Pengaruh Penggunaan E-LKPD Interaktif Berbantuan Live Worksheets terhadap Kemampuan Berpikir Kognitif HOTS Fisika Siswa SMA

Syafira Syaifatul Choiroh, Sri Handono Budi Prastowo, Lailatul Nuraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas dan pengaruh penggunaan E-LKPD interaktif berbantuan Live Worksheets terhadap kemampuan berpikir kognitif Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan rancangan Pretest-Posttest Control-Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan satu sampel sebagai kelas eksperimen dan satu sampel sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes kemampuan berpikir kognitif HOTS sebelum dan sesudah pembelajaran dengan 10 butir soal pilihan ganda beralasan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-gain, uji normalitas, uji homogenitas dan uji Independent Sample T-Test. Data nilai tes siswa setelah di uji N-gain menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan siswa setelah menggunakan E-LKPD interaktif Live Worksheets. Hasil uji N-gain pada kelas eksperimen termasuk dalam kategori sedang dan pada kelas kontrol termasuk kategori rendah. Data hasil tes siswa kemudian di uji normalitas dengan menggunakan One Sample Kolmogorov-Smirnov Test. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data nilai tes kedua kelas berdistribusi normal. Kemudian dilakukan uji homogenitas menggunakan One Way Annova dengan hasil kedua data bersifat homogen. Selanjutnya, dilakukan uji-t dengan menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan E-LKPD interaktif berbantuan Live Worksheets terhadap kemampuan berpikir kognitif Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa.

 

This research aims to examine the effectiveness and influence of interactive E-LKPD assisted by Live Worksheets on the Higher Order Thinking Skill (HOTS) ability of high school students. The research method used is a True Experimental Design with Pretest-Posttest Control-Group Design. Sampling uses a purposive sampling technique with one sample as the experimental class and one as the control class. The data collection technique used the HOTS cognitive thinking ability test before and after learning with 10 reasoned multiple-choice questions. The data analysis technique used is the N-gain test, normality test, homogeneity test and Independent Sample T-Test test. The students' test score data after the N-gain test showed increased abilities after using the interactive E-LKPD Live Worksheets. The results of the N-gain test in the experimental class are in the medium category, and the control class is in the low category. The student's test result data was then tested for normality using the One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test. The normality test results showed that the two classes' test scores were normally distributed. Then the homogeneity test was carried out using One Way Annova, with both data being homogeneous results. Next, a t-test was performed using the Independent Sample T-Test. The Independent Sample T-Test results show an effect of interactive E-LKPD assisted by Live Worksheets on students' Higher Order Thinking Skill (HOTS) cognitive thinking abilities.

 


Keywords


E-LKPD Interaktif; Live Worksheets; HOTS

Full Text:

PDF

References


Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan pendekatan etnomatematika pada materi teorema phytagoras. Seminar Nasional Sains, 2(1), 491-500.

Atmojo, I. R. ., Matsuri, Adi, F. P., Ardiansyah, R. & Saputri, D. Y. (2022). Pemanfaatan LKPD interaktif berbasis live worksheet untuk meningkatkan hasil belajar kognitif muatan IPA peserta didik kelas V di SD Negeri Jajar Kota Surakarta. Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Pengabdian & Pemberdayaan kepada Masyarakat. 3(2),241-249.

Hake, H. (1999). Analyzing charge Gain scores. America Educational Research Association’s Division, Measurrement and Research Methodology.

Hawa, A. A., Supriadi, B., & Prastowo, S. H. B. (2021). Efektivitas pengembangan perangkat pembelajaran model PBL berbantuan simulasi PhET pada materi thermodinamika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika.,7(2), 327-334.

Hidayah, A. N., Winingsih, P. H., & Amalia, A. F. (2020). Pengembangan E-LKPD (eletronik lembar kerja peserta didik) fisika dengan 3d pageflip berbasis problem based learning pada pokok bahasan kesetimbangan dan dinamika rotasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 7(2), 36-43.

Istiqomah, N., Supriadi, B. & Nuraini, L. (2019). Analisis hasil belajar siswa melalui pembelajaran menggunakan LKS berbasis POE (Predict, Observe, Explain) berbantu PhET Simulation. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 248-253.

Kaniawati, I. (2017). Pengaruh simulasi komputer terhadap peningkatan penguasaan konsep impuls-momentum siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 24-26.

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi web live worksheet berbasis proble based learning dalam pembelajaran matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1-12.

Kristantiniati, K. (2021). Cara Jitu Meningkatkan Aktivitas Belajar Fisika dengan Metode Eksperimen Berbantuan Media Perangtuna. Solo: Penerbit Yayasan Lembaga Gumun Indonesia.

Mispa, R., Putra, A. P. & Zaini, M. (2022). Penggunaan lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) live wprksheet pada konsep protista terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 3(1), 2134-2145.

Neolaka, A. & Grace, A. N. (2017). Landasan pendidikan: Dasar pengenalan diri sendiri menuju perubahan hidup. Edisi Pertama. Depok: Kencana.

Nidyasafitri, F., Serevina V., & Rustana, C. E. 2017. Pengembangan LKS berbasis PBL (problem based learning) pada pokok bahasan momentum dan impuls fisika SMA kelas XI. Jurnal Wahana pendidikan Fisika. 51-

Noviana, S., Connie, C., & Hamdani, D. (2017). Penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan aktivitas, hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 28-37.

Nugraheny, D. C. 2018. Penerapan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis life skills untuk meningkatkan keterampilan proses dan sikap ilmiah. Visipena, 9(1), 94-114.

Nurlaila, Y. P., & Winingsih, P. H. 2017. Pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing pokok bahasan suhu dan kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 4(2), 43-48.

Oktalia, Y., Sakti, I. & Hamdani, D. (2017). Pengaruh minat dan motivasi pada penerapan model diskoveri berbantuan media animasi terhadap hasil belajar fisika di SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 87-95.

Prabowo, A. (2021). Penggunaan liveworksheet dengan aplikasi berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI), 1(10), 383-388.

Prastika, Y. & Masniladevi, M. (2021). Pengembangan E-LKPD interaktif segi banyak beraturan dan tidak beraturan berbasis liveworksheets terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV sekolah dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2656-6702.

Pratama, G. S. & Retnawati, H. (2018). urgency of higher order thinking skills (HOTS) content analysis in mathematics textbook. Jurnal of Physics Conference Series. , 97(1), 1-8.

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar

Inovatif:Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Edisi Cet. 5. Yogyakarta: Diva Press.

Putra, D. Y. M. A. & Agustiana, I. G. A. T. (2021). E-LKPD materi pecahan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 220-228.

Retnawati, H. (2018). Desain Pembelajaran Matematika untuk Melatihkan Higher Order Thinking Skill. Yogyakarta: UNY Press.

Septi, I. S. & Putri, D. H. (2019). Pengembangan modul fisika dengan pembelajaran berbasis proyek pada materi alat-alat optik. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 129-136.

Sugiono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulaitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Sukma, A. K. & Kholiq, A. (2021). Pengembangan SI VINO (Physics Visual Novel) untuk melatihkan berpikir tingkat tinggi siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 123-137.

Thomas, A. & Thorne, G. (2009). How to increase higher level thinking | center for Development and learning. The Center for Learning and Develop-ment Blog.

Toharudin, U., Hendrawati, S. & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Tukan, M. B., Komisia, F., Leba, M. A. U. & Amtomis, J. S. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) praktikum kimia berbasis lingkungan pada materi laju reaksi. Jurnal Koulutus, 3(1), 108-117.

Tunga, M. F., Sumardi, Y. & Hasanah, D. (2021). Pengembangan E-LKPD fisika dengan model project based learning pada materi rangkaian listrik arus searah untuk peserta didik kelas XII di SMA Negeri 1 Sedayu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 8(1), 34-41.

Zahroh, D. A. & Yuliani. 2021. Pengembangan E-LKPD berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(3), 605-616.




DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i3.6795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:


Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license

Statistics Counter 

View My Stats