E-Module Pada Materi Suhu, Pemuaian, dan Kalor: Valid dan Praktis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-module pada materi suhu, pemuaian, dan kalor yang valid dan praktis. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Alessi dan Trollip yang terdiri dari tiga tahapan, pengembangan dengan model Alessi and Trollip, dengan tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap desain, dan tahap pengembangan. E-Module pada materi suhu, pemuaian, dan kalor dikembangkan dengan menggunakan program Flip PDF Professional. Setelah melalui tahap perencanaan dan tahap desain, selanjutnya pada tahap pengembangan peneliti melakukan uji Alpha dan uji Beta. Uji Alpha dilakukan untuk mengetahui tingkat kevalidan e-module dengan melibatkan tiga orang ahli untuk mereview dan menilai aspek isi (konten), aspek kebahasaan, serta aspek dasain dan fitur dari e-module yang dikembangkan. Sedangkan uji Beta dilakukan untuk mengetahui tingkat kepraktisan e-module dengan melibatkan enam orang siswa dengan kemampuan kognitif yang berbeda untuk mereview dan menilai aspek kelayakan isi (konten), aspek penyajian, aspek dasain dan fitur, beserta aspek manfaat dari e-module yang dikembangkan. Berdasarkan hasil uji Alpha yang dilakukan oleh tiga orang ahli diperoleh rerata hasil penilaian masing-masing sebesar 4,90; 4,75; dan 4,51; sedangkan melalui uji Beta yang dilakukan oleh enam orang siswa diperoleh rerata hasil penilaian masing-masing sebasar 4,97; 4,78; 4,60; 4,65; 4,81; dan 4,78. Berdasarkan hasil uji Alpha dan uji Beta tersebut maka e-module pada materi suhu, pemuaian, dan kalor yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis. E-Module pada materi suhu, pemuaian, dan kalor yang telah dikembangkan dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru sebagai sarana pembelajaran di sekolah serta sebagai sarana belajar mandiri oleh siswa dirumah.
This study aims to develop an e-module on the material of temperature, expansion, and heat that is valid and practical. The methodology of development used in this research is the development model consisting of three stages: the planning stage, the design stage, and the development stage. E-Module was developed using the Flip PDF Professional program on the material of temperature, expansion, and heat. After going through the planning and design stages, the researcher conducted Alpha and Beta tests on the development stage. The Alpha test was conducted to determine the level of validity of the e-module by involving three experts to review and assess the aspects of the content, the linguistic, and the design and features of the developed e-module. Meanwhile, the Beta test was conducted to determine the level of practicality of the e-module by involving six students with different cognitive abilities to review and assess the eligibility of the content, the aspects of presentation, the design, the features, and the benefits of the developed e-module as well. Based on the Alpha test results conducted by three experts, each obtained an average result of 4.90, 4.75, and 4.51. However, the Beta test results were conducted by six students, each obtained an average result of 4.97, 4.78, 4.60, 4.65, 4.81, and 4.78. In conclusion, the Alpha and Beta test results show that the developed e-module on the material of temperature, expansion, and heat is declared to be very valid and very practical. So, e-module has been developed to benefit students and teachers as a learning tool at school and as a means of independent learning by students at home.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akker, Van Den J. (1999). Principles and method of development research. In J Van Den Akker, R. M. Branch, K. Gustalvon, T. Nieveen N & plomp, Design Methodology in Development Research. London: Kluwer.
Alessi, S.M, dan Trollip, S.R. (2001). Multimedia for learning methods and development. Boston: Allyn and Bacon.
Andriani, I., & Suparman, S. (2019). Design of module to increasing critical thinking ability for seventh grade students. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(12), 853–856.
Fitriyati, I., Hidayat, A., & Munzil. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan penalaran ilmiah siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 27–34.
Irawan, D., Prihandono, T., & Nuraini, L. (2020). Validity of a coastal environments-based physics learning module on the theme of temperature and heat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 7. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i1.1773
Khasanah, A. N., Sajidan, S., & Widoretno, S. (2017). Effectiveness of critical thinking indicator-based module in empowering student’s learning outcome in respiratory system study material. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 187–195. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.8490
Olii, J., Uloli, R., & Odja, A. H. (2020). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi suhu dan kalor di kelas vii6 Smp Negeri 1 Telaga. Jambura Physics Journal, 2(2), 65–73. https://doi.org/10.34312/jpj.v2i2.6991
Pradani, Y. F., & Aziza, Y. (2019). Pengembangan multimedia pembelajaran dalam bentuk buku digital interaktif berbasis flipbook bagi mahasiswa teknik mesin. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 4(2), 1–10.
Purwandari, P., Yusro, A. C., & Purwito, A. (2021). Modul fisika berbasis augmented reality sebagai alternatif sumber belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 38. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2874
Putrawansyah, F., Zulkardi, Z., & Ms, S. (2016). Pengembangan digital book berbasis android materi perpindahan kalor di sekolah menegah atas. Indonesian Journal on Networking and Security, 5(4), 39–48.
Rokhim, A. R., Suparmi, S., & Prayitno, B. A. (2018). Pengembangan Modul ipa berbasis problem based learning. Jurnal Inkuiri, 7(1), 143–150. http://jurnal.uns.ac.id/inkuiri
Soffel, J. (2016). What are the 21st-century skills every student needs? World Economic Forum. World Economic Forum, 2, 1–6. https://www.weforum.org/agenda/2016/03/21st-century-skills-future-jobs-students/
Suharna, H., Kadir, A., & Abdullah, N. H. (2018). The results of prototype test media of mathematical electronic reflective book in mathematics learning. International Journal of Scientific and Technology Research, 7(10), 81–86.
Susanti, L. R. R. (2020). Pengembangan e-modul berbasis flipbook maker untuk pembelajaran sejarah indonesia kuno dengan materi kebudayaan megalitik pasemah. El-Buhuth, 3(1), 11–20.
Tobing, H. E. L., Somakim, & Susanti, E. (2021). The use of electronic modules designed using sigil in learning the distance in geometry. Atlantis Press SARL, 513, 640–647. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.175
Vesterinen, V. (2015). Nature of science contextualized : studying nature of science with scientists nature of science contextualized : Studying nature of science with scientists. May. https://doi.org/10.1007/s11191-014-9738-2
Vitrianingsih, D., Aulianingsih, I., & Yuliani, H. (2021). Analisis kebutuhan pengembangan modul elektronik (e-module) ipa terintegrasi islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 27. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2525
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i2.3787
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |