PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP NEGERI 9 BANJARMASIN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dari siswa kelas IX SMP Negeri 9 Banjarmasin yang masih kesulitan dalam memperoleh nilai UTS diatas KKM. Hal ini disebabkan oleh kurangnya strategi pembelajaran yang dapat membantu siswa menentukan hal-hal penting dalam pembelajaran. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk menganalisis pengaruh penggunaan strategi peta konsep terhadap hasil belajar fisika siswa di SMP Negeri 9 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi dengan desain nonequivalent group pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas IX D dan kelas IX G. Data penelitian diperoleh dari LKS dan THB yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan nilai korelasi sebesar 0,992. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan strategi peta konsep berpengaruh positif terhadap hasil belajar fisika siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Artini, Ni Putu Sri. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Peta Konsep Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di Desa Panji Tahun Pelajaran 20113/2014. Diakses di http://ejournal.undiksha.ac.id/index... pada 27 September 2015.
Ekawarna. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press.
McMillan, J. H., & Schumacher, S. (2003). Research in Education: A Conceptual Introduction (5th ed.). New York: Longman.
Munthe, Bermawi. (2009). Desain Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Intan Mandiri
Nurhayati, Ari. (2010). Pengaruh Strategi Peta Konsep (Concept Mapping) Terhadap Hasil Belajar Fisika SMA. Diaksesmelalui http://respository.uinjkt.ac.id/ Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 1 No. 1 Februari 2017 dspace/bitsream/123456789/4693/1/9837 pada 27 September 2015.
Riduwan. (2011). Dasar-dasar Statistika. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Rohana. (2009). Penggunaan Peta Konsep Dalam Pembelajaran Statistika Dasar Di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang. Diakses di http://eprints.unsri.ac.id/825/1/8_Rohana_92-102.pdf pada 27 September 2015.
Ruseffendi, E. T. (1998). Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung Press
Sartika, Sari. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Konvensional, Peta Konsep Dan Peta Pikiran Bagi Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMA Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Diakses dihttp://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view pada 27 September 2015.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, Erman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.
DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v1i1.924
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is licensed under a creative commons attribution-share alike 4.0 international license Statistics Counter |