Analisis Pembelajaran IPA Berbasis Proyek di Tingkat SMP
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adnyawati, N. D. M. S. (2011). Pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar tentang hidangan bali, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 44(1–3), 52–59.
Al-Habbah, A. M., & Suparji. (2015). Penerapan strategi pembelajaran berbasis proyek ( project based learning). Jurnal Teknik Pembangunan, 2(2), 42–52.
Amanda, N. W. Y., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek self efficacy siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4(1), 1–11.
Andri. (2013). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek siswa kelas x tpm pada mata pelajaran menggambar di smkn 1 jetis mojokerto. Jptm, 01(02), 28–37.
Depdiknas. (2011). Panduan pengembangan pembelajaran ipa secara terpadu. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Depdiknas.
Imawan, O. R. (2015). Perbandingan antara keefektifan model guided discovery learning dan project-based learning pada matakuliah geometri. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 179-188.
Insyasiska, D., Zubaidah, S., Susilo, H., Biologi, P., & Malang, U. N. (2015). Pengaruh Project based learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7, 9–21.
Lestari, A. W. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran ipa smp berbasis kooperatif tipe stad pada tema fotosintesis di smp giki-3 surabaya. Pendidikan Sains, 1(01), 1–8.
Mahardika, A., Chusni, M. M., & Istiningsih, G. (2016). Pembelajaran ipa berbasis proyek untuk meningkatkan aktivitas sains siswa sd. Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 92–99.
Nugroho, S. E. (2014). Pengaruh advance organizer berbasis proyek terhadap kemampuan analisis – sintesis siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i1.3044
Nurhayati. (2010). Manajemen proyek. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Riduwan. (2014). Dasar-dasar statistika. (P. D. Iswara, Ed.). Bandung: Alfabeta.
Sani, A. R. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Shafa. (2014). Karakteristik proses pembelajaran kurikulum 2013. Jurnal Dinamika Ilmu, 14(1), 81–96.
Suryana, A. (2017). Analisis kemampuan kinerja siswa smp dalam pembelajaran ipa berbasis proyek STEM. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1–12.
Susilowati, I., Iswari, R. S., & Sukaesih, S. (2013). Pengaruh Pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa materi sistem pencernaan manusia. Journal of Biology Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/jbe.v2i1.2618
Trianto. (2014). Model pembelajaran terpadu: konsep strategi dan implementasinya dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Wahida, F., Rahman, N., & Gonggo, T. (2015). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas x sma negeri 1 parigi. Sains Dan Teknologi Tadulako, 4(3), 36–43.
Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. (2012). Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan alat peraga IPA dengan memanfaatkan bahan bekas pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 51–56. https://doi.org/10.15294/.v1i1.2013
Widodo, G., & Joko. (2015). Pengembangan dan implementasi perangkat pembelajaran berbasis proyek. Innovation of Vocational Technology Education, 11(1), 41–56. https://doi.org/10.17509/invotec.v11i1.4837
Winarti, T., & Nurhayati, S. (2015). Pembelajaran praktikum berorientasi proyek untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2).
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.3491
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |