21.

Lestari, A. W. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran ipa smp berbasis kooperatif tipe stad pada tema fotosintesis di smp giki-3 surabaya. Pendidikan Sains, 1(01), 1–8.

Mahardika, A., Chusni, M. M., & Istiningsih, G. (2016). Pembelajaran ipa berbasis proyek untuk meningkatkan aktivitas sains siswa sd. Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 92–99.

Nugroho, S. E. (2014). Pengaruh advance organizer berbasis proyek terhadap kemampuan analisis – sintesis siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i1.3044

Nurhayati. (2010). Manajemen proyek. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Riduwan. (2014). Dasar-dasar statistika. (P. D. Iswara, Ed.). Bandung: Alfabeta.

Sani, A. R. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Shafa. (2014). Karakteristik proses pembelajaran kurikulum 2013. Jurnal Dinamika Ilmu, 14(1), 81–96.

Suryana, A. (2017). Analisis kemampuan kinerja siswa smp dalam pembelajaran ipa berbasis proyek STEM. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1–12.

Susilowati, I., Iswari, R. S., & Sukaesih, S. (2013). Pengaruh Pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa materi sistem pencernaan manusia. Journal of Biology Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/jbe.v2i1.2618

Trianto. (2014). Model pembelajaran terpadu: konsep strategi dan implementasinya dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Wahida, F., Rahman, N., & Gonggo, T. (2015). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas x sma negeri 1 parigi. Sains Dan Teknologi Tadulako, 4(3), 36–43.

Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. (2012). Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan alat peraga IPA dengan memanfaatkan bahan bekas pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 51–56. https://doi.org/10.15294/.v1i1.2013

Widodo, G., & Joko. (2015). Pengembangan dan implementasi perangkat pembelajaran berbasis proyek. Innovation of Vocational Technology Education, 11(1), 41–56. https://doi.org/10.17509/invotec.v11i1.4837

Winarti, T., & Nurhayati, S. (2015). Pembelajaran praktikum berorientasi proyek untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2).




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.3491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats