Pengembangan Simulasi Berbasis Visual Basic Application (VBA) Spreadsheet Excel pada Pembelajaran Fisika Materi Gelombang

Trise Nurul Ain, Hari Anggit Cahyo Wibowo, Faiz Hasyim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas simulasi berbasis visual basic application (VBA) dan spreadsheet excel pada materi gelombang dengan menggunakan metode ADDIE. Terdapat lima tahap pengembangan simulasi ini yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi akan tetapi penelitian ini dilaksanakan sampai tahap pengembangan kemudian dilakukan validasi dengan menggunakan instrumen penilaian. Instrumen peniaian terdiri dari lembar penilaian validasi pada aspek media dan lembar penilaian validasi pada aspek materi. Validator berjumlah tiga orang yang terdiri dari pakar dan pengguna. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif. Data yang telah dianalisis kemudian dideskripsikan secara kualitatif untuk mengetahui kategori penilaian Skor validasi pada aspek materi mendapatkan skor 3,56 dan pada aspek media mendapatkan skor 3,37 dengan keduanya berkategori valid. Selain itu, simulasi yang dikembangkan juga dinyatakan interaktif, antraktif dan dapat digunakan untuk menjelaskan konsep dengan baik.

 

This study aims to analyze the validity of simulations based on basic visual application (VBA) and excel spreadsheets on wave material using the ADDIE method. There are five stages of developing this simulation: analysis, design, development, implementation, and evaluation, but this research was carried out until the development stage and then validated using an assessment instrument. The assessment instrument consists of a validation assessment sheet on the media aspect and a validation assessment sheet on the material aspect. Three validators consist of experts and users. The data analysis technique used is the descriptive data analysis technique. The data that has been analyzed is then described qualitatively to determine the category of assessment. Validation score on the material aspect gets a score of 3.56, and on the media, aspect gets a score of 3.37 with both valid categories. In addition, the simulation developed is also stated to be interactive and attractive and can be used to explain concepts well.


Keywords


Gelombang; Simulasi; Spreadsheet; Validasi

Full Text:

PDF

References


Alfat, S., Saifudin, A. H., & H, M. (2020). Penerapan visual basic for application spreadsheet excel untuk simulasi konsep motor listrik tiga fasa dan aplikasinya sebagai media pembelajaran. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 7(2), 50–58.

Amalya, E., Rahmad, M., & Syahril. (2017). Perancangan visualisasi gelombang berbasis vba dengan microsoft excel sebagai media pembelajaran fisika siswa sma. Jurnal Geliga Sains, 5(2), 95–103.

Amiruddin, & Santosa, S. (2015). Sistem Pembelajaran berbasis ltsa materi gelombang dan sifat-sifatnya dengan metode problem solving. Jurnal Teknologi Informasi, 6(1), 46–55.

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan media pembelajaran fisika mobile learning berbasis android. Jurnal Penelitian dan Pengembanga Pendidikan Fisika, 3(1), 57–62.

Firdaus, T. (2015). Pengembangan media pembelajaran arus dan tegangan listrik bolak-balik untuk sma/ma kelas xii menggunakan program spreadsheet. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 197–203.

Handayani, I. D., Margiantono, A., & Ahmad, F. (2018). Visualisasi perlayangan gelombang dengan memanfaatkan spreadsheet excel. Elektrikal, 10(2), 33–36.

Hidayati, A. F., & Puspitarini, I. D. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis vba (visual basic application) dalam excel pada materi hukum ii newton. seminar nasional fisika (snf), 132–139.

Himawan, H., & Kuswanto, K. (2018). Spreadsheet for physics: lissajous curve. International Journal of Current Research, 9(5), 26942–26948.

Iskandar, H., & Marwoto, P. (2020). Integrasi simulasi pembentukan bayangan pada cermin menggunakan visual basic for application powerpoint dengan nomograf optik. Pancasakti Science Education Journal, 5(1), 17–27.

Kuasa, K., & Ode, W. (2017). Simulasi difraksi fraunhofer pada celah tunggal, persegi dan banyak dengan menggunakan microsoft excel (macro vba). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo.

Marfuah, S., Zulkardi, & Aisyah, N. (2016). Pengembangan media pembelajaran menggunakan powerpoint disertai visual basic for application materi jarak pada bangun ruang kelas x. Jurnal Gantang Pendidikan Matematika Fkip Umrah, 1(1), 41–48.

Mouromadhoni, K. R., & Kuswanto, H. (2019). Visualisasi karakter gelombang lissajous pada osiloskop menggunakan spreadsheet microsoft excel pada pembelajaran fisika. Edusains, 11(2), 186–194.

Novita, S. S., Khotimah, S. N., & Hidayat, W. (2016). interactive learning media for lenses and their application using macro visual basic in microsoft powerpoint. Journal of Physics: Conference Series, 739.

Nurdianto, Safiuddin, L. O., & Eso, R. (2020). Simulasi persamaan difraksi fraunhofer pada celah lingkaran dengan menggunakan visual basic for application (vba) spreadsheet excel. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(3), 215–220.

Nurhayati, N. (2014). penggunaan media animasi berbasis visual basic (vba) spreadsheet excel untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa pada materi potensial osilator harmonik sederhana. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 3(1), 54–61.

Swandi, A., Rahmadhanningsih, S., Putri, R. A., Suryadi, A., & Viridi, S. (2021). Pengembangan simulasi interaktif gerak parabola menggunakan vba excel dala pembelajaran fisika. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 6(1), 75–85.

Tsai, W., & Wardell, D. G. (2006). An interactive excel vba example for teaching statistics concepts. inform transaction on education, 7(1), 125–135.

Wibowo, H. A. C. (2018). Rancang bangun simulasi komputer untuk pembelajaran fisika pada topik selektor kecepatan dengan metode numerik euler. Jurnal Pendidikan Ipa Veteran, 2(2), 141–148.

Wilujeng, I., & Rohman, A. (2021). Pengembangan buku ajar fisika modern berbasis self-regulated learning untuk pembelajaran dalam jaringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 477–486.




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i1.4435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats