Meta-Analysis of Inquiry Learning Models in Physics Learning

Sharvina Yudatika, Mukhayyarotin Niswati Rodliyatul Jauhariyah

Abstract


This study aims to analyze the effect of inquiry in physics learning which can be viewed in terms of education, results, materials, and research on the learning media used. The method used is Meta-Analysis with the research flow, namely determining the research topic, setting data criteria, searching for data, classifying data, analyzing and drawing conclusions. Data collection techniques using secondary data from 23 relevant articles from previous scientific publications. The data analysis technique uses effect size. The results of this meta-analysis conclude that the application of the inquiry learning model has a significant effect on physics learning, with an effect size value of 1.216. The application of inquiry in physics learning has a considerable impact if applied to the elementary school education level by producing outputs that increase understanding of concepts, use light subjects, and help learning media in worksheets.

 


Keywords


Inquiry Learning, Meta-Analysis, Physics Learning

Full Text:

PDF

References


Adam, aji akhsani, Fatmaryanti, siska desy, & Sriyono. (2016). Efektivitas model pembelajaran fisika berbasis guided inquiry dalam meningkatkan pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa sma. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 9(1), 13–18. https://doi.org/10.37729/radiasi

Anadiroh, M. (2019). Studi meta-analisis model pembelajaran problem based learning (PBL). Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 21–22.

Andayani, flaviana claudia. (2020). Validitas perangkat pembelajaran berbasis inkuiri untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pijar Mipa, 15(4), 366. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i4.2004

Aprilia, A. A. (2020). Upaya mengurangi miskonsepsi pada pembelajaran fisika melalui model pembelajaran inkuiri (inquiry learning). The Society for the Improvement of Psychological Science, 6. https://doi.org/10.31219/osf.io/2eaqy

Fadhila, F. N., Arifuddin, M., & Miriam, S. (2018). Pengembangan Bahan ajar fisika dengan model pembelajaran inkuiri terbimbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(3), 160. https://doi.org/10.20527/jipf.v2i3.1020

Junaidi, J., Gani, A., & Mursal, M. (2016). Model virtual laboratory berbasis inkuiri untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa ma. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 130–136.

Kadir, K. (2017). Meta-analysis of the effect of learning intervention toward mathematical thinking on research and publication of student. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 4(2), 162–175. https://doi.org/10.15408/tjems.v4i2.8010

Malik, A., Ertikanto, C., & Suyatna, A. (2015). Deskripsi kebutuhan HOTS assessment pada pembelajaran fisika dengan metode inkuiri terbimbing. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, IV, 1–4.

Murningsih, I. M. T., Masykuri, M., & Mulyani, B. (2016). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar kimia siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 177. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.11196

Muspawi, M., Suratno, S., & Ridwan, R. (2019). Upaya Peningkatan higher order thinking skills (HOTS) siswa melalui penerapan model inquiri di sma negeri 9 tanjung jabung timur. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2), 208. https://doi.org/10.33087/jiubj.v19i2.653

Nana, N., & Pramono, H. (2019). Upaya Peningkatan kemampuan kognitif dan komunikasi ilmiah siswa kelas x mia 1 sma negeri 1 ciamis menggunakan model pembelajaran inquiry. Diffraction, 1(1), 1–10.

Nasution, S. W. R. (2018). Penerapan model inkuiri terbimbing (guided inquiry) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran fisika. Jurnal Education and Development, 3(1), 1–5.

Nisa, I. K., Yuliati, L., & Hidayat, A. (2020). Analisis penguasaan konsep melalui pembelajaran guided inquiry berbantuan modul terintegrasi STEM pada materi fluida dinamis. Jurnal Pendidikan, 5(6), 809–816.

OECD. (2018). PISA 2018 Science Framework. https://doi.org/10.1787/f30da688-en

Pertiwi, E. F. (2018). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas x ipa sma negeri gowa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 129–138. Retrieved from https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/1293/1147

Putri, Y. L., & Rifai, A. (2019). Pengaruh sikap dan minat belajar terhadap motivasi belajar peserta didik paket c. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 173–184. https://doi.org/10.15294/pls.v2i1.23448

Rangkuti, M. A., & Sani, R. A. (2021). Analisis kemampuan berfikir kritis menyelesaikan masalah fisika pada pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika ( INPAFI ), 6(3), 10–18. Retrieved from http://jurnal.unimed.ac.id/2021/index.php/inpafi

Rizqa, A., & Harjono, A. (2020). Kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik melalui model pembelajaran inkuiri terbimbinh berbantuan post organizer. Orbita. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 243–247.

Saputra, H., Al Auwal, T. M. R., & Mustika, D. (2017). Pembelajaran inkuiri berbasis virtual laboratory untuk meningkatkan kemampuan literasi sains mahasiswa calon guru pendidikan fisika universitas samudra. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(2), 143–148. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9688

Setiasih, S. Della, & Panjaitan, R. L. (2016). Penggunaan model inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat magnet di kelas v sdn sukajaya kecamatan jatinunggal kabupaten sumedang. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 421–430. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3051

Sukma, Komariyah, L., & Syam, M. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dan motivasi terhadap hasil belajar fisika siswa. Saintifika, 18(1), 59–63.

Suliati, Mahrizal, Z. K. (2016). Pengaruh penerapan lembar kegiatan siswa bermuatan kecerdasan komprehensif menggunakan model pembelajaran inkuiri terhadap peningkatan kompetensi fisika siswa kelas x sman 4 padang. Pillar of Physics Education, 7(April), 185–192.

Sulistiyono, S. (2020). Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan pemahaman konsep fisika siswa ma riyadhus solihin. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(2), 61.

Sumantri, M. S., Yunengsih, E., & Hasanudin. (2017). Efektivitas strategi pembelajaran dan pengalaman gerak terhadap kreativitas gerak siswa kelas awal sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(4), 49–66.

Sutarto, S. (2017). Teori kognitif dan implikasinya dalam pembelajaran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 1. https://doi.org/10.29240/jbk.v1i2.331

Tan, S. Y., & Halili, S. H. (2015). Effective teaching of higher-order thinking (HOT) in education. The Online Journal of Distance Education and E-Learning, 3(2), 41–47.

Utami, P., Supeno, & Bektiarso, S. (2019). Lembar kerja siswa (lks) berbasis inkuiri dengan bantuan scaffolding konseptual untuk meningkatkan keterampilan penalaran ilmiah fisika siswa sma. seminar Nasional Pendidikan Fisika 2019, 4(1), 107–110.

Yolanda, S. E., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video kontekstual terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 341. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1393




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.3993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats